Hal-Hal Menjengkelkan dari Bossfight dalam Video Game

in

Memainkan game RPG maupun action adventure sepertinya memang takkan lengkap tanpa kehadiran boss. Makhluk berdarah tebal dengan serangan yang terkadang super ngawur ini merupakan musuh yang sulit atau mustahil dikalahkan meski dikeroyok.

Tanpa kehadirannya, game RPG hingga action adventure akan terasa bagai sayur tanpa garam. Terlebih, jika boss tersebut merupakan salah satu musuh utama yang wajib kamu kalahkan.

Pada umumnya, boss akan diperlakukan cukup spesial oleh developer. Ia akan miliki tantangan hingga trik tersendiri untuk mengalahkannya. Tak sedikit gamer yang umumnya mengetahui trik tersebut dalam sekali pertempuran. Terutama bagi para veteran game serupa.

Namun, banyak pula dari mereka yang tak tahu merasakan betapa sulit dan menjengkelkannya para boss tersebut. Dan Berikut adalah beberapa di antaranya.

Darah Berlapis-Lapis


Tidak ada yang lebih menjengkelkan dari darah berlapis yang dimiliki boss atau bahasa kerennya bullet sponge. Ini adalah desain bossfight paling buruk dalam game. Developer seolah hanya ingin kamu mengalahkannya dengan menghindari semua serangan yang boss lancarkan, tanpa memberikan keseruan tersendiri saat melawannya. Kamu hanya perlu menghindar/bertahan, recovery HP, dan menyerangnya terus hingga mati.

Ini masih bisa disebut oke jika boss miliki setidaknya dua bar HP, namun tidak sebaliknya. Terlebih tidak adanya trik tertentu untuk mengalahkannya akan bisa buatmu gila dan jengkel sampai kapanpun. Karena seranganmu seolah hanya ia serap dan tak berikan efek apapun. Sebut saja beberapa boss dari Tom Clancy’s The Division 1, Adamantoise dari Final Fantasy XV. atau Yiazmat dari Final Fantasy XII.

Punya Serangan One Hit

Ultimecia, boss terakhir Final Fantasy VIII miliki serangan one hit jika kamu salah strategi.

Mengurangi HP boss hingga kritis menjadi sesuatu yang sangat sulit dilakukan. Kamu harus bekerja keras demi mencapainya. Namun karena kamu melupakan satu hal penting yakni “trik tersembunyi” untuk mengalahkannya, maka serangan one hit kill yang sebenarnya bisa dihindari pada akhirnya melumat semua partymu. Semua kerja kerasmu selama beberapa menit bahkan hingga hitungan jam, berakhir sia-sia karena boss bisa langsung musnahkan semua partymu.

Untuk menghindari hal tak diinginkan tersebut terjadi, kamu harus memperhatikan setiap gerak-gerik yang boss lakukan. Misalnya saja ketika ia tengah mengeluarkan orb atau minion. Atau mungkin saat mengeluarkan bongkahan batu raksasa. Itu semua ada fungsinya ya bambang, jangan dicuekin.

Anak Buah


Anak buah menjadi salah satu hal yang cukup menjengkelkan dari beberapa boss baik di game RPG maupun action. Ia bisa berperan sebagai banyak peran. Mulai dari hanya berusaha mengganggumu, melindungi boss, atau simplenya menjadi pembantu boss yang ikut mengurangi HPmu selama battle.

Kehadiran mereka terkadang sangat mengganggu. Hal ini tentunya mengingat karena melawan satu boss saja sudah sangat susah, belum lagi melawan anak buahnya. Tak jarang, mereka muncul tanpa akhir, membuat permainan yang seharusnya seru menjadi sangat sulit dan menjengkelkan.

Bagian Tubuh Berbahaya

https://www.youtube.com/watch?v=Lkc90jcG6JA

Calasmos miliki bagian tubuh berbahaya yang harus kamu perhatikan.

Pernahkah kamu melawan boss yang terbagi atas tangan, badan, dan bagian tubuh lain? Jika ya, selamat berpikir bagian mana yang berbahaya bagimu dan bagian mana yang seharusnya fokus untuk kamu hancurkan. Karena jika kamu salah sedikit saja, maka kerja kerasmu selama beberapa menit akan terasa sia-sia. Membuatmu pada akhirnya mengeluh karena sulit.

Cara mengalahkan Calasmos versi saya.

Ini sama seperti boss terakhir dari Dragon Quest XI: Echoes of an Elusive Age, Calasmos. Ia terbagi atas tiga bagian tubuh: sepasang tangan dan tubuh. Salah satu tangannya berfungsi sebagai healer dan “resurrect”, sementara tangan satunya digunakan untuk menyerang. Kamu harus fokus untuk putuskan bagian mana yang seharusnya kamu serang. Karena jika tidak, ia akan mengeluarkan serangan one hit yang tak bisa dihindari sama sekali.

Hanya Bisa Diserang Menggunakan Trik Tertentu


Ini terjadi di beberapa boss di game tipe platformer. Di mana dalam boss fight kamu hanya akan bisa menyerangnya saat boss dalam kondisi tertentu, misalnya saja stun atau harus menyerang kepalanya dengan mendekatinya melalui rintangan level yang ada.

Misalnya saja Fizzie dari Sunset Overdrive misalnya, yang akan membutuhkanmu untuk mengalahkan anak buahnya terlebih dahulu sebelum akhirnya melompat ke bangunan. Di mana hanya itulah satu-satunya cara untuk menyerang dan mengalahkannya.

Sementara Dr. Nefarious dari Ratchet and Clank akan bawamu ke pertempuran scripted dengan beberapa trik tertentu. Jika kamu tidak bisa melewatinya, maka kamu akan mengulangnya lagi dari awal.


Itulah beberapa hal yang menjengkelkan dari boss dalam video game. Apakah kamu merasakannya? Atau mungkin ada yang kami lewatkan? Silakan cantumkan pengalamanmu atau mungkin hal yang kami lewatkan dari daftar di atas di kolom komentar setelah kami membagikan artikelnya ke Facebook.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.