[Opini] Kenapa GTA San Andreas Menjadi Salah Satu Game Terbaik dan Terpopuler di Dunia?

Gta San Andreas game terbaik

GTA San Andreas Game Terbaik – Sebagai seorang gamer yang sudah hidup selama lebih dari dua dekade, saya setidaknya sudah pernah mencicipi game yang bisa dikatakan fenomenal pada zamannya. Mulai dari Mario, Sonic, Pac-Man, hingga game seperti Suikoden dan Final Fantasy.

Namun jika ditanya secara pribadi game terbaik yang pernah di mainkan, mungkin saya bisa dengan gampang menjawab GTA San Andreas dari Rockstar Games.

GTA San Andreas Game Terbaik dan Terpopuler di Dunia

GTA San Andreas Merupakan Salah Satu Game Terbaik

Popularitas game ini ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Secara global game ini sudah terjual lebih dari 21,5 juta copy seluruh dunia. Angka fantastis ini belum terhitung versi definitive edition yang hadir 2021 lalu.

Jika angka tidak cukup untuk mewakilkan betapa bagusnya game ini, mungkin beberapa alasan yang akan penulis jabarkan di artikel ini bisa sedikit memberikan gambaran. Mari kita mulai dari aspek yang selalu jadi bahan pembicaraan orang bila membahas game yang rilis tahun 2004 ini yaitu karakternya.

Dinamika Antar Karakter

Groove street gang

Bila membahas karakter, yang terbesit di pikiran adalah geng Groove Street yang beranggotakan CJ alias Carl Johnson, Big Smoke, Sweet, dan Ryder. Dinamika antara karakter ini bisa dikatakan sangat menggambarkan komunitas geng yang biasa kita kenal dari media lain.

CJ sebagai karakter protagonis yang sangat royal kepada rekannya ini menjadikan kisahnya lebih punya impact terutama jika kita tahu tema dari cerita yang dibawa adalah pengkhianatan.

Big Smoke yang dari awal terlihat seperti karakter komikal tipikal pun ternyata adalah bagian dari motivasi balas dendam karakter utama, CJ. Kalian yang sudah memainkan game ini (dan mungkin berkali-kali) tentu sadar betapa tamaknya karakter Big Smoke ini dan membuatnya berkhianat. Walau terkesan klise, namun cerita pembalasan dendam seperti ini terkesan pas untuk tema yang dibawa GTA San Andreas.

Open World Lebih Luas dari GTA Sebelumnya

Map open world

Salah satu poin positif bila membicarakan seri GTA adalah dunia open world-nya. Setelah sebelumnya banyak gamer yang tidak puas dengan ukuran map Vice City yang terbatas. San Andreas hadir dengan map yang super luas untuk ukuran game PS2. Jika berjalan kaki mengelilingi peta kalian membutuhkan waktu 1 jam 40 menit sampai 2 jam dan 10 menit jika mengendarai mobil.

Tidak hanya luas, aktivitas yang bisa kita lakukan di game ini juga sangat banyak. Mulai dari salon, gym, casino, atraksi, latihan menembak, dan masih banyak lagi. Banyaknya aktivitas unik juga membuat jam permainan di game ini menjadi sangat tinggi. 

Kita tentu bisa saja mencoba menyelesaikan semua mission yang ditawarkan. Tidak tanggung-tanggung pula jumlah misi yang ditawarkan meningkat dari yang sebelumnya 60an misi di Vice City menjadi 105 misi keseluruhan.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Gameplay yang Familiar Namun Tidak Membosankan

Gameplay ala gangster

Seri Grand Theft Auto mengubahkan gameplaynya dari top-down menjadi 3D third person open world pada seri ke-3 mereka. Terbukti berkat shifting ini membuat nama GTA mencuat dan ramai di pasaran.

Saat saya memainkan game ini pertama kali di PS2 zaman SD dulu, langsung saya membandingkan dengan seri pertama dan kedua yang terasa sangat jauh. Karena memang saya tidak memainkan GTA 3 dan Vice City (yaitu game sebelum San Andreas), pergeseran grafis yang sangat signifikan ini bagi saya yang masih belia terkesan mewah sekali.

Karakter NPC yang hadir pun semuanya mempunyai kehidupan masing-masing. Walau sebenarnya kadang AI dari karakter figuran seperti itu juga terlihat aneh dan punya perilaku yang lucu. Interaksi atau sekadar melihat tingkah mereka dari jauh saja sudah mengundang gelak tawa.

Banyak Modding yang Tersedia

CJ naik bajaj

Sudah bukan rahasia umum jika game berusia hampir 20 tahun ini digemari oleh komunitas modder. Salah satu yang membuat game San Andreas masih terus eksis tentu berkat ratusan bila tidak ribuan mod yang bisa kita pasang. Mulai dari mengubah tekstur hingga hal aneh semuanya tersedia. Walaupun begitu sayang sekali skema modding game ini sudah tidak begitu aktif lagi semenjak GTA V hadir.

Beberapa mod yang disarankan oleh komunitas seperti mod memanjat tangga, mod soundtrack baru, mod tampilan HUD GTA V, mod trafik jalanan, mod parkour, hingga mod fps mode juga bisa kalian temukan.

Cheat GTA San Andreas PS2 dan PC Populer Dikalangan Gamer

Cheat

Salah satu hal yang menarik minat main saya hingga saat ini memang adalah cheat yang ditawarkan. Saking populernya zaman cheat GTA san andreas PS2, memainkan game ini tanpa cheat akan terasa hambar. Walau sejatinya cheat adalah sesuatu yang tidak seharusnya dilakukan, namun di game yang tidak multiplayer ini, cheat adalah sesuatu yang lumrah dan diwajarkan.

Selain menambah keseruan dalam game, cheat malah menjadi sesuatu yang harus saya hafal apalagi yang memainkan game ini di era GTA San Andreas PS2. Rental PS biasanya menyediakan lembaran kertas berisikan kode cheat yang bisa kalian aplikasikan. Walau keseruan tersebut masih ada ketika menggunakannya di era cheat GTA San Andreas PC, zaman PS2 tetaplah menjadi momen nostalgia terbaik bagi saya yang dulunya bermain di rental PS.

Kalian juga bisa membaca artikel terkait cheat GTA San Andreas PS2 di Gamebrott lewat link ini ya.

Itulah mengapa game GTA ini menjadi game terbaik yang masih saja menjadi bahasan hingga saat ini. Selain karena komunitas yang ramai dan gamenya yang memang sering dianggap sebagai mesin nostalgia tahun 2000 awal. Kombinasi beberapa hal tadi menjadikan San Andreas sebagai salah satu game yang semakin tua semakin enak layaknya anggur.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait GTA San Andreas, atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version