10 Hal Paling Ditunggu Gamer Ketika Game Resident Evil 4 Remake Rilis Nanti Tahun 2023

Game Resident Evil 4 Remake

Game Resident Evil 4 Remake – Setelah penantian panjang, akhirnya gamer bisa merasa lega. Itu karena baru-baru ini Capcom telah mengumumkan game remake terbaru mereka dari franchise Resident Evil yang sangat populer, yaitu game Resident Evil 4 Remake. Dengan sebuah video trailer, antusias gamer terhadap game remake tersebut memuncak.

Proyek yang sebelumnya dianggap ghaib karena minimnya informasi resmi mengenai proses pengembangan game tersebut membuat beberapa gamer khawatir. Dan kini rasa kekhawatiran tersebut berubah menjadi rasa penasaran dan antusias tinggi yang telah lama terpendam oleh gamer terkait remake Resident Evil 4.

Hal Paling Ditunggu Gamer Ketika Game Resident Evil 4 Remake Rilis Nanti

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 10 hal paling ditunggu gamer di game Resident Evil 4 Remake. Daftar ini berupa kumpulan poin-poin mengenai apa saja yang diinginkan oleh gamer mengenai Resident Evil 4 Remake, mulai dari cerita, gameplay dan lainnya. Poin-poin ini berdasarkan pendapat penulis dan kumpulan informasi dari para gamer sebagai penggemar berat franchise game horror ini di berbagai sosial media serta forum dimana mereka mengungkap hal-hal yang mereka inginkan pada game tersebut.

Inilah 10 hal paling ditunggu gamer ketika game Resident Evil 4 Remake rilis nanti tahun 2023!

1. Peningkatan Grafis

Peningkatan grafis pada game remake adalah sebuah kewajiban yang harus ada

Jika mendengar kata remake, para gamer pasti menginkan game tersebut mendapatkan peningkatan grafis yang jauh berbeda dari game originalnya. Hal ini bisa diambil contoh pada game Resident Evil 2 Remake dan Resident Evil 3 Remake.

Tapi untuk hal ini saya rasa kita tidak perlu khawatir. Karena video trailer Resident Evil 4 Remake telah memperlihatkan beberapa scene yang diambil langsung melalui konsol PS5 bagaimana tampak grafis game ini. Dilihat dari trailer tersebut, sudah dipastikan game remake ini akan menggunakan mesin grafis RE Engine dimana engine tersebut telah menunjukkan kehebatan kualitas grafisnya pada game seperti RE7, RE 2 Remake, RE3 Remake, RE Village dan Devil May Cry 5.

Tidak hanya dari grafis penampilan lokasi dan suasana horror yang mencekam, model karakter untuk versi remake ini juga terlihat bagus dengan RE Engine. Jadi kita bisa mendapatkan jaminan dari Capcom mengenai peningkatan kualitas grafis untuk game ini.

2. Peningkatan Fitur Gameplay

Fitur Gameplay harus ditingkatkan menyesuaikan pasar gamer saat ini

Resident Evil 4 dikenal sebagai pencetus populernya sistem Third Person Shooter (TPS) dimana posisi kamera berada di bahu karakter. Meskipun pada saat itu masih ada banyak kekurangan jika dibandingkan dengan generasi TPS saat ini, namun sistem tersebut telah menjadi banyak inspirasi developer game mengikuti perkembangannya.

Saya ataupun gamer berharap fitur gameplay pada game remake Resident Evil 4 ini memiliki peningkatan yang jauh berbeda dari versi sebelumnya. Setidaknya fitur gameplay seperti sistem Aim dengan TPS, pace gameplay, puzzle dan lainnya mengikuti perkembangan gameplay sesuai pasar video game saat ini.

Maksud saya disini adalah apabila fitur gameplay hanya sebatas copy-paste dari versi original, tentu saja gamer bahkan saya sendiri merasa kecewa. Perlu ada peningkatan agar game ini menjadi lebih baik. Bisa diambil contoh dimana versi original dan versi remake sangat pas untuk selera pasar game saat ini seperti Resident Evil 2 Remake. Fitur gameplay menggunakan TPS modern, puzzle yang tidak terlalu sulit ataupun terlalu mudah menjadi salah satu alasan kenapa game tersebut bisa sukses.

