Guide Dasar Game Saint Seiya: Awakening Mobile Untuk Pemain Gratisan

in , ,

Saint Seiya adalah Anime dan Manga Legendaris yang mungkin sudah sangat dikenal keberadaanya, Tencent yang resmi merilis Game ini dalam versi Mobile dengan judul Saint Seiya: Awakening, pada awalnya Tencent merilis game dari Franchise legendaris ini hanya versi China saja, sampai akhirnya dirilis secara Global setelah selang beberapa bulan dari perilisan versi awal.

Dalam game berbasis Turn based RPG ini kamu disajikan dengan sebagian alur penting berdasarkan cerita asli dari Saint seiya itu sendiri, jadi kamu secara langsung bisa bernostalgia atau memang memahami cerita ini untuk pertama kalinya lewat game ini, tapi kami yakin hanya anak kelahiran 2000an kebanyakan yang merasakan pilihan kedua diatas, karena tidak heran karena memang Saint Seiya lahir pada tahun 1986.


Lalu apa saja yang ada dalam game ini?

kami akan berikan Guide bagi kalian para kaum Nostalgian dan Gamers kemarin sore yang mungkin penasaran dan ingin memahami game ini sebelum memainkanya. Dari fitur Story Mode, PVP, Legion (Guild, Clan dll) sampai Gacha (Summon Hero) ada didalam game ini, tetapi memang paling seru tetaplah pada fitur PVP yang bahkan memungkinkan kamu untuk perang melawan Legion lain secara langsung.

Apa saja yang harus dilakukan?

Dalam Guide ini kami akan berikan setidaknya adalah panduan awal agar kamu tidak kebingungan dalam bermain game Saint Seiya: Awakening ini saat pertama kali, tetapi intinya adalah, game ini biarpun mengandung sistem Gacha, nyatanya sejauh ini game ini tetaplah terasa kompetitif dan imbang berkat beberapa fitur yang ada, jika penasaran kita langsung saja lanjut kedalam pembahasan tentang Guide Game Saint Seiya: Awakening Bagi Pemula ini dibawah.


A. Saint

Saint bisa dikenal sebagai Hero bagi beberapa game atau cerita, dimana terdapat beberapa kelas, dari Rating C, B, A, S dan SS (Untuk update yang akan datang). Yang menarik adalah tidak selamanya Saint (Hero) dengan Kelas S akan menjamin kemenangan, tentunya jika kamu memasang formasi dengan asal mungkin akan terasa kewalahan disaat sudah melawan musuh dalam misi kelas tinggi dan PVP, namun tidak usah khawatir kami akan membahas lebih dalam di poin PVP dibawah.

Kamu akan diberikan setidaknya 4 Saint Gratis pada awal game, disaat kamu sudah memenuhi semua Tutorial yang ada didalam Game kamu akan mendapatkan lagi 2 tambahan Saint secara gratis. Dalam komposisi yang diberikan Tencent secara gratis ini juga bisa dibilang bagus, karena lengkap berisi Damage Dealer (Single target dan Area), Support (Heal dan Buff), dan Control Saints (Tukang debuff, Stun, Freeze, Silence dll).

Capricorn Shura Saint Seiya: Awakening

Ada Seiya, Jabu, Nachi, Hyoga, Shun dan Shiryu yang akan diberikan secara gratis, dimana mereka akan saling melengkapi saat kamu bermain PVP biarpun itu hanyalah hero gratisan. Saint bisa didapat secara Gacha(Summon), Legion, Shop dan Shard. Jadi tidak semuanya didapat lewat gacha saja, setidaknya pemain Free to Play atau gretongan tetap dapat bersaing jika bermain secara rajin menjalankan Quest dan Event.

Untuk masalah bintang hero adalah ukuran seberapa kuat sebuah Saint, terdapat juga maksimal Level dalam setiap bintang, jadi makin besar bintang mu maka akan makin besar juga maksimal Saint yang kamu miliki, contoh Bintang 6 adalah level 79.


B. Bahan Upgrade Saint?

Ini adalah bahan terpenting dalam memperkuat Saint mu, dimana terdapat 3 batu Awaken dari level I sampai III. Kamu bisa mendapatkan lewat banyak hal, dari Quest, Event dan Shop dalam Mall. Jika kamu bergabung dengan Legion tentunya sangat menguntungkan karena kamu juga bisa mendapatkanya lewat Shop Legion.

Cara paling cepat mendapatkan bahan Upgrade?

Lewat Dungeon Awaken adalah cara tercepat mendapatkan tiga item dibawah, kamu bisa Party dengan teman-temanmu mengalahkan bos didalam Dungeon untuk mendapatkan bahan Upgrade Saint ini.

