Harga VGA NVIDIA Dikabarkan Naik, Pertanda Kelangkaan Lagi?

Harga Vga Nvidia

Sepertinya tahun 2024 ini akan dimulai dengan kelangkaan kartu grafis dari NVIDIA. Padahal pasar baru saja sedikit demi sedikit pulih dari kelangkaan massal yang terjadi beberapa tahun lalu.

Bedanya kali ini bukan soal kripto yang mengundang terjadinya kelangkaan. Melainkan bisa jadi karena fokus NVIDIA yang tidak lagi tertuju pada pasar gaming dan bergeser ke pasar yang lebih menggiurkan.

Harga VGA NVIDIA di Pasaran Dikabarkan Naik

Kabarnya seri 40 semua alami kenaikan harga

Berbagai laporan mengatakan kalau banyak yang merasakan supply kartu grafis NVIDIA di pasar sudah mulai menipis. Melansir dari situs Taiwan MyDrivers, dikabarkan kalau pada Q4 2023 banyak tipe kartu grafis NVIDIA yang perlahan menipis stoknya.

Walaupun tidak disebutkan generasi keberapa, namun kemungkinan besarnya yang dimaksud adalah kartu grafis generasi terbaru seri 4000. Dimana beberapa saat lalu memang dikabarkan sedang alami kelangkaan di negara-negara Asia pasifik.

Kini, kelangkaan dimaksud juga sudah menyebar ke Eropa dan Amerika Serikat. Dengan stok menipis dan harga yang kian naik, bukan tidak mungkin kelak harga generasi sebelumnya juga akan bergerak menuju puncak.

Lebih Fokus ke Data Center Ketimbang Gamer

Bisnis data center lebih menggiurkan

Walau tidak dijelaskan mengapa bisa terjadi, tapi berbagai sumber memprediksikan hal ini disebabkan karena NVIDIA yang lebih fokus untuk chip data center dibanding menjualnya kepada gamer.

Memang benar, hal ini lebih mendatangkan profit bagi NVIDIA dan mereka tidak salah melakukan itu. Tapi, ini bisa saja berarti kelangkaan seri GeForce akan kembali dirasakan gamer. Tinggal berharap kalau kelangkaan ini tidak akan menimbulkan kenaikan harga yang luar biasa seperti kasus kripto beberapa tahun lalu. 

Bagaimana menurut kalian soal kenaikan harga kartu grafis dan kelangkaan ini? Apakah akan separah 2021 lalu atau tidak? Coba berikan pendapat kalian soal ini ya brott?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version