Gundam Evolution Diumumkan, Kabulkan Impian Pengalaman FPS di PC

Gundam Evolution
Bandai Namco resmi umumkan Gundam Evolution.

Jika ditanya game Gundam mana yang telah dirilis di PC, maka hanya sedikit yang bisa menjawabnya. Ini karena Bandai Namco merilisnya hanya untuk Jepang di beberapa seri. Tentu saja mereka perbolehkan lisensinya dibeli perusahaan lain seperti SD Gundam Capsule Fighter yang sempat dibawa Megaxus ke Indonesia namun akhirnya harus tutup.

Salah satu game PC-nya dengan tema ala Battlefield yakni Mobile Suit Gundam Online juga sempat merajai pasar Jepang dan akhirnya dibawa ke Taiwan dan Hong Kong dengan bahasa Inggris. Sayangnya mereka menutup servernya dan berencana kembali membukanya. Membuat versi Jepangnya membuka jalan untuk pemain luar Jepang memainkan game yang telah berumur cukup lama.

Bandai Namco juga sempat hadirkan ragam game Gundam ke PC via Steam seperti seri SD Gundam dengan genre turn-based strategy dan New Gundam Breaker yang berakhir tak cukup menyenangkan jika dibanding iterasi pertamanya.

Kini, mereka mencoba untuk kembali tantang pasar PC dengan seri terbaru yang baru saja diumumkan.

Setengah jam yang lalu sejak tulisan ini ditulis, Bandai Namco mengumumkan Gundam Evolution untuk PC. Berbeda dengan game Gundam lain yang berpatok pada pertempuran dalam perspektif 3rd person atau orang ketiga, gamenya kali ini fokus pada perspektif orang pertama atau FPS.

Sama seperti seri game Gundam PC, Gundam Evolution akan hadirkan seri pertama hingga terbaru dengan 12 mobile suit yang telah dikonfirmasi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Gundam Evolution akan miliki pertempuran 6v6 dalam sebuah arena. Player bisa menggunakan beragam senjata yang dimiliki setiap mobile suit beserta ultimatenya. Jika dilihat dari desain UI, game ini miliki desain UI yang mirip dengan Apex Legends layaknya pinang dibelah dua.

Gamenya akan miliki tiga mode yang telah dikonfirmasi: Point Capture, Domination, dan Destruction. Point Capture akan bekerja cukup mirip dengan mode Headquarters di Call of Duty, di mana player akan mengambil satu poin di setiap rondenya untuk dipertahankan. Terdapat dua poin berbeda yang bisa diambil, namun hanya satu di setiap rondenya.

Domination akan miliki tiga poin A, B, dan C untuk bisa diambil. Setiap poin yang dipertahankan akan mendapatkan skor bagi tim yang memilikinya.

Sementara Destruction lebih mirip seperti bomb-mission classic di CS:GO dengan menyerang dan pertahankan satu tempat yang muncul di kedua tim namun dengan setting yang berbeda. Terdapat dua poin di setiap ronde. Jika dua poin fase pertama hancur, maka game akan berlanjut ke fase kedua.

Gundam Evolution rencananya akan diluncurkan tahun 2022 mendatang di PC sebagai game free-to-play di Jepang. Saat ini Bandai Namco hanya menyebutkan bahwa gamenya akan membutuhkan Windows 10 64bit untuk memainkannya.

Bandai Namco juga tengah siapkan registrasi closed beta mulai tanggal 15 Juli jam 14:00 WIB hingga 2 Agustus jam 10:00 WIB. Sementara masa closed beta akan dimulai untuk 5000 orang terpilih pada tanggal 8 Agustus 2021 jam 16:00-22:00 WIB dan 9 Agustus 2021 di jam yang sama.

Hingga tulisan ini ditulis, belum ada kejelasan apakah gamenya juga akan tuju pasar di luar Jepang.


Baca lebih lanjut tentang Bandai Namco, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version