Jika peningkatan fitur gameplay pada Resident Evil 4 Remake ini dibuat seperti RE2 Remake, apalagi para staf developer membuatnya dengan antusias tinggi, saya yakin game tersebut akan menjadi sukses.

3. Kualitas Story Ditingkatkan Tanpa Mengubah Ciri Khas Cerita Resident Evil 4

Story di Resident Evil 4 Remake harus bisa lebih bagus lagi

Beberapa waktu yang lalu, sempat muncul sebuah informasi dimana sang kreator franchise Resident Evil, yaitu Shinji Mikami, menceritakan bagaimana proses pembuatan story RE4. Shinji Mikami beserta tim membuat cerita Resident Evil 4 diketahui hanya dalam 2,5 minggu. Seharusnya cerita game tersebut membutuhkan waktu setidaknya 6 bulan. Hal ini disebabkan karena mereka harus menghadapi tekanan dan batasan yang harus mereka kerjakan dengan deadline yang ketat.

Dengan deadline yang mengerikan, jadi tidak heran jika beberapa dari kalian merasa RE4 memiliki cerita yang terlalu klise untuk standar cerita horror dari franchise Resident Evil itu sendiri. Bahkan Shinji Mikami sendiri berharap kualitas story atau cerita versi remake akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tidak hanya dari Shinji Mikami saja, saya dan juga gamer lain pun pasti memiliki harapan yang sama dengan sang kreator Resident Evil yang memiliki sebutan sebagai The Godfather of Video Game Horror. Dengan banyaknya potensi yang bisa dilakukan oleh developer dan bagaimana Capcom berhasil membuat franchise game RE versi Remake sukses besar, saya sendiri yakin mereka bisa melakukannya untuk meningkatkan kualitas cerita game legendaris ini.

4. Sistem Inventory Tetap Dipertahankan

Sebuah kebanggaan tersendiri bisa menyusun item dengan rapi seperti ini

Tidak lengkap rasanya bermain Resident Evil 4 tanpa fitur Inventory yang sudah ikonik dalam game-nya. Sebagai pengganti fitur penyimpanan pendahulunya, RE4 hadir dengan sistem penyimpanan dimana Leon akan menyimpan semua barang bawaannya seperti Herb, Weapon, Ammo dan lainnya (kecuali item kunci penting) pada sebuah tas. Pemain diharuskan untuk bisa memasukkan semua item tersebut agar bisa muat di satu tempat.

Sistem inventory ini terkadang memberikan pengalaman menarik dimana pemain justru menghabiskan banyak waktu untuk menyusun item-item mereka dengan sangat rapi. Saking populernya, sistem tersebut kembali hadir di game Resident Evil Village sebagai sebuah referensi untuk RE4.

Besar harapan saya dan juga para gamer untuk sistem inventory seperti ini kembali hadir di versi remake-nya. Atau kalau bisa dimasukkan sebuah mini-game dimana pemain akan menyusun item-item mereka sedemikian rupa sampai rapi seperti pada game yang satu ini.

5. Unsur Action dan Horror yang Seimbang

Menyeimbangkan antara elemen Horror dan Action adalah hal penting di RE4 Remake

Mungkin beberapa dari kalian ada yang merasa horror di Resident Evil 4 terasa kurang jika dibandingkan dengan pendahulunya. Itu karena game ini memiliki gameplay mengarah ke action dan pace gameplay yang lebih cepat dibandingkan game RE sebelumnya menggunakan sistem tank control yang terasa kaku.

Untuk versi ini, banyak yang berharap Resident Evil 4 Remake memiliki keseimbangan antara elemen Horror dengan Action-nya. Jika dilihat dari video trailer terbarunya, kemungkinan game ini akan terasa lebih gelap dan kental dengan elemen horror-nya. Namun tidak menutup kemungkinan RE4 Remake juga akan memiliki momen-momen action dari Leon seperti QTE (Quick Time Event).

Developer Capcom sudah pernah berhasil sebelumnya di game Resident Evil Village dimana game tersebut lebih berfokus ke action namun tetap memberikan unsur horror yang dapat menyeimbangkan antara kedua elemen tersebut. Kalau kedua elemen tersebut dibuat seperti RE Village, dipastikan RE4 Remake bisa menjadi game yang lebih baik dari sebelumnya.

