Hal Ngga Masuk Akal yang Hanya Muncul di Game Stealth

Hitmansins

Apa yang terpikirkan di benakmu ketika mendengar game stealth? Membunuh musuh tanpa ketahuan, bersembunyi, mengintip NPC yang sedang mandi… Tidak, jangan lakukan itu saat puasa. Intinya menjadi bayangan adalah tujuan utamamu di game tipe ini.

Sama seperti genrenya, para developer mempersiapkan game stealth dengan sedemikian rupa. Beberapa fitur seperti menyamar, berjalan pelan, bayangan, hingga sembunyi di balik lemari menjadi salah satu fitur wajib dimiliki game tipe ini. Namun, terdapat banyak sekali hal tak masuk akal di luar nalar yang hanya bisa dipikirkan oleh mereka yang jenius yang menggelitik otak kita yang di bawah rata-rata ini. Apa saja salah satunya? Berikut hal ngga masuk akal yang muncul di game stealth.

1. Lihat Tembus Tembok


Sudah bukan sebuah rahasia jika beberapa game stealth di masa lampau hingga saat ini berikan fitur wallhack alamiah yang mereka rangkum dalam kemampuan bernama “Instinct” di Hitman atau “Eagle Vision” di Assassin’s Creed. Dengan mengaktifkannya, maka kamu akan tahu posisi musuh, membuatmu semakin mudah untuk menghindarinya dan hanya mengincar target utamamu saja.


Kemampuan ini sangat tidak masuk akal, hingga akhirnya ia diubah sedemikian rupa oleh Assassin’s Creed menggunakan Eagle Vision sesungguhnya. Yakni dengan menyuruh elang partnermu untuk melihat posisi musuh…. yang masih bisa dibilang tidak masuk akal. Karena sejatinya elang takkan bisa berkomunikasi dengan pemiliknya dan memberitahu letak musuh dan targetnya.

2. Musuh Tak Langsung Menyerang


Ketika kamu berjalan di depan musuh, maka umumnya game stealth akan berikan meter deteksi dan tak buat musuh langsung menyerangmu. Meter deteksi ini semakin cepat berjalan jika kamu berada di depan penjaga musuh sekalipun.

Cukup “masuk akal” namun juga menjadi logika jomplang yang tak masuk akal. Karena tidak ada penjaga manapun yang masih bertanya dalam hati, “ini musuh bukan ya?” ketika kamu telah berada di depannya. Namun setelah kami cari fitur ini rupanya ada hubungannya dengan desain game stealth yang mungkin tak kamu ketahui selama ini. Kami akan membahasnya di masa datang.

3. Sembunyi di Tempat yang Mudah Terlihat Tanpa Ketahuan

Seharusnya Batman di sini ketahuan, namun musuh terlihat santai saja.

Pernahkah kamu berpikir ketika Agent 47 bersembunyi di balik kotak dan sebagian dari kepala kinclongnya terlihat penjaga maka mereka akan memeriksanya? Jika ya, maka kamu masih berada di dunia nyata. Karena menurut logika video game stealth, penjaga akan diam saja. Bahkan saat kamu mengintip posisi mereka dari balik tembok saat keadaan tengah chaos, maka mereka takkan bisa melihatmu. Luar biasa bukan?

4. Musuh Tak Mencari Sumber Pengalih Perhatian


Ini adalah salah satu hal ngga masuk akal lainnya dari game stealth. Saat kamu memainkan game stealth, kamu adalah atensi utama para penjaga. Namun ketika kamu melemparkan batu untuk mengalihkan perhatiannya, penjaga justru memeriksa batu tersebut, bukan dari arah ia datang. Normalnya, setelah perhatian teralihkan maka orang akan mencari dari mana asalnya. Tapi tidak di dunia video game. Kamu bahkan bisa melemparnya di depan mata kepala penjaga dan mereka akan memeriksa batunya dan bukan sumber lemparannya yaitu kamu sendiri.

5. Penyamaranmu Takkan Ketahuan


Penyamaran yang saya maksud adalah mekanik utama dari Hitman. Sebagai pembunuh profesional, Agent 47 miliki kemampuan penyamaran yang luar biasa, membuatnya setara dengan level Joni dan Dr. Bernard Machfoudz yang multitalenta. Penyamaranmu takkan ketahuan oleh siapapun kecuali beberapa penjaga tertentu. Inilah yang tak masuk akal sama sekali. Gimana bisa kamu tak mengenali si botak yang beberapa menit yang lalu jadi satpam sekarang sudah jadi astronot? Pakai jin? Atau berbicara sama class master untuk ganti job? Lho bukannya pak desainer tadi punya rambut? Kok sekarang botak?

6. Semua NPC Tahu Posisimu


Pernahkah kamu sedang mengintai musuh namun mendadak ketahuan seekor NPC penjaga yang tiba-tiba saja meneriakimu dan mendadak semua penjaga tahu posisimu? Ya, semua hanya terjadi di game stealth. Bahkan ketika penjaga yang kamu teriaki telah kamu habisi lebih dulu, maka semua penjaga akan tetap tahu posisimu. Nyemplung ke kolam? Sembunyi di lemari? Masuk toilet? Mereka tetap tahu posisimu.

7. Kardus Berjalan


Ketika kamu memainkan Metal Gear, maka kamu akan mengetahui sebuah teknik stealth level Godjima Hideo, masuk kardus dan berjalan menghindari musuh tanpa ketahuan, lalu misimu suk– APA INI?!


Itulah hal tak masuk akal yang hanya terjadi di game stealth. Pihak developer ingin membuatmu menjadi pembunuh yang handal, si bayangan tanpa bayangan yang mampu membunuh target tanpa ketahuan. Oleh karenanya mereka sematkan fitur tersebut. Bagaimana? Sudah merasa dibodohi?

Kami bercanda. Apakah kamu pernah menemukan fitur lain dari game stealth yang sangat tidak masuk akal? Kamu bisa membaginya melalui kolom komentar jika kami telah membagikannya melalui Facebook.

Exit mobile version