Terdapat 3 batu Awaken Stone yang digunakan untuk Upgrade:

1. Awaken Stone I

Awaken Stone I

Ini adalah bahan yang paling mudah didapatkan, karena kamu pastinya akan memiliki sangat banyak bahan ini. Awaken Stone I ini digunakan untuk mengupgrade dan mengaktifkan Seventh Sense setiap hero (Skill pasif dan aktif khusus), khusus untuk Awaken Stone I ini adalah bahan utama untuk hero dari grade C, B, dan A.


2. Awaken Stone II

Awaken Stone II

Sama seperti penjelasan diatas, hanya saja Awaken Stone II ini hanya bisa mengupgrade Saint dengan Grade B, A dan S.


3. Awaken Stone III

Awaken Stone III

Sedangkan Awaken Stone III ini adalah barang paling langka dan mahal, dengan rate drop yang kecil tentunya jadi suatu yang wajar, karena ini adalah bahan untuk mengupgrade Saint S dan SS saja.

Tips untuk Awaken Stone?

Kamu tidak perlu khawatir tentang hal ini, karena Tencent memang sudah menyiapkan hal ini untuk dapat difarming secara adil untuk semua kalangan player. Lewat Dungeon dan Shop adalah kuncinya, saat rajin berburulah secara Party dengan temanmu.

Cara kedua adalah rajin-rajinlah untuk mengecek fitur Mall, kamu bisa mendapatkanya lewat Gold saja jika beruntung. Untuk tambahan, Gold didalam game Saint Seiya Awakening ini terhitung sangat mudah didapatkan, jadi tentunya kamu bisa memiliki kemungkinan mendapatkan 3 batu diatas secara gratis tis tis dan mudah.

Kamu juga bisa menggabungkan (combine) batu diatas untuk mengubahnya dari Awaken I ke II dan ke III.


C. Perkuat Saint Dengan Cosmo

Cosmo adalah elemen pelengkap pada Saint mu, berguna untuk menambah Stat dan tentunya dapat disesuaikan dengan gameplay mode yang sedang kamu jalani, Boss (Farm dan Grinding) dan PVP misalnya.

Set Cosmo Saint Seiya: Awakening

Didalam game pun sudah ada panduan dasar jika kamu membuka opsi Guide disebelah kanan foto Saint mu, atau kamu bisa menggunakan setingan sendiri untuk Cosmo Saint mu.

Terdapat 3 Cosmo dasar dan 1 Cosmo Legendary atau kamu bisa melihat contoh jenis Cosmo dibawah:

4 Slot Berbeda Pada Cosmo

Solar, Lunar, Star dan Legendary adalah jenis Cosmo yang bisa kamu dapatkan lewat Titan Cosmos Dungeon, Shop, Grands Pope Treasure, dan Daily bounty (Khusus grade SS).

Tips dapatkan Cosmo?

Sama seperti tips pada Awaken Stone diatas, kamu perlu rajin berburu lewat Dungeon Titan Cosmos, melihat Shop secara rajin dan jangan lewatkan Daily Bounty untuk mendapatkan grade SS.

Gunakan set Cosmo yang sama untuk setiap slot, seperti gambar diatas contohnya, untuk mendapatkan bonus Stat, karena jika kamu menggunakan beda jenis Cosmo dalam 1 Slot maka tidak akan mendapatkan bonus Stat yang disediakan oleh masing-masing jenis.

Khusus Legendary Cosmo kamu hanya akan membuka slot ini jika Saints mu sudah menyentuh Bintang 4.


D. Mainkan Dungeon Untuk Perkuat Saint

Jangan malas untuk bermain Dungeon untuk mendapatkan bahan-bahan untuk memperkuat Saint mu, dimana seperti penjelasan diatas, bahwa contoh Dungeon dibawah adalah zona kamu untuk mengumpulkan bahan demi membuat Saints mu semakin kuat.

1. Awaken Dimension

Dimension Awaken Dungeon

Untuk mendapatkan Awaken Stone dan bahan pembangkit Seventh Sense pada Saints mu.


2. Epic Ruins

Epic Ruins Dungeon

Untuk menambahkan level Saintsmu secara cepat kamu membutuhkan Exp pot yang banyak, maka cara tercepat dalam membuat Saintsmu naik level adalah bermain di Zona ini, kumpulkan sebanyak-banyaknya demi mempermudah kamu memperkuat Saints dan Upgrade ke mode Rebirth agar kamu dapat dengan cepat menambah Bintang pada heromu, dimana hal ini adalah faktor utama menambah Max level pada setiap Saint.


