Gordon Moore, Co-Founder Intel dan Penemu Moore’s Law Meninggal Dunia di Usia 94 Tahun

Gordon Moore

Berita duka datang dari salah satu pendiri Intel bernama Gordon Moore. Pihak Intel dan Gordon and Betty Moore Foundation menyatakan bila Gordon Moore telah menghembuskan nafas terakhirnya dengan tenang di Hawaii pada malam hari waktu setempat hari ini. Moore terkenal sebagai salah satu dari dua orang pendiri perusahaan Intel bersama kerabat dekatnya Robert Noyce.

Selain sebagai Co-Founder, Moore juga terkenal dengan teori atau istilah yang populer yaitu Moore’s Law. Saking populernya, istilah ini masih menjadi bahan pembicaraan oleh berbagai perusahaan teknologi seperti NVIDIA.

Gordon Moore Meninggal di Usia 94 Tahun

Pendiri Intel meninggal dunia di usia 94 tahun

Moore’s Law sendiri hadir sejak tahun 1965 ketika masa-masa awal perkembangan prosesor. Dimana Gordon Moore memberikan pernyataan bila jumlah transistor yang ada di prosesor akan bertambah dua kali lipat dalam jangka waktu dua tahun. Hukum Moore sendiri tidak bisa dikatakan sebagai sebuah hukum dalam pengertian aslinya melainkan hanya sebuah prediksi yang dilakukan oleh Moore.

Penemu Hukum Moore menghembuskan nafas terakhirnya secara tenang di Hawaii

Pernyataan Moore ini cukup tepat untuk beberapa waktu dan bahkan hingga tidak lama ini. Namun, seiring dengan waktu banyak juga yang menyangkal jika Hukum Moore sudah tidak lagi berlaku dan sudah resmi mati. Meski sering diperdebatkan, kenyataannya prediksi dari Gordon Moore ini secara garis besarnya bisa dikatakan tepat.

CEO Intel Pat Gelsinger Mengucapkan Duka Cita

Moore bersama Pat, CEO Intel sekarang

CEO Intel saat ini Pat Gelsinger melalui cuitannya di Twitter mengucapkan sepatah bela sungkawa. Bisa dikatakan jasanya dalam membangun Intel sampai saat ini cukup besar dan merupakan pilar mengingat Moore juga menjabat sebagai CEO Intel dari tahun 1979 hingga 1987.

Setelah pensiun, Moore adalah seorang filantropis yang banyak memperdulikan soal melindungi lingkungan, sains, hingga perkembangan pelayanan perawatan pasien. Moore juga menerima penghargaan National Medal of technology di tahun 1990 dan Presidential Medal of Freedom di tahun 2002. Turut berduka cita untuk segenap keluarga yang ditinggalkan dan dunia akan mengenang jasanya yang besar dari dunia computing.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version