Guide Bermain Game Auto Chess Mobile Bagi Pemula


Follow Us

Auto Chess Mobile merupakan game strategi yang diadaptasi dari game MOBA Dota 2 oleh Drodo Studio. Kini game tersebut dapat dimainkan pada smartphone android dengan modifikasi karakternya namun mempunyai gameplay yang sama dengan versi PCnya. Versi PC  dari Auto Chess sendiri nantinya akan dikembangkan oleh Valve tanpa campur tangan dari Drodo Studio.

Nulis artikel dibayar

Mengingat banyaknya pemain yang memainkan game Dota 2 Auto Chess versi PC, versi mobile juga digadang-gadang akan mengaet pemain yang banyak juga. Karena banyak pemain baru yang belum mengetahui mekanisme permainan Auto Chess maka mereka seringkali kalah dan menjadi bulan-bulanan pemain lain.

Oleh karena itu disini Gamebrott memberikan Guide Bermain Auto Chess Mobile bagi pemula. Guide ini diharapkan dapat membantu pemain-pemain baru untuk lebih handal lagi dalam memainkan game Auto Chess Mobile.

Mengenal Mekanisme Permainan:

Auto Chess adalah permainan strategi dengan jumlah pemain delapan pemain. Setiap pemain harus menyusun unit mereka dan mempertahankannya setiap round melawan pemain lainnya secara acak. Pada awal permainan setiap pemain mempunyai 100 HP dan akan kalah jika HP menyentuh angka 0. Auto Chess sama seperti game battleroyale, siapa yang bertahan diakhir permainan adlaah yang memenangkannya.

Beberapa unit mempunyai sinergi satu sama lain dan memungkinkan mereka mempunyai tambahan buff karena bersinergi tersebut. Menyusun unit dengan sinergi adalah tujuan utama permainan auto chess. Selain itu unit yang kita pilih juga dapat dupgrade levelnya menajadi level 2 dan 3. Caranya adlaah dengan menggabungkan 3 unit level 1 yang sama untuk menjadi level 2 dan 3 unit level 2 yang sama untuk menjadi level 3.

Mengoptimalkan Level Experience:

Level pemain adalah jumlah maksimal unit yang bisa dimasukan kedalam arena untuk bertarung dan sisanya akan dimasukan kedalam bench ataupun dijual jika kelebihan. Pada awal permainan pemain mempunyai level 1. Level Exp akan meningkat sebanyak satu setiap round. Pemain dapat membeli level exp sebanyak 4 poin dengan 5 gold. Pemain tidak boleh sembarangan menaikan poin exp untuk dapat menambah level. Ada banyak hal yang harus diperhitungkan terlebih dahulu karena hal tersebut berkaitan dengan manajemen gold yang kita punya. Berikut adalah waktu kapan kita prioritaskan menaikan level pemain:

  • Naikan level jika gold yang kita punya mencukupi dan wajib langsung dinaikan dalam satu round (bukan berangsur-angsur menunggu round selanjutnya).
  • Menjaga agar tetap berada dalam winning streak saat melihat musuh mengupgrade level pemain ataupun banyak unit musuh yang bertambah levelnya.
  • Keluar dari losing streak, sangat bagus digunakan setelah bertarung melawan pemain papan atas yang cukup kuat, jadi kemungkinan kita tidak akan bertemu melawannya kembali.
  • Jika mempunyai unit yang kuat di bench ataupun membutuhkan sinergi dengan segera, maka kita dapat memprioritaskan menaikan level pemain.
BACA JUGA  Drodo Studio Rilis Tanggal Resmi Turnamen Auto Chess Invitational 2019 dan Babak Kualifikasinya
Memenejemen Gold:

Pada awal permainan setiap pemain mendapatkan 1 gold untuk digunakan membeli unit. Setelah itu mereka akan mendapatkan 2, 3, 4, dan 5 gold disetiap round berikutnya. Pendapatan 5 gold setelah round berakhir akan terjadi terus hingga pemainan berakhir. Selain itu pemain juga akan mendapatkan tambahan 1 gold jika memenankan pertempuran (kecuali melawan neutral creeps). Kemudia pemain juga akan mendapatkan tambahan gold (1-3) jika berhasil menang atau kalah secara beruntun (streak), jadi kalau kita menang lalu kalah lalu menang lagi maka kita tidak akan mendapatkan tambahan gold.

