Google Temukan Celah Keamanan Pada Ponsel Samsung, Oppo Dan Xiaomi

istock mobile malware

Sebuah celah keamanan kembali ditemukan oleh tim project zero milik Google, mereka  mengatakan jika celah keamanan ini mengenai beberapa ponsel keluaran dari beberapa vendor seperti  Samsung, Huawei, Oppo, Xiaomi dan Google Pixel keluaran Google sendiri.

Dari informasi yang kami rangkum dari Gizchina,  cara kerja bug ini adalah hacker hanya perlu menyebar sebuah aplikasi yang berisi sebuah malware yang harus diinstal keponsel korban, tentunya hal ini perlu diinstal dengan izin pengguna. Jadi, jika kamu tidak menginstall atau mengunduh aplikasi yang mencurigakan bisa jadi kamu tidak akan menghadapi masalah serius sampai celah keamanan ini ditambal.

Para peneliti dari Google mengatakan jika saat ini mereka mencurigai kelompok NSO yang berada dibalik semua ini. NSO sendiri adalah vendor spyware dari Israel mereka menjadi terkenal setelah baru-baru ini berhasil menginstal sebuah spyware di WhatsApp.

Setelah dituduh demikian pihak NSO langsung membantah tuduhan tersebut, mereka mengatakan jika mereka tidak akan pernah menjual sebuah celah keamanan.

“NSO tidak menjual dan tidak akan pernah menjual celah keamanan. Eksploitasi ini tidak ada hubungan dengan NSO; pekerjaan kami difokuskan pada pengembangan produk yang dirancang untuk membantu intelijen berlisensi dan lembaga penegak hukum menyelamatkan nyawa,” Ujar NSO kepada The Verge.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

 

Google sendiri setelah mengetahui hal tersebut langsung memerintahkan pada tim developer untuk segera memperbaiki celah keamanan ini, Google hanya memberikan waktu 7 hari kepada tim developer dari Android, saat ini mereka tengah berusaha untuk cepat mengatasinya.

Sejak berita ini ditayangkan, patch untuk menambal celah keamanan ini telah tersedia di Android Common Kernel dan mereka juga telah memberitahukanya pada vendor-vendor yang terkena masalah ini. Dengan begitu, ada kemungkinan perangkat-perangkat yang masuk dalam daftar list akan mendapatkan update keamanan pada Oktober ini.

Berikut daftar ponsel yang rawan terkena celah keamanan ini:

 

Sumber : The Verge


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version