3. Titans Cosmo

Titans Cosmo Dungeon

Tidak usah panjang lebar, tentu Dungeon ini adalah zona kamu untuk mencari Cosmo dari Grade B sampai S.


E. PVP

Fitur paling menarik didalam game ini tentunya adalah Duel antar player atau biasa kita sebut PVP (Player vs Player), ada 3 sejauh ini tipe PVP yang disediakan dengan mode Ranked match, seperti Saint Arena, Glactic Duel dan Sacred duel.

Jenis-jenis PVP:

Jenis-jenis PVP dalam Saint Seiya: Awakening

1. Saint Arena

Adalah Arena dimana kamu melawan Bot namun berdasarkan data ghost player asli, jadi kamu akan bertemu Formasi player asli, hanya saja kamu akan melawan Bot dalam mode ini, bukan PVP secara live antar pemain.

2. Galactic Duel

Arena yang mungkinkan kamu untuk beruduel secara Live PVP dengan Saints yang kamu miliki saat ini, hampir sama dengan Saint Arena hanya saja dalam fitur ini kamu akan melawan Player Asli

3. Sacred Duel

Ini adalah fitur terbaik, dimana kamu bisa dinobatkan sebagai dueler terbaik di Sanctuary, berbeda dengan 2 fitur PVP diatas, Sacred duel hadir dengan Duel yang seimbang, jadi kamu bisa mengalahkan orang lewat kemampuan Duel mu secara sejati, karena duel di zona ini kamu akan diberikan semua Saint dan Cosmo dengan level maksimal untuk kedua kubu.

Berbeda dengan 2 fitur diatas yang hanya bisa berduel lewat hero yang kamu punya saat ini, Sacred duel datang dengan tujuan kamu mengetes Formasi namun tetap ada tingkatan Ranked nya, Ibaratnya ini adalah duel Gladiator yang diberikan senjata sama tanpa ada pengecualian, jadi melawan Sultan Gacha pun bukan suatu halangan pada fitur ini.

Dibawah adalah contoh Galactic duel:


Dibawah adalah contoh Sacred Duel:


F. Fitur Legion

Legion adalah istilah lain dari Guild dan Clan. Kamu akan memiliki banyak keuntungan disaat memiliki Legion, dari fitur Shop Legion, Event dan Legion War dimana fitur ini adalah salah satu fitur yang paling ramai diminati oleh banyak Player.

Legion Hall INDONESIA Server 7 Cancer

Jika kamu memang bermain game ini, cepatlah masuk kedalam Legion karena akan banyak keuntungan dibalik itu, dari fitur donasi shard hingga event yang tentunya mempermudah kamu mengembangkan Saints mu ke level maksimal.


G. Sistem Gacha (Summon Saints)

Kamu dapat mendapatkan Saints secara instan lewat fitur ini, tentu saja! Gacha adalah hal paling menegangkan dalam game seperti ini. Menariknya, kamu tidak melulu harus menggunakan Vocher untuk gacha, kamu bisa juga mengumpulkan Diamonds yang setiap hari pasti dapat kamu dapatkan lewat misi harian dan event.

1. Macam-macam Summon Gacha

Terdapat 4 Summon yaitu:

1. Normal Summon

Adalah Summon paling biasa dan murah, kamu akan mendapatkan Saint dari Grade C-A saja jadi jangan berharap mendapatkan grade S disini, biaya hanya 25 Diamonds.

2. Advanced Summon

Adalah Summon yang mirip dengan Normal, hanya saja seperti di gambar kamu bisa mendapatkan Grade S lewat mode ini, hanya saja kamu tidak dapat mendapatkan hero edisi khusus.

3. AR Summon

Adalah Summon yang sama saja sebenarnya, hanya kamu menggunakan fitur AR atau camera untuk menggerakan tembakan gacha.

4. Themed Summon

Virgo Shaka Themed Summon

Adalah Summon spesial yang menghadirkan hero dengan Event terbatas, contoh adalah Virgo diatas, kamu tetap berkesempatan mendapatkan Saint Grade S yang lain, hanya saja untuk mendapatkan Saint Virgo (misalnya) kamu hanya bisa menggunakan fitur Themed Summon untuk mendapatkan Saint satu ini.

Untuk biaya Advanced dan Themed Summon kamu membutuhkan biaya 100 Diamonds.


2. Hasil Gacha

Hasil Gacha Lewat Theme Summon

Sekian guide game Saint Seiya: Awakening dari kami, semoga bermanfaat!


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: [email protected]