Guide Dasar Dalam Bermain World of Warships yang Wajib Kamu Tahu

in , ,
Afwea
Afwea

Ini adalah guide yang akan mengcover dasar-dasar bermain World of Warship bagi pemula, mulai dari mendownload hingga sampai ke dalam permainan pula.

Merapatlah teman-teman pendatang yang baru saja menjejakan langkahnya kedalam pertarungan World of Warships. Dalam artikel ini, kita akan memperkenalkan dasar dari game ini, serta teknik yang akan membantumu memuluskan jalanmu menuju medan perang.

Untuk mempermudah, artikel ini akan mengcover beberapa topik dibawah ini.

  • Cara menginstall dan mendownload game
  • Dasar permainan
  • Perbedaan tipe kapal dalam game
  • Dasar Pertempuran
  • Dasar tips dan triks bagi pemula

1. Cara Menginstall dan Mendownload Game

World Of Warship
World Of Warship

Kalian bisa langsung menuju ke websitenya dengan mengakses link ini https://asia.wargaming.net/en/games/wows serta mengklik tombol download game secepatnya (Kalian bisa memainkan game ini di Windows serta macOS).

Setelah selesai menginstall hasil download client wargaming, lalu jalankan client tersebut. Setelah kalian me-launch program tersebut, kalian akan melihat list semua game yang dapat dimainkan di client Wargaming. Lalu, pilih World of Warship untuk diinstall.

Selain menginstal  game-nya hal terpenting yang lebih dulu harus kalian lakukan adalah membuat akun pribadi kalian. Untuk pemain baru, kalian bisa memilih “Create Aaccount” pada pojok kanan atas website Wargaming. https://asia.wargaming.net/en/games/wows

Isi semua data diri yang diperlukan. Setelah itu, masukan e-mail serta password untuk login kedalam client wargaming yang sudah kalian install.

Unnamed

Guide03

Setelah selesai menginstall dan membuat akun, kalian bisa langsung terjun ke dalam game World of Warship

.

2. Dasar Permainan

Pada tahap awal permainan, World of Warship secara bertahap akan memperkenalkan kalian pada berbagai sistem yang ada dalam game. Sehingga kalian tak akan kebingungan dengan berbagai sistem dalam gamenya.

Untuk basic bagaimana cara bergerak dan maneuvers, World of Warships adalah game yang simpel. Kalian hanya perlu memencet tombol W A S D untuk bergerak serta mengarahkan mouse untuk meng-aim, hanya ada sedikit tombol yang bisa kalian tekan dan semuanya sebenarnya terpampang jelas di layar.

Guide04

Dan jika kalian memiliki tambahan pertanyaan, ada banyak video di main menu yang bisa kalian akses dengan sekedar mengklik saja.

Untuk guide ini, kita akan memperkenalkan main screen yang akan mudah dijumpai oleh pemain serta dianggap sebagai salah satu hal basic yang harus diketahui pemain baru.

Bagian pojok kiri bawah screen merupakan semua informasi tentang kapal kalian. Mulai dari nyawa, nama kapal, tingkat kecepatan yang biasa menggunakan tombol W serta S untuk mengurangi kecepatan tersebut.

Bagian terpenting dari tampilan ini adalah lingkaran besar seperti di gambar. Apabila kalian melihat secara seksama maka terdapat artileri ataupun senjata yang sudah kalian pasang kedalam kapal pula. Senjata berwarna hijau berarti tembakan-nya akan mengenai target yang kalian incar. Kalian harus memahami mekanisme aim artileri pada game ini, disisi lain meriam, akan berputar dengan kecepatan yang lebih lambat dan akan efektif mengenai target apabila berada di arah yang tepat.

Tampilan ini merupakan bagian yang penting dimana senjata yang siap menembak target yang kalian incar akan terpapar. Kalian juga bisa menggunakan shortcut keyboard Ctrl + X untuk membantu me-lock senjata kalian ke arah yang spesifik.

