Harapan yang Gamer Inginkan Setelah Pengenaan Pajak PMSE Setelah Pandemi Maupun saat Pandemi

in , , , , , , , , ,
00311144
00311144

Di saat pandemi seperti ini para pemerintah sedang berupaya untuk mencari jalan keluar sekaligus penanganan yang lebih tepat agar pandemi ini di Indonesia berakhir, beragam kebijakan – kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah agar bisa menangani hal tersebut, selain itu pemerintah sedang berupaya untuk mempertahankan Ekonomi Indonesia agar bisa tetap stabil dan tidak terjadi penurunan akibat dari pandemi ini.

Bermacam – macam upaya telah dilakukan demi menjaga Ekonomi di Indonesia, baru – baru ini pun pemerintah di Indonesia telah membuat suatu kebijakan yang membuat para Gamer dibuat terkejut, karena pada tanggal 1 Juni 2020 dirjen pajak mengumumkan akan telah memberlakukan PPN pada perdagangan melalui sistem elektronik. Dalam artikel sebelumnya yang telah ditulis oleh Aru_Akasa

“Walaupun sebenarnya pajak ini tidak hanya mengenai game saja, namun seluruh bentuk transaksi digital yang melibatkan perusahan luar negeri, termasuk layanan streaming, aplikasi, serta jasa online. Namun, regulasi transaksi untuk selain belum terlalu jelas.” bisa dibilang seluruh bagian pun terkena bagiannya seperti, Netflix pun terkena pajak salah satunya.dalam bagian layanan streaming.

Pemerintah pun beralasan untuk menciptakan kesetaraan berusaha, bagi seluruh pelaku usaha baik dari dalam maupun dari luar negeri, yang telah disampaikan oleh Hestu Yoga Saksama, selaku Direktur Penyuluhan,dan Hubungan masyarakat Dirjen Pajak. Kali ini kami akan menjabarkan beberapa harapan yang kita semua inginkan apabila PPN 10% ini direalisasikan untuk sekarang dan Kedepannya.


1. Berikan Akses Netflix dan Web Yang Sudah Di Blokir

Telkom Blokir Netflix 735x400

Kita juga pasti tahu tentang diblokirnya Netflix di Indonesia, dan juga website – webstie yang penuh akan informasi yang berasal dari luar negeri salah satunya Reddit, atau website yang memerlukan Vpn untuk mengaksesnya ( Note : Bukan Website yang mengandung unsur 18+). Bisa dibilang keinginan yang satu ini cukup konyol, karena yang dibahas saat ini tentang perpajakan yang pastinya berhubungan dengan dirjen Pajak dan juga berhubungan juga dengan Menteri keuangan, tetapi bisa saja apabila dirjen pajak atau menteri keuangan mendengar hal tersebut, bisa disampaikan menuju Kemkominfo kita yang sudah memblokir Netflix, Reddit dan website lain, karena kita tahu beberapa pengguna Netflix atau pengguna Reddit dan lain – lain memerlukan VPN untuk masuk ke dalam website tersebut.


2. Industri Game Lebih Di Pedulikan Secara Serius

Pameran Game (foto 1)

Kali ini juga ada hubungannya dengan industri games, karena selain para pengguna situs streaming online seperti netflix atau pengguna jual beli barang melalui website luar, para Gamer pun terkena imbasnya juga yang mana apabila kita melakukan suatu Top up dalam suatu game, kita pun harus membayar pajak sebesar 10% yang dimasukkan kedalam PPN. Kita berharap setelah kita melewati pandemi ini, bila pajak ini masih direalisasikan kita menginginkan Industri Game terutama di Indonesia lebih dipedulikan secara serius, seperti membantu untuk mempermudah masalah finansial bagi developer – developer di Indonesia.


3. Ekspansi Esports Di Indonesia

Esport 20180922 214430

Esports di Indonesia pun kali ini bisa dibilang mulai populer, tetapi Esports di Indonesia bisa dibilang sudah terlalu mainstream, karena untuk saat ini pasar Indonesia masih populer pada Platform mobile, dibandingkan Platform PC yang mana pasar PC juga bisa menjadi pasar yang cukup besar. Nah disinilah peran Pemerintah untuk membantu Mengekspansi Esports di Indonesia dengan cara memberikan dukungan penuh terhadap turnamen – turnamen Esports di Indonesia. Karena PPN 10% tersebut bisa digunakan beberapa persen untuk membantu Turnamen – turnamen Esport di Indonesia pada Platform PC, agar Esports di Indonesia bisa mendunia.


4. Jangan Sampai Kebijakan Tersebut Digunakan Hanya Pada Saat Pandemi

5e7c626d24bbb

Kita tahu pajak tentang 10% tersebut bisa dibilang hadir secara mengejutkan pada saat pandemi Covid 19 ini, karena sebelumnya kita belum pernah mendapatkan berita yang mengejutkan bagi para pemain Game dan juga pengguna Applikasi Streaming dan lainnya. Tetapi yang kita khawatirkan yaitu, peraturan ini yang berkemungkinan hanya ada pada saat pandemi saja, jadi kita harap kebijakan tersebut bisa terus ada dengan tujuan, bisa digunakan ke dalam pengembangan Industri Game Indonesia, menyediakan layanan Streaming yang lebih baik dan nyaman untuk digunakan atau membantu perekonomian Indonesia agar lebih baik lagi.


5. Para Pelaku Usaha Di Dalam Negeri Semoga Bisa Meroket

2358878189

Kali ini kita melihat pada sisi pemerintah, yaitu bertujuan untuk menciptakan keadilan dan kesetaraan bagi para pelaku usaha dari dalam dan luar negeri, tetapi sebagian pelaku usaha di Indonesia kalah populer dengan yang berada dari luar negeri. Kita harap untuk kedepannya apabila aturan tersebut masih direalisasikan para pelaku Dalam negeri pun bisa meroket, atau bisa mendunia.


Nah, itulah 5 Harapan – Harapan Yang Kita Inginkan Setelah Pengenaan Pajak PMSE Setelah Pandemi Maupun Saat Pandemi, bagaimana menurut kalian ? Apakah kalian setuju dengan harapan – harapan diatas ? Silahkan tulis pada kolom komentar yaa.


Baca juga artikel lain terupdate dari Gamebrott, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, MontirMonyet.


For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Daffa Dhiya

Written by Daffa Dhiya

Seorang Manusia yang lahir di bulan Desember, saat kecil sering memainkan game - game konsol, dan kini berpindah menuju PC dan mempunyai kesenangan terhadap Racing games, dan Adventure, Interactive games.

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.