Hanya Dalam 7 Minggu, Lebih Dari 1000 Game Baru Hadir Di Steam

Steam Logo Wallpaper 4k steam logo wallpaper as

Steam memang menjadi salah satu platform terdepan untuk menjadi tempat perilis game-game PC. Hampir seluruh gamer di dunia pasti memiliki Steam di dalam komputernya bukan ? Berbagai jenis game yang kalau ditotal mungkin sudah tak terhitung lagi jumlahnya tersedia lengkap melalui Steam dan bisa kalian beli atau mainkan kapan saja.

Sebelumnya, agar bisa merilis game ke Steam, para developer harus melewati fase Greenlight dimana game-game mereka akan dipasarkan terlebih dahulu melalui salah satu sistem Steam. Jika game tersebut berhasil mencapai target tertentu, maka nantinya game tersebut akan dirilis oleh Steam. Namun sistem tersebut diubah menjadi sistem yang dianggap lebih sederhana dan lebih menguntungkan pihak Steam.

Dimana sekarang kalian bisa memasukkan game karya kalian langsung menuju Steam tanpa melewati fase Greenlight. Sistem ini diberi nama Steam Direct, namun kalian  harus membayar per judulnya sebesar $100 yang dimana dulu merupakan biaya untuk membuat akun untuk Steam Greenlight yang memberikan kalian kesempatan mengupload sebanyak-banyaknya karya kalian kedalamnya.

Namun hal ini ternyata berujung manis bagi Steam, selain peningkatan pendapatan melalui perilisan game-game baru melalui Steam Direct. Tapi jumlah game yang berhasil mereka sajikan meningkat tajam dan bisa dibilang memecahkan rekor jumlah perilisan game terbanyak dari Steam sepanjang masa. Bayangkan, lebih dari 1000 game dirilis di Steam hanya dalam waktu 7 Minggu saja.


Bisa terlihat diatas, perubahan yang terjadi sangatlah drastis jika dibandingkan dengan data tahun lalu saat Steam masih menggunakan sistem Greenlight. Pertumbuhan 300% game yang rilis di Steam ini adalah kabar yang sangat baik bagi developer-developer game indie diluar sana dan juga Steam yang menjadi marketplacenya.

Apalagi kalau kalian melihat perilisan pada minggu pertama Agustus, kalian bisa lihat kalau pada awal bulan ini, sudah ada lebih dari 200 judul game yang dirilis di Steam. Melihat trennya yang masih naik dengan pesat, bisa saja rekor lebih dari 1000 game dalam waktu 7 minggu dapat terpecahkan lagi dalam waktu yang akan datang.

Kalau menurut kalian, apakah meningkatnya jumlah perilisan di Steam semenjak Steam Direct akan berdampak banyak pada sektor industri game dunia ? Yuk kita bahas bersama-sama di kolom komentar dibawah!

Exit mobile version