Unnamed (1)

Masuk kelayar bagian tengah bawah. Terdapat informasi seperti tipe amunisi yang kalian miliki, termasuk item tambahan, yang berbeda-beda tergantung jenis kapal serta pilihan yang kalian pilih sebelum masuk ke dalam pertarungan. Diatasnya terdapat sebuah bar yang akan menunjukan waktu reload senjata kalian. Serta bisa kalian gunakan untuk mengecek senjata mana yang siap untuk menembak lagi.

Menekan tombol Z setelah menembakan sebuah peluru, akan melock kamera pada lajur peluru kalian.

Guide06
Guide06

Masuk ke pojok kanan bawah terdapat peta berbentuk radar, yang tentunya merupakan hal yang amat penting. Disini kalian bisa melihat koordinat dari kapal musuh yang telah terdeteksi, termasuk kapal milik teman. Lingkaran di sekitar kapal akan menunjukan jarak tembak dari meriam utama. Mahan tombol Alt dan mengklik beberapa bagian akan memberikan informasi pada layar utama kalian.

Sambil menekan tombol M akan menghadirkan map secara keseluruhan pada layar. Klik bagian manapun pada map tersebut akan mengaktifkan mode Auto Pilot secara otomatis, dimana kapal kamu akan secara otomatis bergerak ke titik tertentu, dan menahan tombol Shift akan menampilkan rute secara detail.

Unnamed (2)

3. Perbedaan Tipe Kapal Dalam Permainain

Pada World of Warships, kapal dibagi menjadi 4 tipe: Cruiser, Battleships, Destroyers, serta Aircraft Carrier ( dan ada tipe spesial lain seperti kapal selam yang sedang dipersiapkan updatenya dalam game.

Dimana beda tipe akan memiliki keunggulan, kelemahan serta tugas yang berbeda-beda. Untuk pemain baru Kamu akan masuk ke dalam medan pertempuran sebagai Cruiser. Tapi tentu saja, kami sangat merekomendasikan bagi kalian untuk mencoba semua tipe kapal, karena selain kalian bisa mengetahui bagaimana cara memainkan tipe lain tersebut kalian juga akan tahu kelemahan dari kapal tersebut sehingga akan mudah untuk menghadapinya.

Pada guide ini, kita akan menjelaskan kelemahan serta kekuatan dasar dari tiap kapal. Serta menjelaskan bahwa kapal disetiap game ini, selain faktor tipe kapal, juga terdapat faktor negara asal kapal tersebut yang juga memiliki keunggulan dan kemampuan yang berbeda-beda.

Destroyer

Unnamed (3)

Destroyer merupakan kapal yang unggul dari segi kecepatan, kelincahan serta serangan yang kuat dengan torpedo miliknya. Tugas utama destroyer adalah untuk memata-matai posisi musuh mensupport teman sekaligus menyerang secara single target, meskipun memiliki hp paling kecil di dalam game, Destroyers tak memiliki Citadel atau titik death points, membuat kapal ini akan sulit untuk di oneshot jika dibandingkan kapal lain.

Style permainan Destroyers sendiri berfokus pada kecepatan gerak serta serangan. Menarget kapal-kapal besar. Memanfaatkan pulau di peta untuk membantu membantu dan mengalahkan musuh.

Cruiser

Unnamed (4)

Masuk ke bagian Cruiser dimana tipe ini dianggap sebagai tipe yang all-rounder alias fleksibel. Memiliki berbagai macam tugas serta menyelesaikan semua macam misi. Dalam game, tipe Light serta Heavy Cruiser memiliki peran fungsi utama sebagai anti serangan aircraft, penyerang yang presisi, serta berbagai macam gaya permainan tergantung situasi tentunya, cruiser yang jago berarti berarti mampu membuat rencana serta keputusan yang banyak secara terus menerus.

Battleships

Unnamed (7)

Battleships merupakan penembak kelas berat, memiliki damage yang sangat besar ditambah dengan armor yang amat tebal meski di sisi lain sangat lambat serta minim mobilitas. Pendekatan gaya bermain battleships adalah dengan menekan musuh serta membuat celah bagi rekan satu team. Meski top speed dari battleships terbilang bagus, namun sangat sulit untuk merubah arah alias kesulitan banting setir. Membuat player harus pintar-pintar menentukan rute kapal serta yang sangat sesuai untuk menjatuhkan lawan dari jarak manapun.

