Hacker Berhasil Bobol PS4, Game Bajakan Mulai Tersebar Online

in ,

Berbeda dengan PC, membajak game di console terbaru seperti PS4, Xbox One dan Nintendo Switch tergolong mustahil karena kompleksitas proteksi yang dimiliki oleh console. Untuk bisa bermain game secara ilegal, firmware dari console tersebut perlu dibobol terlebih dahulu dan hal tersebut menjadi tahap paling rumit untuk para hacker. 4 tahun setelah rilisnya console generasi kedelapan dari Sony ini, tampaknya hal tersebut telah berhasil dilakukan dengan lahirnya “PS4HEN“.


Setelah diumumkan pada akhir Desember 2017 kemarin, tim perentas kini rilis program PS4HEN secara umum lewat website seperti Github. PS4HEN merupakan program yang dapat aktifkan aplikasi homebrew serta menjalankan file backup game. Agar Homebrew dapat menjalankan file backup game, program yang diberi nama PKG Kitchen yang juga dirilis bersamaan dengan PS4HEN. PKG Kitchen difungsikan untuk membuat file backup dari game PS4 sekaligus memodifikasi game. Keberadaan PKG Kitchen ini membuat game-game besar seperti Grand Theft Auto V, Uncharted 4, World of Final Fantasy, dan lain-lain telah tersebar luas di Internet dalam beberapa hari terakhir.


Selain dapat bermain beberapa game PS4, hacker dibalik program ini juga temukan jika terdapat emulator PS2 yang tersembunyi dibalik firmware ini. Akibatnya, semua game PS2 diklaim dapat dimainkan dengan bantuan program tool yang mereka juga buat. Game seperti Klonoa 2 dan Shinobi telah dites oleh hacker dan terbukti berjalan dengan lancar lewat program emulasi yang disuntikkan didalam PS4.

Untuk saat ini program hanya mampu berkerja pada PS4 dengan firmware versi 4.05. Versi terbaru sekarang yang dirilis Sony adalah versi firmware 5.05, yang berarti program ini terbatas hanya akan mampu bermain game-game tahun 2016 kebawah serta tak mampu akses fitur online. Namun hacker pencipta program ini membuka kemungkinan akan membobol versi firmware terbaru yang telah dirilis oleh Sony.

Sony belum keluarkan komentar atas masalah ini, meskipun hanya mampu jalankan firmware versi lama, keberadaan PS4HEN tetap menjadi ancaman besar untuk Sony dan kemungkinan akan segera mereka atasi kedepannya. Apakah program homebrew dan backup tool ini akan berhasil menuju firmware terbaru? Kita lihat saja nanti.

Source: Wccftech

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.