Gunakan Mod Apapun dalam Diablo 4 Terancam Terkena Ban oleh Blizzard

Lilith Diablo IV via Blizzard

Sudah menjadi hal yang normal tentunya ketika seorang pemain game online terkena banned kedapatan menggunakan suatu program cheat. Dan pada beberapa kasus, penggunaan mod yang sejatinya tidak merugikan pemain lain pun juga berpotensi membuat akun terblokir.

Salah satunya seperti game Diablo IV besutan Activision Blizzard, dimana baru-baru ini sang Community Manager lewat forum komunitasnya memberikan peringatan terkait penggunaan software pihak ketiga maupun percobaan modifikasi terhadap data-data di dalam gamenya.

Ia menyatakan bahwa semua pemain yang telah mengakses Diablo IV sejatinya telah menyetujui EULA atau segala peraturan yang diberlakukan oleh sang developer. Dan salah satu peraturan yang ditekankan adalah pelarangan terhadap penggunaan hal-hal seperti hacks, bots, cheat, bahkan mod sekalipun, dimana berpotensi membuat akun terkena banned terlepas pemain hanya menggunakannya untuk diri sendiri.

Peringatan akan EULA Diablo IV (via Blizzard)

Lebih lanjut, sang Community Manager secara spesifik juga menyebutkan penggunaan mod seperti TurboHUD4 yang baru rilis beberapa hari yang lalu pun sejatinya tidak boleh dipergunakan. Sebagai informasi, mod tersebut berfungsi sebagai overlay dan user interface tambahan yang diklaim memberikan peningkatan berbagai aspek quality of life di dalam gamenya.

Pemain veteran akan serial Diablo mungkin mengetahui eksistensi akan mod yang memang sangat populer digunakan banyak pemain pada serial sebelumnya. Walau demikian, respon dari Blizzard terhadap penggunaan TurboHUD sendiri kala itu masih dibilang tidak terlalu agresif. Namun nampaknya sang developer kali ini akan lebih memperketat pantauannya terhadap penggunaan mod tersebut.

Secara tidak langsung hal ini mengingatkan kita bahwa sama seperti Diablo III, Diablo IV pun adalah game yang harus selalu terkoneksi dengan internet terlepas gamenya bisa dimainkan sepenuhnya secara singleplayer. Jikalau ada mode offline, agaknya mod TurboHUD tersebut bisa digunakan dengan lebih leluasa.

Dan jika melihat pada kasus-kasus ban yang dilakukan oleh Blizzard di game lain seperti Overwatch misalnya, hardware ban juga bisa diterapkan pada pemain yang melanggar peraturan-peraturan dari sang developer.

Nah, kira-kira bagaimana menurutmu brott tentang penggunaan mod di dalam game online? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar ya!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Diablo IV atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.combrott.comt.com

Exit mobile version