Google Wajibkan Ponsel Android Tahun 2020 Gunakan Android 10

in , ,

Sebuah kabar baru-baru ini tersebar di internet, kanar tersebut menyebutkan jika setiap ponsel yang gunakan sistem operasi Android yang keluar pada tahun 2020 harus menggunakan versi Andorid 10 yang baru saja diluncurkan awal September lalu. Hal ini terungkap dari sebuah dokumen yang menyebut tenggat waktu lisensi Google Mobile Service (GMS), untuk smartphone baru berbasis Android 9 yang jatuh pada tanggal 31 januari 2020.

Dengan begitu setiap ponsel yang didaftarkan setelah tanggal tersebut nantinya wajib menggunakan sistem operasi Android 10 yang lebih baru. Hal ini mungkin karena Google ingin penyebarannya dari android 10 di perangat baru bisa lebih cepat.

Untuk GMS sendiri adalah sebuah dokumen yang berisi aplikasi, layanan dan pustaka Google seperti Google Play Store dan Google Play Service. Dan setiap ponsel wajib mempunyai lisensi dari Google untuk dipasang secara pre-instal di perangkat Android.

Saat ini, Android 9 Pie sudah berjalan sekitar 1,5 tahun. dan telah dirilis pada 6 Agustus 2018 lalu. Walaupun demikian, Google memberikan izin untuk smartphone yang mungkin belum mendukung software Android 10.

Google saat ini masih membuka perizinan GMS Android 9 Pie dalam beberapa bulan ke depan. Dan mereka akan  menghentikan pembaruan sistem untuk Android 9 setelah dirilisnya Android 11. Setelah itu, Google hanya akan memberikan pembaruan keamanan untuk perangkat berbasis Android 9.

Walaupun demikian, nantinya bukan berarti kita tak akan lagi menjumpai ponsel-ponsel baru berbasis Android 9 Pie sama sekali. Namun, nantinya ponsel baru yang berbasis Androd 10 kemungkinan akan lebih banyak beredar dipasaran mulai kuartal 1 2020 mendatang.

Sumber : XDA-Developers


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]