Belum Sempat Luncurkan eSports League, H1Z1 Malah Kehilangan 91% Pemainnya

H1Z1

Walaupun game Battle Royale seperti PUBG dan Fortnite memang masih sangat populer hingga saat ini, namun game H1Z1 garapan Daybreak Game Company justru merasakan kebalikannya. Pasalnya, game yang rencananya juga akan memasuki rana eSports ini justru kehilangan playerbasenya hingga 91%.

Dilansir dari Game Rant, pada tahun 2017 lalu HiZ1 mencapai jumlah pemain yang online bersamaan hingga 150.000, namun pada bulan Februari 2018 ini hanya 14.000 pemain yang online bersamaan. Dan sumber lain juga mengatakan jumlah pemain yang online bersamaan hanya mencapai 9.000 pemain atau bahkan lebih rendah.

H1Z1 sendiri pertama kali dirilis pada early access pada Januari 2015 dan sempat populer di kalangan PC Gamer. Namun seperti kebanyakan game early access lainnya, H1Z1 juga memiliki banyak permasalahan seperti bug dan server saat awal perilisannya. John Smedley selaku CEO Daybreak Game Company juga sempat menyatakan bahwa H1Z1 telah terjual lebih dari 1 juta kopi hanya dalam waktu dua bulan.

Pada pertengahan tahun 2017 sendiri H1Z1 sempat menempati posisi ke-tiga untuk game yang paling dimainkan di Steam, setelah Dota 2 dan PUBG. Dan pada Oktober tahun 2017 lalu, Daybreak Game Company juga mengumumkan H1Z1 Pro League, dimana menjanjikan upah minimum untuk pemain profesional sebesar $50.000, setara dengan upah untuk pemain liga profesional Overwatch.

Belum ada pernyataan resmi dari Daybreak Game Company terkait hal ini, namun dengan melihat begitu besarnya jumlah pemain yang berkurang, semakin mempertanyakan kelanjutan dari H1Z1 Pro League kedepannya, mengingat liga ini sendiri rencananya akan diluncurkan dalam beberapa bulan kedepan. Pasalnya, dengan jumlah pemain yang sedikit, akan sangat tidak mungkin atau tidak memberikan keuntungan sama sekali untuk perusahaan jika memang berniat melanjutkan H1Z1 Pro League.



H1Z1 saat ini masih berada pada masa early access namun sudah bisa dimainkan pada platform PC melalui Steam.

Via: Game Rant

Exit mobile version