Harga GPU Kembali Merangkak Naik Meski Suplai Bertambah

Harga Gpu Merangkak Naik

Setelah sebelumnya sempat menunjukkan tanda-tanda penurunan pada bulan sebelumnya, namun harga GPU NVIDIA dan AMD kembali merangkak naik. Berdasarkan laporan yang berhasil dikumpulkan oleh 3DCenter, sementara ini suplai dan ketersediaan GPU kini telah bertambah. Namun, permasalahan harga masih belum menunjukkan penurunan yang berarti.

Efek Cryptomining Atau Permasalahan Lainnya?

Seperti yang kita ketahui, aktivitas cryptomining memang memiliki bagian dalam menaikkan harga GPU, dan dampaknya langsung terasa. Namun, sepertinya terdapat permasalahan lain yang turut menyumbang betapa sulitnya memulihkan harga GPU untuk saat ini.

Setelah ledakan cryptomining, pasar GPU masih terlihat kepayahan untuk dapat memulihkan harga. Permasalahan lainnya adalah kendala pasokan yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 yang menghambat industri tersebut.

Dikarenakan faktor-faktor tersebut, harga GPU kembali merangkak naik , bahkan hingga 9% lebih mahal bila dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. GPU NVIDIA kini bertambah mahal sekitar 9%, dan GPU AMD bertambah mahal sekitar 5%.

Meskipun terlihat kecil, namun hal ini mematahkan harapan penurunan harga GPU mengingat ini merupakan kenaikan harga terbesar sejak Mei 2021.

Ketersediaan GPU Masih Belum Mencukupi?

Selain permasalahan di atas, dilaporkan juga ketersediaan GPU saat ini dirasa masih belum mencukupi kebutuhan pasar. GPU seperti Radeon RX 6000 dan RTX 3000 sangat sulit untuk ditemukan di pasaran. Khususnya GPU AMD RX 6800 yang saking langkanya tidak dapat lagi kamu temui di pasaran saat ini.

Indikasi pembatasan dikarenakan COVID-19 sekali lagi agaknya menjadi penghalang betapa sulitnya melakukan pemulihan harga dan ketersediaan. Ditambah TSMC yang akan memberlakukan kenaikan harga chip 7nm, agaknya akan semakin membuat mahal harga GPU untuk saat ini.

Kenaikan harga 10% oleh TSMC ini akan sangat berdampak pada GPU AMD yang memang bekerja sama dengan TSMC.

Di sisi lain, NVIDIA masih bergantung pada Samsung dengan chip 8nm yang mereka gunakan untuk GPU RTX 3000.

Meski suplai bertambah, namun ketersediaan GPU di pasaran saat ini masih dirasa kurang mencukupi kebutuhan pasar. Bila hal ini terus berlangsung, penurunan harga tidak akan terjadi setidaknya dalam waktu 2-3 tahun ke depan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.comTags:

Exit mobile version