[Guide] Tips & Trik Bertahan Hidup di Hari Pertama Valheim

in ,
Valheim4

Dirilis dalam status Early Access pada tanggal 2 Februari 2021, Valheim adalah salah satu rilis game paling besar dan viral dalam sejarah Steam. Sejak hari terbitnya, Valheim secara konsisten menduduki bagian Top Seller dari Steam, dan berhasil mendapatkan lebih dari 300.000 peak concurrent player hanya dalam dua minggu, dimana game seperti PUBG membutuhkan tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang sama.

Sebagai game survival dengan konten yang dalam, Valheim adalah game yang menarik dan seru untuk dimainkan. Namun, seringkali dalam game survival, pemain mungkin kebingungan di awal permainan. Banyak konsep baru yang harus dipelajari, dan waktu adalah sumber daya yang terbatas di dalam game survival.

Artikel ini dibuat untuk membantu kalian bertahan hidup di hari pertama Valheim, agar kalian bisa menikmati Valheim sepenuhnya.

1. Buat peralatan dasar

Valheim5

Di awal permainan Valheim, satu-satunya alat yang kita miliki adalah obor sebagai sumber cahaya, dan hanya sedikit alat yang bisa langsung dibuat. Tapi, alat dasar ini sangat penting dalam detik-detik pertama kita di Valheim.

Dalam game seperti Minecraft, monster hanya muncul di malam hari, atau dalam wilayah tertentu. Berbeda dengan Valheim, dimana monster bisa muncul dan menyerang kalian kapan saja. Oleh karena itu, Club adalah alat pertama yang wajib kalian buat. Sebagai senjata paling dasar, Club akan sangat membantu kalian dalam bertahan hidup. Club bisa dibuat dengan kayu, yang bisa dikumpulkan dengan “menebang” pohon kecil menggunakan tangan kosong, atau mengambil ranting pohon di tanah.

Selanjutnya, untuk menebang pohon dengan lebih efisien, kita butuh Stone Axe. Stone Axe bisa dibuat menggunakan kayu dan batu. Batu bisa dikumpulkan dengan mengambil batu-batu kecil di tanah, biasanya ditemukan di tepi-tepi lembah dan jurang. Sebagai acuan, 40 kayu dan 20 batu adalah angka yang aman.

2. Kumpulkan bahan makanan yang bervariasi

Setelah kalian mendapatkan peralatan dasar, hal terpenting selanjutnya adalah kebutuhan pokok manusia: makanan. Di awal permainan, ada empat bahan makanan yang bisa dikumpulkan: Raspberry, Mushroom, Raw Meat, dan Neck Tail. Raspberry dan Mushroom bisa dikumpulkan dengan mengambil saat ditemukan, sedangkan Raw Meat dan Neck Tail didapat dengan membunuh Boar dan Neck.

Kata kunci disini adalah variasi. Semua makanan bisa menunda lapar, tapi dalam Valheim, diet yang seimbang memberikan efek positif bagi kalian, seperti health dan stamina yang lebih tinggi. Namun, bahan makanan bersifat daging saya sarankan jangan dulu dimakan, karena akan lebih baik dimakan setelah dimasak.

3. Buat Hammer dan bangun Workbench

Setelah kebutuhan sandang dan pangan terpenuhi, sekarang saatnya papan. Tapi, tempat tinggal belum bisa dibangun begitu saja. Pertama, kalian butuh alat dasar terakhir: Hammer. Hammer juga bisa dibuat dengan kayu saja.

Dengan Hammer, kalian bisa membangun Workbench, yang lalu akan membuka semua konstruksi dasar untuk membuat tempat tinggal pertama kalian. Workbench juga bisa digunakan untuk memperbaiki peralatan yang sudah kalian gunakan dari awal permainan.

4. Bangun tempat tinggal sederhana

Valheim6
WIP

Dengan adanya Workbench, kalian bisa mulai membuat tempat tinggal sederhana. Mulai dengan membangun satu deret Wood Wall di belakang Workbench — dua atau tiga seharusnya cukup. Lalu, bangunlah atap dengan sudut 45 derajat dari ujung atas tembok. Dengan tembok dan atap yang hanya satu sisi, konstruksi ini sama sekali tidak terlihat seperti rumah. Tapi, hal terpenting disini adalah memasang spawn point untuk keamanan kalian. Lebih cepat, lebih baik.

5. Memasang spawn point dan tidur

Valheim7

Langkah selanjutnya adalah membangun Bed di bawah atap yang sudah kalian buat. Bed bisa dibangun menggunakan Hammer, selama kalian berdekatan dengan Workbench. Lalu, cobalah interaksi dengan Bed dengan menekan tombol E. Ini akan memasang Bed sebagai spawn point kalian. Jika pemasangan spawn point gagal, artinya konstruksi belum cukup untuk dihitung sebagai tempat tinggal. Tambahkan atap dan tembok baru sampai spawn point berhasil terpasang.

Jika spawn point sudah terpasang, kalian bisa membangun Campfire agar kalian bisa tidur. Tapi, jangan lupa untuk memasang Campfire agak jauh dari tembok dan atap, agar asap tidak mengumpul di satu tempat. Campfire juga bisa digunakan untuk memasak daging-dagingan yang sudah kalian kumpulkan.

Jika kalian sudah selesai dengan tahap ini, selamat! Kalian sudah bertahan hidup di hari pertama kalian dalam Valheim. Dengan panduan dasar di atas, saya harap kalian bisa menikmati game survival baru ini sepenuhnya.

Valheim bisa dimainkan melalui Steam.


Untuk membaca artikel tentang Valheim dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.