Aircraft

Unnamed (8)

Masuk ke Aircraft carriers, tipe kapal bagi kalian penggemar game RTS terutama yang suka mengatur strategi dengan mengendalikan 4 tipe pesawat untuk men-damage musuh. Keunggulan Aircrafts yaitu mampu menyerang musuh dari segala titik manapun di map. Menginvestigasi lokasi musuh menjadi fungsi lain dari Aircraft Carriers. Dapat dibilang bahwa gaya bermain Aircraft Carriers sangat berbeda dengan tipe kapal lain.

Submarines

Pasted Image 0

Submarine adalah tipe class unik yang memiliki kemampuan untuk merubah fase dirinya dari fase permukaan air ke fase menyelam, dimasa tiap level memiliki kekuatan yang berbeda. Pada level permukaan, kapal selam akan lebih mudah terdeteksi, namun pada saat yang bersamaan kamu akan memiliki jarak pandang yang jauh lebih luas dari sebelumnya. Namun saat kapal menyelam lebih dalam, akan sulit untuk dideteksi. Dan kalian bisa mulai berburu kapal lain dari bawah dengan bantuan sonar.

4. Dasar Pertempuran

Unnamed (1)

Pada bagian ini, kita akan membahas mengenai menembak. Bagaimana menempatkan diri untuk posisi armor serta damage yang harus kalian tahu.

Bergerak dan positioning merupakan inti dari permainan game World of Warships. Selama pertarungan, apabila kamu adalah kapal besar, kerap kali kamu tak bisa mengarahkan posisi kepala sesuai dengan arah yang kamu inginkan. Menembak di tengah-tengah peperangan membutuhkan tempat terbuka dan serta mengharuskan kalian untuk berhati-hati untuk tak mendapati Pulau di belakang kamu, di mana kalian bisa menjadi sasaran bagi destroyers. Namun apabila kalian bermain sebagai destroyer, temukan aim yang pas serta area untuk menembakan torpedo juga pulau untuk bersembunyi di belakang pulau.

Selama bergerak, apabila kalian bukan pemain destroyer, maka kalian tak perlu untuk berakselerasi full terus menerus sepanjang waktu. Terus bergerak secara cepat, akan membantu kalian untuk mempercepat arah aim. Serta beberapa kali stop untuk menembak torpedo akan lebih berguna dibanding terus bergerak dan menembak.

Pergerakan serta positioning selama pertarungan dengan musuh. Kalian harus memposisikan diri kalian pada posisi yang susah bagi musuh untuk menembak dan tetap mampu untuk menembak banyak artileri. Kalian harus menggeser panah / alias area target serangan sedikit ke arah yang kira-kira musuh datangi sembari terus bergerak. Hindari memposisikan diri kearah musuh secara mendatar karena kalian bisa menerima banyak damage.

Desktop Screenshot 2020.05.07 18.49.49.98

Untuk guide meng-aim, pengalaman adalah guru terbaik. Tombol shift digunakan untuk mengganti mode aim, serta tombol Z akan mengganti arah kemana perginya peluru kalian ditembakan.

Ammo basic pada game ini dibagi menjadi 2 bentuk: Peluru HE untuk menghancurkan target dengan armor light. Serta AP atau peluru armor piercing untuk target yang memiliki armor tebal.

Di awal-awal, kalian harus belajar meng-aim serta menembak musuh secara tepat. Setelah itu, mulailah untuk menembakan peluru HE saja, dimana akan sangat cocok untuk menembakan artileri ke kapal musuh, meskipun damage yang dihasilkan tak terlalu besar, namun peluru tersebut dapat membuat musuh berhenti bergerak atau terbakar. Peluru AP sendiri cocok untuk menghasilkan damage yang maksimal.

Unnamed (3)
Unnamed (3)

Apabila kapal musuh berhadapan langsung dengan kamu dan kamu memiliki peluru armor-piercing. Hal paling penting yang harus kalian ingat adalah bagian bernama Citadel, atau lokasi paling penting dalam kapal. Pada kebanyakan kasus, Citadel terletak diantara meriam pertama dan meriam terakhir dari meriam utama. Serta diantara permukaan air dan tengah-tengah kapal.