Selanjutnya jika pemain menabung (tidak menggunakan sama sekali goldnya) maka akan mendapatkan bonus gold tergantung besaran gold yang pemain tabung. Setiap menabung kelipatan 10 maka akan mendapatkan 1 tambahan gold. Maksimal tambahan gold yang didapat pemain adalah 5. Jadi jika pemain menabung 50 gold maka pada akhir round mereka akan mendapatkan bonus 5 gold.

BACA JUGA  Auto Chess Keluarkan Hero Fortune Teller Dengan Synergi Baru Priest!

Cara lainnya untuk mendapatkan gold adalah dengan menjual unit yang sudah tidak terpakai. Besaran gold dari unit yang kita beli atau gabungkan nantinya akan sama jika kita jual kembali.

Mengetahui Kapan Waktu Reroll:

Reroll adalah dengan mendapatkan acakan untit lagi yang berbeda dari sebelumnya saat pergantian round dimulai. Dengan reroll kita dapat mencari unit yang kita inginkan dengan lebih cepat. Biaya setiap kali reroll adlaah 2 gold. memenejemen gold dan mengetahui kapan waktu reroll berkaitan satu sama lain. Waktu yang tepat untuk melakukan reroll adalah saat gold kita menyentuh angka 50. Sebelum itu kita tidak perlu untuk melakukan reroll dan hanya mengambil unit yang kita butuhkan saja dari acakan awal round.

Setelah gold berada diangka lebih dari 50 kita dapat melakukan reroll dan membeli unit yang kita inginkan sampai gold kita berada diangka 50 lagi. Lalu kapan waktu kita menghabiskan gold tersebut? Waktu yang tepat adalah saat HP pemain berada dibawah 20. Disaat itu pemain membutuhkan unit yang kuat untuk bertahan agar tidak kalah dari permainan. Jadi kiat bisa meghabiskan gold kita dengan melakukan reroll atau mengupgrade level pemain jika diprioritaskan.

Srategi Penempatan Unit Terbaik:

Penempatan posisi unit didalam board juga merupakan suatu yang fital. Meskipun pemain sudah unggul sinergi dan level unit namun masih dapat kalah karena penempatan posisi yang kurang bagus. Penempatan posisi tergantung pada jenis dari unit kita. Jika unit kita bersifat tank maka dapat ditempatkan pada posisi depan jika range mage atau hunter dapat ditempatkan pada posisi belakang.

Penempatan posisi paling standar saat lategame adalah 3×3 pada pojok board. Range unit ditempatkan pada posisi belakang sedangkan melee unit diposisi depan. Penggunaan posisi 3×3 tersebut sangat menyulitkan musuh untuk bertahan saat berhadapan dengan kita. Unit dengan classes Assassin dapat melompat menuju unit musuh dengan cepat jadi bisa dipisahkan dengan unit kita lainnya.

BACA JUGA  5 Combo Sinergi Terkuat dalam Game Auto Chess
Tips Lainnya:

  • Usahakan memilih build yang berbeda dari pemain lainnya karena akan menambah peluang kita untuk mendapatkan unit tersebut pada round berikutnya.
  • Items Frantic Mask (MOM) dapat digunakan untuh unit yang mempunyai skill pasif seperti Berserker, Shadowcrawler, Taboo Witcher, The Source, atau Lightblade Knight.
  • Kita bisa membeli druid yang belum kita miliki dan digunakan untuk mengupgrade druid yang kita gunakan agar lebih cepat dan murah lalu dijual lagi. Contohnya: Membeli Warpwood Sage dan Wisper Seer hanya untuk mengupgrade 2 unicorn level 2 untuk menjadi Unicorn level 3 (harus mempunyai Razorclaw) dan menjualnya kembali. Cara tersebut biasanya digunakan pada build beast.
  • Menempatkan unit Lord of Sand dan Water Spirit pada posisi terdepan. Karena jika terkena damage dan mempunyai mana penuh akan menggunakan skill abilitynya dan berpindah tempat.
  • Menempatkan unit seperti Tsunami Stalker dan Siren pada baris terdepan jika hanya menginginkan efek dari skill abilitynya dan membiarkan mereka mati duluan.

Itu tadi guide bermain Auto Chess Mobile untuk pemula. Meskipun tampak seperti game yang sederhana, namun game Auto Chess tersebut sebetulnya cukup rumit dan membutuhkan pemikiran lebih jauh lagi. Banyak juga yang mengatakan bahwa game Auto Chess hanya mengandalkan keberuntungan karena tidak mengetahui mekanisme permainananya. Semoga dengan guide diatas dapat membantu kalian memenangkan pertandingan dan melakukan climbing rank dengan cepat.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item