6. QTE yang Lebih Keren

QTE itu harus keren

Berbicara mengenai QTE atau Quick Time Event, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur ini, bukan? Ketika pemain harus selalu stand by menekan tombol sesuai perintah pada game ketika momen scene Leon melakukan aksi-aksi keren yang terkadang membuat lengah pemain hingga Game Over.

QTE di RE4 sudah menjadi salah satu momen ikonik dan juga fitur gameplay yang sudah melekat bagi gamer. Meskipun saat ini tombol QTE dalam sebuah adegan game kurang disukai oleh gamer karena dianggap mengganggu, tetapi saya rasa beberapa orang mungkin menanti kehadiran fitur tersebut di versi remake ini. Setidaknya ketika QTE muncul, pemain juga bisa melihat Leon melakukan aksi yang lebih keren dengan gaya cinematic khas film-film action.

7. Merchant Balik Lagi, Please!!!

What’re ya buyin?

Salah satu karakter ikonik dalam game selain para Protagonist dan Antagonist-nya, yaitu Merchant. Karakter NPC yang menyediakan berbagai item untuk Leon agar bisa bertahan hidup melawan bio-terrorism menjadi sosok yang tidak terlupakan bagi para pemain. Apalagi ketika pemain ingin membeli ataupun menjual item mereka dan disambut dengan “What’re ya buyin?” oleh Merchant.

Kehadiran Merchant di game RE4 Remake tentu saja sangat ditunggu oleh para gamer. Selain untuk bernostalgia, mereka juga ingin sang Merchant memiliki dialog baru ataupun informasi baru mengenai lore karakternya dalam franchise Resident Evil yang saat ini masih misterius.

8. Ada Wong Tersayang

Izin Off

Ayo siapa diantara kalian yang menyukai atau malah nge-simp dengan karakter double agent bernama Ada Wong? Kehadiran Ada di game remake ini sudah dipastikan akan muncul melalui scene beberapa detik pada video trailer terbaru.

Dengan dipastikannya Ada Wong kembali hadir dengan penampilan barunya yang terlihat lebih seksi sebagai double agent, penjualan game RE4 Remake pasti naik drastis berkat kehadiran penggemarnya.

9. Ashley Graham Jangan Jadi Beban

Semoga penampilan barunya tidak menipu

Salah satu momen Resident Evil 4 paling menyebalkan menurut para gamer adalah ketika melindungi sang anak President bernama Ashley Graham. Sebagai misi utama Leon, kalian sudah seharusnya melindungi gadis tersebut dari ancaman para bio-terrorism.

Secara konsep memang tampak meyakinkan, tapi dari segi gameplay melindungi karakter NPC adalah hal paling repot dalam sejarah dunia video game. Apalagi ketika AI Ashley pada game RE4 benar-benar dibuat kesal pemain dan selalu berteriak “LEON, HELP ME” ketika kita sedang sibuk membasmi musuh.

Pada video trailer Resident Evil 4 Remake, gamer dibuat kaget denga perubahan drastis model karakter Ashley. Banyak yang mulai berubah pikiran mengenai penampilan Ashley setelah melihat model karakter barunya yang cakep banget. Semoga saja karakter Ashley dalam game ini juga ada perubahan tidak hanya dari segi penampilan, tetapi juga dari segi AI karakternya dalam game nanti biar kita tidak kerepotan mengurusnya.

10. Jangan Terburu-buru Rilis

Take your time, Capcom…

Poin terakhir mengenai hal paling ditunggu oleh para gamer ketika game Resident Evil 4 Remake rilis nanti tahun 2023 adalah jangan terburu-buru rilis. Seperti kita ketahui, membuat sebuah video game tidak semudah yang kita bayangkan. Apalagi jika mengerjakan game remake yang sudah memiliki nama besar dan sejarah panjang di dunia industri game.

Saya dan gamer lain merasa tidak keberatan apabila proses pembuatan Resident Evil 4 Remake sewaktu-waktu akan mengalami penundaan dengan tujuan memperbagus kualitas game yang dibuat oleh developer Capcom. Gunakan waktu yang ada, tidak perlu terburu-buru merilis game-nya. Kami berharap besar kepada kalian Capcom.

Itulah informasi mengenai 10 hal paling ditunggu oleh gamer ketika game Resident Evil 4 Remake rilis nanti tahun 2023. Menurut kalian pribadi apa yang paling ditunggu pada game remake Resident Evil 4?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Resident Evil 4 Remake, Resident Evil 4 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version