[GUIDE] Cara Bermain Ring of Elysium Steam di Indonesia


Follow Us
Klik beberapa gambar yang kecil untuk memperbesar.

Semenjak dirilis sebagai closed beta di Garena baik Indonesia, Thailand, Taiwan, dan HongKong. Pesaing mutlak PlayerUnknown’s Battlegrounds dari Tencent, Ring of Elysium tak kunjung dapatkan kabar dari anak perusahaannya tersebut di Asia Tenggara. Menghilang sejak ditutupnya test server pada bulan lalu, buat gamer khususnya di Indonesia sendiri merasa dapat PHP. Terlebih saat raksasa asal negeri tirai bambu tersebut justru merilis Early Access gamenya lebih dulu di Steam yang tak bisa diakses Indonesia dan negara lain yang sudah dipegang Garena. Namun tenang, kali ini kami akan berikan cara bagaimana kamu bisa memainkan gamenya tanpa harus menunggu lebih lama lagi.

Nulis artikel dibayar

Mungkin kamu protes kenapa tutorialnya telat, sementara gamenya sudah rilis dari dulu. Namun lebih baik telat daripada ngga sama sekali kan? Yuk langsung aja.

1. Pastikan Kamu Sudah Keluar dari Steam

Matikan Steam client atau exit dari Steam.

BACA JUGA  8 Hero Arena of Valor yang akan Mendapatkan Rework Tampilanya Tahun Depan?

2. Download dan Install Software VPN

Kamu bisa menggunakan software VPN apapun, namun kami menggunakan Windscribe untuk tutorial ini. Kamu yang penasaran bisa mendaftar akun dan mendownload softwarenya melalui link berikut. Gratis.

3. Install dan Login ke Windscribe

Install software Windscribe yang telah kamu download dan login menggunakan username yang telah kamu buat sebelumnya. Maka tampilan akan muncul seperti gambar di atas.

4. Nyalakan Windscribe

Pilih region mana yang akan kamu tuju, lalu aktifkan tombol power di software Windscribe. Karena gamenya hanya tersedia di China dan Amerika saja, maka kami sarankan untuk memilih antara negara China atau Amerika.

5. Buka Laman Steam Ring of Elysium Melalui Browser

Setelah VPN aktif, kamu bisa membuka laman Ring of Elysium berikut. Kemudian copas kode aplikasinya ke notepad seperti screenshot di atas. Kodenya tepat di sebelah kanan “/app/”. Kamu bisa lewati langkah ini jika kamu sudah tahu kodenya.

BACA JUGA  Arena of Valor Fitur Baru! Dance? Moba kok Joget?

6. Install Gamenya

Dengan cara ketik steam://install/Kode Gamenya di browsermu. Jadi karena kami sudah tahu kodenya, langsung saja isi dengan “steam://install/755790” tanpa tanda kutip. Pastikan VPN masih menyala.

Jika kamu ditanya untuk menjalankan Steam Client Bootstrapper, maka klik yes. Maka Steam akan menginstall gamemu. Tunggu sampai gamenya didownload.

7. Matikan VPN

Setelah download dimulai, matikan VPN sampai gamenya selesai diinstall.

8. Nyalakan VPN

Penginstallan game selesai, yang perlu kamu lakukan adalah memainkannya. Tapi tunggu dulu, kamu perlu menyalakan VPN-mu kembali hingga gamenya terbuka.

Karena jika kamu login tanpa menggunakan VPN, maka kamu akan langsung tertendang kembali ke desktop dan menu akan mendeteksi bahwa kamu tak berada di region yang mereka support.

9. Pilih Pilihan Ini untuk Bisa Masuk Game

Pilih “No”

Saat tutorial ini dibuat, kami telah cukup lama memainkan gamenya, jadi fase ini terlewatkan oleh kami. Beruntungnya ringofelysium.org masih memiliki screenshotnya. Ketika kamu pertamakali login ke gamenya dengan menggunakan VPN, maka kamu akan ditanya apakah kamu tinggal di negara Eropa yang disebutkan, jika kamu menjawab “ya”, maka kamu akan otomatis tertendang dari gamenya. Oleh karena itu, jawab dengan pilihan “tidak”.

BACA JUGA  [Opini] Arena of Valor: Ini Perbedaan Komposisi Tim 'Biasa' dan 'Pro Player'!

10. Matikan VPN

Bermain menggunakan VPN akan mengganggu pengalaman bermainmu. Selain itu, kuota yang diberikan Windscribe akan semakin habis. Beruntungnya, kamu bisa memainkan gamenya tanpa menggunakan VPN sama sekali saat sampai di menu utama. Jadi, matikan VPN-mu setelah sampai di menu utama gamenya seperti gambar di atas.

Itulah tutorial cara memainkan Ring of Elysium versi Steam di Indonesia. Jangan uninstall VPN-mu jika kamu masih ingin memainkannya, karena langkah nomor 10 akan terus kamu gunakan.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+