Harga Mulai Turun, Tanda Pasokan GPU akan Kembali Normal?

Gpu Turun

Para Gamers boleh bersenang hati, karena memasuki kuartal ketiga tahun 2021, GPU AMD dan NVIDIA menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Berdasarkan cuitan terbaru dari 3DCenter, masa kegelapan nampaknya akan segera berakhir dan pasokan GPU terlihat kembali normal seperti yang terjadi di Eropa.

Pemulihan Harga dan Ketersediaan GPU

Sebagaimana yang kita ketahui, semenjak tahun 2020 harga GPU naik hampir tiga kali lipat dari harga normal. Selain permasalahan suplai dan ketersediaan barang, banyaknya permintaan terutama dari miner, menyebabkan kenaikan harga yang masif untuk semua merek GPU.

Harga GPU diperkirakan tidak akan turun secepat kenaikan di bulan-bulan sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh penimbun yang membeli GPU dengan harga tinggi, dan sekarang mereka enggan menjual dengan harga rendah. Tidak menutup kemungkinan distributor akan menurunkan harga pada kemudian hari.

Berdasarkan grafik di atas, GPU dari NVIDIA menyentuh harga 3 kali lipat, sementara GPU AMD menyentuh harga 2 kali lipat. Sepertinya penurunan harga GPU di pasaran tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Berkat Bantuan GeForce RTX 30 Limited Hash Rate

Penambangan Cryptocurrency menghabiskan pasokan GPU, dan NVIDIA mengatasinya dengan merilis GeForce RTX 30 LHR yang dikatakan mampu membatasi performa penambangan. SKU GPU terbaru yang masih dalam tahap uji coba ini bertujuan untuk membatasi tingkat hash dalam algoritma penambangan.

Jika GPU LHR ini berhasil membatasi algoritma penambangan, maka kita dapat melihat harga akan perlahan kembali normal. Tetapi semua butuh waktu yang tidak sebentar, karena GPU LHR masih perlu diproduksi dalam jumlah besar untuk memenuhi permintaan pasar.

Akan Terjadi Perang Harga GPU

Dikarenakan masih banyaknya stok NVIDIA Non-LHR yang tersedia di pasaran, celah ini bisa dimanfaatkan oleh para penimbun. Dengan harga yang lebih tinggi karena GPU Non-LHR ini masih diminati oleh penambang Cryptocurrency.

Saat ini kemungkinan ada perang harga yang dilakukan oleh beberapa penimbun untuk kembali menormalkan harga. Namun, masih harus dilihat apakah bertahan dalam waktu yang lama atau tidak.

Sudah saatnya kita mendengar angin segar karena banyak Gamer yang harap-harap cemas untuk mendapatkan GPU terbaru. Semoga dengan fitur baru tersebut, harga dan stok kembali normal dalam waktu dekat yah, brott.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version