GPU-Z Kini Bisa Deteksi Bila Kartu Grafismu Abal-abal

in , ,

Kartu grafis atau GPU tentunya menjadi salah satu perangkat paling penting di dalam PC para gamer. Perangkat yang bertugas untuk membantu CPU menjalankan, mengolah, dan memvisualisasikan video game ini memang didominasi oleh dua merk, yaitu Nvidia dan AMD. Namun brand yang menjual kedua kartu grafis ini tentunya ada banyak di dunia ini. Merk-merk terkenal seperti Asus, Gigabyte, MSI, EVGA , Zotac,  dan Galax tentunya memang jelas terbukti aman.

Namun diluar merk-merk itu masih banyak brand kartu grafis yang kurang meyakinkan, atau bahkan beresiko merupakan kartu grafis palsu alias abal-abal. Terlebih dengan tren cryptocurrency yang sudah lewat menyebabkan banyak pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang ingin mejual kartu grafis yang sudah terpakai oleh mereka.

Disinilah akhirnya aplikasi informasi GPU-Z membantu para pengguna dengan mengeluarkan update yang dapat mendeteksi apakah kartu grafis yang kamu gunakan asli atau palsu. Dilansir PCGamer Aplikasi yang dibuat oleh TechPowerUp ini telah mendapatkan update yang memang berfokus untuk mendeteksi kartu grafis Nvidia  lewat ID fisik yang dimiliki oleh kartu grafis. Sehingga seperti dari gambar di atas terlihat GPU-Z akan memberikan peringatan dengan ikon tanda seru dan terdapat tulisan [FAKE] bila ada ketidaksesuaian antara apa yang dideteksi oleh aplikasi dengan informasi yang ditunjukkan oleh kartu grafis.

Hal ini tentunya akan sangat membantumu dalam memilih kartu grafis terutama untuk barang second yang memang sangat beresiko menjadi barang palsu atau rekondisi. Namun kelemahannya adalah memang kamu hanya dapat mengecek keasliannya ketika kamu sudah memiliki barangnya yang berarti kamu sudah membelinya. Tapi setidaknya mungkin kamu bisa mengeceknya ketika melakukan COD di rumah sang penjualnya. Kamu bisa mendownload GPU-Z terbaru disini.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]