Harga Modul Memori GDDR6 Turun Drastis, 8GB Hanya Dibanderol 400 Ribuan Rupiah!

Harga Modul Memori Gddr6

Saat ini, kami merasa mayoritas gamer atau content creator masih gunakan VGA dengan GDDR6 karena sudah tergolong mumpuni. Namun, apakah kalian mengetahui harga modul memori GDDR6 kini turun drastis, dan kapasitas 8GB kini hanya dibanderol 400 Ribuan Rupiah?

Ini Penyebab Harga Modul Memori GDDR6 Turun Drastis

Bila kita kaitkan penyebab harga modul memori GDDR6 yang turun drastis ini dengan harganya saat ini, kemungkinan erat sekali kaitannya dengan permintaan akan VGA yang memang terbukti menurun belakangan ini.

Termasuk di antaranya faktor “kelangkaan” yang sempat meneror gamer dan content creator, kemungkinan turut menyumbang harga modul memori GDDR6 ini turun drastis. Informasi terkait turunnya harga dari memori GDDR6 ini kami lansir dari 3DCenter, yang menyertakan tabel data secara akurat dan terperinci.

Makin lama makin turun aja

Di antara modul memori yang ramai digunakan adalah kapasitas 8GB, yang dulunya dibanderol 1 Jutaan Rupiah atau 190 Ribuan Rupiah per 1GB-nya, kini hanya dibanderol 400 Ribuan Rupiah atau 50 Ribuan Rupiah per 1GB-nya.

Kebijakan yang pastinya lain untuk menentukan harga jual

Walau sebenarnya harga ini tidak bisa kita samaratakan karena harga di pasar bebas tentu tidak bisa kita samakan dengan harga yang dibanderol oleh raksasa sekelas Micron, Samsung, dan SK Hynix.

Keuntungan dari turunnya harga memori GDDR6 ini tidak lain dan tidak bukan untuk memudahkan kita bilamana memori atau VRAM yang tertanam pada VGA rusak dan butuh replacement supaya dapat berfungsi kembali.

Modul Memori 16GB GDDR6 Masih Mahal

Bila berdasarkan harga modul memori GDDR6 yang kini turun drastis, nampaknya masih belum ada alasan untuk menurunkan harga dari modul memori yang lebih besar, termasuk di antaranya 16GB.

Harga dari RTX 3060 12GB masih saja di kisaran 4 Jutaan

Menariknya, penurunan harga dari modul memori ini seolah tak berimbas pada harga VGA yang ada di tanah air. Salah satu contohnya adalah RTX 3060 12GB yang kini masih saja dibanderol 4 Jutaan Rupiah, dan belum ada tanda-tanda akan turun ke 3 Jutaan Rupiah (ngarep).

Bisa disimpulkan, menambah kapasitas atau modul memori GDDR6 ke dalam VGA itu tidak semudah yang kita bayangkan, loh. Walau mudahnya kita cukup menambahkan dua modul 8GB sebanyak dua buah pada PCB, namun tetap saja hal ini tidak dilakukan oleh manufaktur, terutama NVIDIA.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version