Hacker: Nintendo Switch Berhasil Diretas Dan Tak Dapat Di-patch Oleh Nintendo

in ,
Akankan menjadi jalan bagi para pembajak?

Hal yang tak mengenakkan baru saja terjadi pada konsol Nintendo Switch. Konsol revolusioner besutan Nintendo ini baru saja diberitakan berhasil diretas oleh hacker fail0verflow dan Kate Temik. Menurut mereka, Nintendo Switch yang berhasil diretas tidak akan mampu di-patch bahkan oleh penciptanya sendiri Nintendo. Mereka juga merilis video yang menampilkan Nintendo Switch dengan sistem operasi Linux versi touchscreen.

Menurut berita yang dilansir dari VG247, lubang keamanan (bug) yang berhasil mereka manfaatkan ini berasal dari SOC Tegra X1 yang digunakan oleh Nintendo Switch. SOC besutan Nvidia ini memiliki bug yang dapat dieksploitasi sehingga user dapat mengambil oleh kontrol sepenuhnya dengan cara mem-bypass semua security check.

Bug ini terdapat pada RCM mode, di mana dalam keadaan normal RCM mode mengizinkan signed images, namun dengan adanya bug ini, eksekusi arbitrary code menjadi hal yang tidak mustahil untuk dilakukan.

Lebih lanjut, fail0verflow juga mengatakan bahwa semua Nintendo Switch yang telah beredar di pasaran sudah dapat dipastikan terjangkit bug ini. Satu-satunya cara untuk menanggulangi hal ini adalah dengan hardware revision alias merevisi/mengganti SOC Nvidia Tegra X1 itu sendiri.

Dengan adanya exploit ini, sepertinya tinggal menunggu waktu saja hingga para pembajak mengeluarkan software atau bahkan Nintendo Switch yang telah dibajak ke pasaran.

 

 

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]