Google Tengah Kembangkan Teknologi Agar Chrome Lebih Hemat RAM

661107 chrome

Google disebut tengah kembangkan teknologi yang mampu mengurangi pemakaian resources system agar menjadi lebih ringan dan lebih ramah terhadap komputer. Menurut laporan, Google menamakan teknologi ini PartitionAlloc.

Seperti yang kita tahu jika saat ini, Chrome adalah browser dengan penggunaan terbesar di dunia. selain itu, Chrome juga dikenal sebagai web browser yang paling banyak dikritik karena pemakaian resources system yang besar.

Menurut situs web proyek Chromium, PartitionAlloc adalah sebuah teknologi pengalokasi memori, yang dapat mengalokasikan ukuran yang cukup untuk objek di partisi memori. Tujuan terpenting dari PartitionAlloc adalah keamanan.

Dengan PartitionAlloc, Chrome akan mampu mengisolasi partisi yang berbeda satu sama lain di ruang URL. Sehingga dapat mencegah malwareatau program jahat lainya menyerang sistem operasi.

Fungsi lain dari PartitionAlloc adalah untuk membuat Chrome dapat berjalan lebih cepat, pemuatan laman web lebih cepat, dan mengurangi konsumsi RAM yang selama ini terkenal boros.

Saat ini, Google disebut telah mulai mengembangkan teknologi PartitionAlloc sejak tahun lalu. Mereka berencana untuk mengenalkan teknologi ini ke Windows, Android, Linux, dan sistem operasi lainnya.

Sebelumnya, Tim Microsoft Edge yang menggunakan proyek Chromium juga mencoba mengurangi penggunaan resource system dari browser berbasis chromium miliknya. Mereka merilisnya pada update Windows 10 2004 yang disebut SegmentHeap.

Teknologi ini, mampu mengurangi memori yang digunakan oleh aplikasi Win32 hingga 27%. Versi Edge 88 Beta pada bulan Desember tahun lalu menambahkan dukungan untuk tab yang tidak dibuka. Dengan teknologi ini, mampu mengurangi penggunaan 32% memori dan 37% resource system dari CPU.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com
Exit mobile version