Hacker Buat Terobosan Baru dalam Upaya Membajak Konsol PlayStation 5

Hacker Membuat Terobosan Baru Dalam Menjailbreak PlayStation 5

Hacker Membuat Terobosan Baru Dalam Menjailbreak PlayStation 5

Meskipun PlayStation 5 baru dirilis tahun lalu, beberapa hacker tampaknya sudah membuat terobosan baru dalam menjailbreak konsol milik Sony tersebut. Dua hacker yang dikenal dengan TheFlowo dan Failoverflow baru saja memposting screenshot yang menunjukkan bahwa mereka berhasil membuka mode debug PS5 dan mengakses fitur yang diperlukan untuk mendekripsi sebagian dari firmware konsol tersebut.

Melalui akun Twitternya, TheFlowo memperlihatkan tampilan menu pengaturan PS5 dengan opsi tambahan yang bertuliskan “Debug Settings”. Opsi tersebut biasanya hanya dapat digunakan oleh para developer untuk menguji coba game mereka. Kemunculan mode tersebut pada konsol PS5 biasa menandakan bahwa TheFlowo telah menemukan semacam eksploitasi kernel.

Perlu diperhatikan bahwa screenshot yang dibagikan oleh TheFlowo diambil menggunakan fitur sharing bawaan PS5. Hal ini membuktikan bahwa screenshot yang diambil tersebut adalah asli dan bukan buatan atau editan. Sebelumnya, TheFlowo sendiri sudah sering melaporkan celah hacking dari konsol garapan Sony dimana dia telah mengumpulkan sekitar 285 juta rupiah dari hal tersebut.

Hacker lain yang berhasil meretas PlayStation 5 adalah grup Failoverflow. Melalui akun Twitternya, Failoverflow memposting sebagian dari root keys PS5 yang digunakan untuk mendekripsi firmware konsol tersebut.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Baik TheFlowo maupun Failoverflow tidak memberikan informasi lebih terkait proses hacking mereka sehingga belum diketahui sejauh apa perkembangan mereka dalam meretas konsol terbaru milik Sony tersebut. Meskipun peretasan konsol identik dengan game bajakan, mereka juga dapat berguna untuk menjalankan sistem operasi seperti Linux. Alhasil, kamu dapat memainkan game PC maupun konsol generasi lawas di PlayStation 5.

Namun demikian, tampaknya masih akan memakan waktu untuk para hacker dapat menjailbreak konsol PlayStation 5. Kedua konsol sebelumnya sendiri memakan waktu 5 tahun untuk dapat dijailbreak sepenuhnya. PS3 yang keluar pada tahun 2006 baru berhasil dijailbreak pada tahun 2011 sedangkan PS4 yang rilis pada tahun 2013 baru berhasil dijailbreak pada tahun 2018.


Baca lagi artikel menarik lainnya dari penulis kita Aldy Khalif, dan artikel lain seputaran PlayStation. Tertarik melakukan kerjasama? Kontak kita di Author@Gamebrott.com

Exit mobile version