GPU NVIDIA RTX 3050 Akhirnya Resmi Meluncur, Langsung Gaib?

Gpu Nvidia Rtx 3050 8gb

Tahun lalu, NVIDIA memang luncurkan GPU mobile yang sematkan fitur ray-tracing, bernama RTX 3050. Bedanya, GPU yang dikhususkan untuk laptop tersebut hanya tawarkan memory 4GB DDR6, sedangkan versi desktop-nya tawarkan besaran memory 8GB DDR6. Setelah sekian lama, GPU NVIDIA RTX 3050 akhirnya resmi meluncur, dan apakah langsung gaib?

Gimana dengan Stok RTX 3050 di Tanah Air?

Berbicara angin segar, tampaknya GPU RTX 3050 merupakan wangy-wangy yang dinanti oleh gamers maupun para content creator sekalipun. AMD memang luncurkan GPU entry-level RX 6500 XT, namun dipangkasnya spesifikasi di sana-sini, buat mayoritas menyayangkan produk AMD satu itu.

GPU NVIDIA RTX 3050 telah rilis kemarin malam, dan mulai tersedia secara bebas di e-commerce tanah air. Seperti biasa, berkat “kelangkaan” yang melanda, untuk meminang GPU wangy-wangy ini kamu harus merogoh kocek cukup dalam, brott.

Kurang cocok untuk mining

Besaran memory yang ditawarkan GPU kubu hijau ini pun termasuk cukup menggiurkan, karena miliki memory 8GB DDR6 yang termasuk besar. Meski masuk kasta entry-level, namun setidaknya besaran memory tersebut sudah mencukupi untuk menjalankan games kekinian seperti Cyberpunk 2077.

Untuk makin buatmu salty dan ingin milikinya, GPU besutan NVIDIA ini sertakan DLSS, membuatnya cukup sulit untuk ditaklukkan di kelasnya. Sayangnya, satu-satunya faktor yang membatasi kemampuan dari GPU wangy-wangy ini ialah limitasi dari PCIe Gen 4 yang hanya sebesar x8.

Masih fresh loh, brott!

Gimana dengan stok RTX 3050 di tanah air? Hal ini cukup menarik untuk dibahas, karena seperti biasa, ada yang mewajibkan untuk bundling maupun non-bundling. Berbekal rasa penasaran, penulis coba kunjungi salah satu e-commerce lokal, dan menemukan bahwa ternyata memang dibanderol cukup mahal.

Awal tahun lalu, NVIDIA memang goda gamers dan content creator bahwa GPU ini bisa didapatkan “mulai dari” 3 Jutaan Rupiah. Sayangnya, hal tersebut tampaknya takkan terwujud, terlebih dengan kondisi saat ini yang tak memungkinkan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version