Hacker: Nintendo Switch Sebentar Lagi Bisa Dibajak

Dark Souls header
Mereka mengklaim sebentar lagi Switch bisa dibajak.

Pembajakan console memang sudah lumrah terjadi di dunia game, bahkan semenjak hadirnya Nintendo pertama yang nyaris tanpa proteksi sama sekali. Namun, kemudahan dalam membajak sebuah console makin lama makin sulit dilakukan karena pihak developer mati-matian untuk melindungi software utama console mereka tersebut. Hal ini terjadi pada kasus PlayStation 4 yang diklaim bisa dibajak, namun pada akhirnya itu hanyalah pemanfaatan “celah kosong” atau bug yang ada di operating systemnya. Sony kemudian memproteksinya kembali dengan update yang lebih kuat lagi.

Berbeda dengan Sony, Nintendo dengan Switch-nya merupakan salah satu console yang juga sulit untuk dijebol, membuat para hacker mendapatkan “tantangan” baru untuk “menundukkan” console hybrid tersebut. Kini, mereka mengklaim bahwa mereka sudah “semakin dekat” untuk membuat operating system bajakan “penakluk” atau homebrew software Nintendo Switch.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.



Dilansir dari Kotaku, melalui sebuah video presentasi mereka di Schedule 34th Chaos Communication Congress, tiga kelompok hacker bernama Derrek, Plutoo, dan Naehrwert mengklaim bahwa Nintendo Switch miliki operating system yang paling aman yang pernah mereka jumpai. Mereka kemudian menjelaskan bagaimana ketatnya proteksi software tersebut, yang miliki beberapa lapis pertahanan hingga proses gamenya bisa berjalan. Simple-nya, mereka perlu menjebol lapisan-lapisan tersebut terlebih dahulu, sebelum bisa melakukan hack. Namun, mereka kemudian menunjukkan bahwa mereka berhasil menjebol proteksi tersebut hingga menjalankan software buatan mereka sendiri. Hal ini “dalam kasat mata” sekaligus membuat Nintendo Switch berhasil terbajak 100%.

Sampai saat ini belum ada yang berani merilisnya sampai waktu yang tidak pasti. Namun, video di atas merupakan sebuah pertanda awal dari kemunculan Switch bajakan. Membuat Nintendo harus mempersiapkan langkah baru untuk menutup celah yang bisa mereka eksploitasi dengan update selanjutnya. Bagaimana menurutmu?

Exit mobile version