Gundam Evolution: F2P, Spesifikasi, dan Semua Tentang FPS Bandai Namco

Gundam Evolution Cover

Bandai Namco memang selalu menargetkan game buatan mereka untuk pasar luar Jepang. Namun mereka sepertinya sangat selektif untuk franchise Gundam miliknya. Hal ini karena tak semuanya memang mereka buat untuk pasar luar Jepang. Selain itu lisensi gamenya termasuk cukup merepotkan.

Namun seiring berjalannya waktu mereka semakin terbuka untuk merilis game Gundam mereka ke luar Jepang. Khususnya Asia dan platform PC via Steam. Beberapa seperti SD Gundam dan New Gundam Breakers juga sempat muncul untuk raih lebih banyak fans memainkannya di berbagai platform.

Menariknya, kemarin mereka sepertinya semakin memantapkan diri untuk menggaet fans lebih besar dengan kembali hadirkan game PC berjudul Gundam Evolution. Sama seperti game Gundam yang lain, Bandai Namco masih fokuskan gamenya dalam perang antar robot fiksi buatan mereka dan studionya.

Namun, berbeda dengan game serupa, mereka akan hadirkannya dalam perspektif orang pertama atau first-person. Seperti apa detilnya? Mari kita simak di bawah.

Jenis dan Mode

Game baru Bandai Namco ini adalah FPS 6v6 dengan tiga mode unik: Point Capture, Domination, dan Destruction. Berikut detilnya:

Point Capture

Terdapat dua poin yang bisa direbut: A dan B. Dua tim akan berperan sebagai penyerang dan bertahan. Tim penyerang wajib mengambil poin hingga 100%, sementara tim bertahan harus mengusir mereka sampai waktu habis. Jika Poin A telah direbut, maka pertandingan akan berlanjut di area poin B dengan tempat respawn penyerang yang berubah sementara tim bertahan akan tetap di tempat tersebut.

Jika berhasil capture point A maka akan berlanjut ke point B

Pertandingan akan berjalan dalam dua ronde dan pada ronde kedua tim penyerang dan bertahan akan berganti. Dengan kata lain tim penyerang akan menjadi tim bertahan dan sebaliknya.

Tim penyerang akan bisa mendapatkan 1 capture point setiap menguasai poin. Dalam satu ronde, mereka bisa mendapatkan maksimum dua capture point.

Saat poin dicapture, loading akan berjalan dari kiri ke kanan.
Namun ketika musuh datang, maka loading akan terhenti. Hancurkan musuh atau kabur.

Extra time akan ditambahkan jika telah memenuhi syarat tertentu saat waktu habis. Misalnya saja saat kedua tim sama-sama mengambil poin A dan B dalam dua ronde. Sementara draw akan ditentukan saat poin yang diambil dan capture point miliki skor yang sama.

Musuh akan dapatkan capture point jika proses capturemu diganggu.

Pemenang akan ditentukan dengan skor capture point yang telah dikumpulkan. Jika skornya sama kuat atau draw, maka pemenang akan ditentukan dari persentasi capturenya.

Domination

Terbagi atas tiga ronde dengan tiga poin acak A, B, dan C. Pemenang akan ditentukan dengan tim yang paling banyak capture pointnya.

Terdapat tiga poin yang bisa diperebutkan satu sama lain.

Lawanmu tak hanya musuh yang saling ikut rebutan wilayah poin, namun juga waktu. Tim yang berhasil mendapatkan capture point tertinggi di ronde pertama dan kedua akan menjadi pemenangnya.

Destruction

Maaf saya iseng translate

Mode dengan dua ronde di mana penyerang harus mengaktifkan bom dalam poin A atau B (mereka menyebutnya hakai heiki atau senjata penghancur) sementara tim bertahan harus menjinakkannya.

Di setiap pertandingan akan terdapat sebuah poin yang bisa dicapture. Jika salah satu tim mengambil poin tersebut, maka mereka akan bisa respawn dari area yang telah diambil.

Tugas defender jinakkan bom
Tugas Attacker pasang bom

Sama seperti mode lain, ia akan terbagi atas dua area dalam satu ronde dan tim akan berganti dari penyerang ke bertahan atau sebaliknya.

Jika tim penyerang berhasil menghancurkan salah satu poin di area pertama, maka pertandingan akan berlanjut ke area kedua dengan respawn point yang berbeda. Jika salah satu dari kedua tim berhasil menyelesaikan dua area, maka ronde akan berakhir dan berlanjut ke ronde kedua.

Pemenang akan ditentukan dari tim yang mendapatkan poin tertinggi. Sementara jika kedua tim memiliki poin yang sama, maka pemenang akan ditentukan dengan berapa persen kondisi bom atau penjinakannya.

Extra time akan diberikan apabila kedua tim sama-sama berhasil menghancurkan dua poin baik dari area pertama maupun kedua. Sementara pertandingan akan berakhir draw jika tim penyerang dan bertahan tak hanya miliki skor yang sama, namun juga persentasi kondisi bom dan penjinakannya.

Platform

Gundam Evolution hanya akan dirilis di PC untuk saat ini. Bandai Namco tidak menyebutkan console sama sekali, namun yang pasti mereka hanya menyebutkan bahwa gamenya akan mendukung OS Windows teranyar salah satunya adalah Windows 10.

Model Bisnis

Gundam Evolution akan adaptasi model bisnis free-to-play dengan microtransaction. Namun belum jelas apakah mereka akan tambahkan fitur seperti battle pass atau yang lain dalam gamenya nanti. Jadi, bisa dibayangkan apabila beberapa mobile suit dan pernak-perniknya akan berbayar saat rilis nanti.

Daftar Mobile Suit

Gundam Barbatos juga akan masuk ke dalam roster.

Saat diumumkan, Bandai Namco baru mengkonfirmasi 12 mobile suit utama. Berikut daftarnya:

Spesifikasi

Player wajib memiliki Windows 10 64bit untuk bisa memainkannya, berikut spesifikasi lengkap yang diberikan Bandai Namco untuk Closed Beta. Perlu diingat, spesifikasi di bawah bisa saja berubah pada nantinya.

MINIMUM

RECOMMENDED

Region

Untuk saat ini Bandai Namco hanya mengumumkan untuk region Jepang saja. Gamenya kemungkinan juga akan tuju region lain tahun depan atau satu tahun setelah versi Jepang rilis.

Closed Beta

Saat ini Bandai Namco gelar pendaftaran Closed Beta hingga tanggal 2 Agustus 2021 jam 10:00 WIB. Player akan membutuhkan akun Bandai Namco Jepang dan diwajibkan berdomisili di Jepang. Sama seperti Closed Beta lainnya, Bandai Namco tak segan banned mereka yang dari luar Jepang. Peserta akan dibatasi 5000 orang saja.

Closed beta akan dimulai tanggal 8 Agustus jam 16:00 – 22:00 WIB dan 9 Agustus 2021 di waktu yang sama.


Gundam Evolution rencananya akan dirilis tahun 2022 mendatang di Jepang. Belum jelas kapan mereka akan merilisnya keluar Jepang, namun kemungkinan besar mereka juga akan menargetkan pasar luar negeri pada waktunya nanti.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version