[GUIDE] Cara Bermain Ragnarok Online Mobile China

ROMOBILE

Baru-baru ini DreamSquare, salah satu developer dari China telah merilis game mobile yang tidak asing bagi player MMORPG lokal saat masa jayanya game ini tahun 2000 an silam. Ya, tidak salah lagi game tersebut adalah Ragnarok Online. Mengusung tema yang sama dari versi klasik PC-nya, Ragnarok Online Mobile atau yang lebih dikenal dengan nama Ragnarok Mobile: Eternal Guardians of Love hadir dengan tampilan grafis full 3D.

Namun sayangnya, game yang baru dirilis tahun 2016 lalu ini masih menggunakan bahasa Mandarin, belum ada versi inggris dari gamenya. Beruntungnya, bagi kamu yang ingin memainkan game ini di smartphonemu bisa memainkannya tanpa harus menghadapi IP block sama sekali. Lalu, bagaimana cara memainkan game ini? Simak guide kami berikut ini.

1. Cek Spesifikasi Smartphonemu

Ragnarok Mobile membutuhkan setidaknya Android 4.0 atau iOS 6.0 atau lebih tinggi


2. Siapkan Storage Internalmu

Game ini membutuhkan space kosong setidaknya sebesar 2-3GB, jadi siapkan dulu space baik internal memory maupun SDCard bagi kamu yang sudah melakukan root smartphonemu.


3. Download Aplikasi TapTap dan Install di Smartphonemu

Game ini tidak ada di appstore atau playstore, kamu membutuhkan aplikasi lain bernama TapTap yang hanya bisa didownload melalui website resminya, yang bisa kamu klik di sini. Kamu bisa mendownloadnya melalui smartphone langsung atau download melalui PC kemudian transfer ke smartphonemu dan install secara manual menggunakan apkinstaller yang bisa kamu temukan di playstore untuk pengguna android. TapTap adalah aplikasi yang mirip dengan playstore, QooApp, atau appstore, dan game ini hanya bisa ditemui melalui TapTap.


4. Buka Aplikasi TapTap dan Lakukan Search “Ragnarok”
Klik Ragnarok yang bertanda di atas

Klik Ragnarok yang telah kami berikan tanda pada gambar di atas lalu klik download. File aplikasi ini berukuran sekitar 500MB.


5. Download dan Install English Patch

Beruntungnya, terdapat English patch yang dibuat oleh ROGuard khusus untuk beberapa bagian quest dan interface menunya. Kamu bisa mendownloadnya di sini dan menginstallnya di smartphonemu. Setelah terinstall, buka dan klik patch (kamu akan membutuhkan koneksi internet karena aplikasinya akan mengecek file patchnya melalui server pusat), tunggu hingga patchnya selesai terinstall.


6. Buka Gamenya dan Tunggu Hingga Update Gamenya Selesai


7. Lakukan Registrasi Akun Baru

Meskipun sebenarnya kamu bisa melakukan login menggunakan akun wechat (kotak warna hijau) dan yang lain, namun pada guide kami kali ini, kami akan memberitahumu cara melakukan registrasi akun baru yang bisa kamu lihat sendiri langkah-langkahnya seperti gambar di atas.


8. Selesai! Saatnya Membuat Karaktermu dan Mulai Berpetualang!

Meskipun kamu akan ditunjukkan beberapa class dan harus memilih salah satu di antaranya, kamu akan tetap mengulang dari Novice.

Game ini telah kami test di ASUS Zenfone 2 dengan RAM 4GB dan berjalan dengan sangat baik. Namun, apabila terdapat hal yang ingin kamu tanyakan mengenai guide ini, kamu bisa menanyakannya di kolom komentar di bawah, kami akan coba menjawab beberapa keluhan yang kamu alami.

Exit mobile version