Hanya Dalam 2 Bulan Saja, Pokémon GO Mampu Meraup Untung Setara Film Hollywood

awda

Disukai, dibenci, dan dilupakan mungkin itulah kondisi dari game mobile yang sempat menjadi sensasi dunia ini yaitu Pokémon GO di Indonesia saat ini. Ketika pertama kali diperkenalkan animo dari masyarakat yang ingin segera memainkannya memang sangat tinggi. Bahkan ketika ia belum diluncurkan secara resmi di Indonesia banyak para pemain yang masih mencari jalan lain agar mereka dapat segera memainkan game tersebut. Demam Pokémon GO pun merebak setelahnya, bukan hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Bahkan, beberapa elemen masyarakat pun akhirnya mulai gerah dari kelakuan para pemain Pokémon GO yang sedikit ceroboh dan kurang bertanggung jawab ketika bermain. Berbagai insiden tidak menyenangkan pun terjadi dengan game ini. Di Indonesia sendiri, statusnya yang merupakan tren temporer akhirnya membuat banyak pemainnya sudah enggan memainkannya dan mulai dilupakan.

Namun, diluar semua drama yang telah terjadi selama 2 bulan setelah dirilis ini Pokémon GO bisa dibilang sangat berhasil untuk meraup keuntungan dalam waktu yang cukup singkat ini. Seperti yang dilansir oleh Sensortower, sejak dirilis secara resmi pada 6 Juli lalu Pokémon GO berhasil mengumpulkan keuntungan sebanyak $440 juta atau sekitar 5,8 triliun Rupiah. Fantastis? Memang begitulah adanya. Angka yang didapat oleh Niantic Inc. ini bahkan mampu bersanding dengan keuntungan dari film-film besar Hollywood. Ambil contoh film Warcraft, yang tentunya merupakan film adaptasi dari game. Hingga saat ini saja Warcraft mengumpulkan keuntungan sekitar $430 juta atau masih terpaut $10 juta dari game ini. Terlebih lagi Niantic tidak memperlukan marketing atau promo yang setara dengan film Hollywood yang berarti mereka tidak banyak mengeluarkan uang pada awalnya, namun berhasil keuntungan tinggi dari Pokémon GO.

Dengan tingginya animo para pengguna mobile dan statusnya yang merupakan game tidak berbayar membuat game ini terus mendapatkan pemain baru setiap harinya. Lalu, mungkin kalian bertanya-tanya darimana jumlah keuntungan menakjubkan tersebut muncul bila gamenya sendiri gratis? Jawabannya adalah Pokécoin, yap sistem micro-transaction dalam game Pokémon GO dimana kamu bisa membeli koin dengan uang asli dalam jumlah tertentu untuk membeli berbagai macam item di dalam Shop yang tersedia. Kelihatannya tidak sedikit orang yang tidak mau bersusah-susah dalam permainan ini dan tidak terlalu ambil pusing untuk menggelontorkan uang mereka untuk membeli mata uang dalam Pokémo GO ini. Karena faktanya, Niantic Inc. berhasil mendapatkan keuntungan $4 juta setiap harinya dari semua pemain di seluruh dunia yang membeli Pokécoin tersebut.

Apabila kamu merasa bahwa demam Pokémon GO sudah lewat, kemungkinan kamu kurang benar. Karena game ini sendiri belum dirilis secara resmi di beberapa daerah dengan animo tinggi seperti Cina dan India. Belum lagi, niatan Niantic Inc. untuk mengaplikasikan Buddy system. Yaitu sistem dimana kamu nantinya akan memiliki satu Pokémon yang akan bertindak sebagai teman ketika kamu melakukan perjalanan dalam mencari Pokemon lainnya. Mirip seperti di serial animenya dimana Ash selalu ditemani oleh Pikachu. Yang pasti, dengan kesuksesan masif yang didapat oleh Pokémon GO ini, Nintendo kini berada di atas angin dengan naiknya semua hal yang bersifat Pokémon mulai dari game-game lamanya hingga game yang akan dikeluarkan nanti, yaitu Pokémon Sun & Moon.

Exit mobile version