Meskipun lokasi Citadel tiap kapal berbeda-beda, namun kebanyakan Citadel terletak di tengah-tengah kapal. Ingat sudut penembakan armor-piercing akan sangat berpengaruh. Peluru AP yang ditembakan pada sudut yang tajam justru akan memantulkan peluru tersebut dan tak mendamage target.

Unnamed (5)

Terdapat 3 tipe menembak pada game ini,yang pertama yaitu menembak satu demi satu dengan mouse. Ini cocok untuk menentukan arah yang pas untuk mengarahkan meriam kepada target. Selanjutnya ada klik dan tahan untuk menembak terus menerus. Terakhir ada double klik. Tipe menembak ini akan menembakan seluruh meriam secara bersamaan. Gaya ini akan cocok untuk menembak target yang sudah sangat pasti kalian kena.

Terdapat tembakan lain yaitu Torpedo. Kekuatan utama dari torpedo ialah kuat dan mampu menenggelamkan kapal musuh, meski kelemahannya ialah relatif lebih lambat dari segi pergerakan, sehingga sulit untuk diarahkan secara presisi.

Ada dua tipe menembak torpedo. Yaitu lebar dan juga kecil merapat. Sesuai dengan namanya, tipe Wide atau lebar cocok untuk menembak musuh dari kejauhan karena meningkatkan probabilitas mengenai musuh. Dimana tipe rapat atau narrow cocok untuk menghabisi musuh dalam jarak dekat.

Unnamed (4)

Mengarahkan aim torpedo pada garis abu-abu merupakan bantuan singkat untuk menembakan musuh terdekat. Meski bantuan tersebut tak jarang untuk kurang akurat (karena musuh terus bergerak), namun sebagai permulaan garis tersebut akan sangat membantu selama belajar menembakan torpedo.

Unnamed (6)
Unnamed (6)

Dasar tips dan triks bagi pemula

Setelah membicarakan gameplay secara keseluruhan, setelah ini kita akan mengumpulkan semua tips yang penting untuk pemula. Tips ini akan membantumu memainkan World of Warships secara mudah dan mencapai tujuan utama kalian secara cepat.

Setelah meng-unlock mode random battle, kalian harus fokus pada mode permainan ini dibandingkan mode melawan bot, dimana mode melawan pemain random memberikanmu exp serta uang yang lebih banyak. Tak perlu khawatir apabila kalian masih menggunakan kapal level kecil. Karena kebanyakan pemain pada tingkat ini kebanyakan pemain baru ataupun bot, sehingga kalian bisa berlatih tanpa perlu khawatir.

Cobalah membuka semua tipe kapal, seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya. Selain kalian bisa menemukan gaya permainan yang cocok bagi kamu, kamu juga akan belajar kelemahan semua tipe kapal.

Jangan buru-buru mengeluarkan duit kalian kedalam kapal high-class disatu negara saja. Cobalah berbagai kapal dari berbagai negara, termasuk membaca singkat tiap kapal dari negara-negara lain di halaman Tech tree. Ingat beberapa negara mungkin tak memiliki kapal yang ingin kalian mainkan.

Jangan lupa memasang camouflage serta signal flags. Karena kedua hal ini penting untuk mengumpulkan exp serta uang, serta membantu kalian mendapatkan kapal yang ingin kalian mainkan, terlebih lagi saat awal permainan.

Jangan jual kapal-kapal yang tak terpakai sebelum kalian me-research kapal tersebut di level berikutnya. Jika tidak kalian harus kembali membeli kapal tersebut apabila kalian ingin meng unlock suatu kapal di level tertentu.

Untuk item premium serta consumable, meski akan meningkatkan kemampuan kalian lebih baik lagi, namun untuk awal-awal kurang begitu diperlukan.

Hindari membeli komponen tambahan kapal di tier-tier tinggi, namun jika kalian memang sudah mantep untuk memainkan suatu jenis kapal kalian bisa bebas mengindahkan saran satu ini.

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person