Harga VGA Terbaru Intel Dilaporkan akan Berkisar 1,5 Sampai 7 Juta Rupiah

Intel ARC Alchemist GPU 1

Sumber Foto: Wccftech

Pada pertengahan Agustus kemarin, Intel baru saja mengumumkan bila mereka siap berperang di pasar VGA dengan membawa divisi grafisnya yakni Intel Arc yang direncanakan akan masuk pada kuartal pertama tahun 2022 mendatang.

Melalui acara Intel Gaming yang disiarkan melalui YouTube, Martyn Stroeve selaku Intel Graphics product team mengumumkan bahwa Intel Arc akan mempunyai codename yang berbeda tiap generasinya. Yakni Intel Alchemist, Battlemage, Celestial, dan Druid.

Sayangnya ketika memasuki bagian akhir pada acara tersebut, Intel hanya memperlihatkan sedikit penayangan bagaimana VGA mereka berjalan pada sejumlah game seperti Forza Horizon 4, PUBG, Psychonauts 2, dan Metro Exodus. 

Setelah hampir satu bulan lamanya sejak video pengenalan Intel Arc rilis, baru-baru ini Videocardz telah mendapatkan bocoran berupa sebuah slide presentasi yang memperlihatkan harga beserta dengan kedudukan VGA Intel bersama kompetitornya. 

Melalui slide di bawah ini, sepertinya VGA Intel DG2 Alchemist akan mempunyai dua buah varian dan juga target pasar yang berbeda.

Sumber: Videocardz

Mulai dari SOC2 (75W) dengan harga yang diperkirakan akan berkisar di 100 hingga 270 USD atau sekitar 1,4 juta rupiah sampai 3,8 juta rupiah. Berdasarkan gambar yang Videocardz perlihatkan, SOC2 sepertinya akan bersaing dengan GTX1650 Super milik kubu hijau. 

Berbeda dengan SOC2, SOC1 (175-225W) sepertinya akan ditujukan untuk para gamer yang mengincar performa. Karena SOC1 ditempatkan pada harga sekitar 300 hingga 500 USD atau sekitar 4,2 sampai 7 juta rupiah.

SOC1 ini juga nampaknya akan bersaing dengan sejumlah VGA teranyar milik kubu merah maupun kubu hijau, seperti RTX 3060, Radeon RX 6600XT, RTX 3060 Ti, bahkan hingga RTX 3070 dan 6700XT. 

Sumber: Videocardz

Perlu diingat, walau slide yang diberikan Videocardz terlihat “cukup” meyakinkan, kita harus menunggu hingga Intel mulai buka bicara mengenai performa ataupun harga yang diberikan pada VGA teranyar mereka.

Mengingat Intel sendiri berencana akan memberikan informasi VGA Intel DG2 atau Alchemist pada kuartal pertama di tahun 2022 mendatang. 


Baca lebih lanjut tentang Intel, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Daffa Dhiya. For press release and further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version