7 Alasan Kenapa Harvest Moon A Wonderful Life adalah Seri Game Terbaik di Masanya

Harvest Moon A Wonderful Life

Harvest Moon A Wonderful Life – Kalau bicara tentang judul Harvest Moon terbaik, pasti kalangan gamer 2000-an bakal bilang Harvest Moon Back to Nature. Memang gak salah, Harvest Moon Back to Nature punya dampak yang cukup signifikan di kalangan gamer Indonesia tahun 2000-an. Tapi, ada satu judul lainnya yang gak kalah oke, lho. Yap, namanya Harvest Moon A Wonderful Life.

Rilis dengan sub-judul yang berbeda-beda, Harvest Moon menghadirkan fitur yang beragam juga antara satu sub-judul dengan yang lainnya. Dalam fandomnya sendiri, Harvest Moon A Wonderful Life disebut-sebut sebagai Harvest Moon terbaik yang memiliki fitur-fitur superior dibanding game Harvest Moon lainnya.

Penulis sendiri salah satu dari fans yang setuju kalau A Wonderful Life jadi entry terbaiknya Harvest Moon.

Harvest Moon Back to Nature versi Bahasa Indonesia oleh Tim PALAPA

Siapa sih, yang gak kenal Harvest Moon? Serial game besutan Marvelous dan Natsume ini sempat menjadi salah satu game nostalgia yang cukup mainstream tahun 2000-an di Indonesia. Bahkan hingga 2010 ke atas, nama dari game ini masih sempat trending di kalangan gamer hingga akhirnya Marvelous dan XSEED Games membubuhi nama baru yakni Story of Seasons.

Di Indonesia sendiri, Harvest Moon banyak dikenal oleh gamer yang memainkan konsol PS1 dan PS2. Kalian juga pasti gak jarang menjumpai game ini di rental PS dulu. Popularitas game ini jadi pembuka gerbang video game bertema farming sim di tahun-tahun berikutnya seperti Stardew Valley.

Ketenaran game ini di Indonesia juga bisa jadi didasari dengan hadirnya Harvest Moon Back to Nature versi Bahasa Indonesia yang diterjemahkan oleh tim PALAPA. Hal tersebut tentu membuat game ini menjadi lebih menarik bagi gamer Indonesia untuk larut dalam gameplay yang menggunakan bahasa ibu.

Alasan Kenapa Harvest Moon A Wonderful Life adalah Harvest Moon Terbaik

Memang bukan hanya satu dua sub-judul Harvest Moon yang rilis di era 2000-an. Marvelous hampir merilis game Harvest Moon ke konsol-konsol yang ada saat itu seperti PS1, PS2, GameCube, Nintendo Wii, dan sebagainya.

Dari banyaknya game Harvest Moon, A Wonderful Life berhasil meninggalkan kesan yang paling membekas di antara fans-nya, termasuk penulis. Penasaran kenapa? Berikut penulis jabarkan alasannya!

1. Storyline yang Mengharukan

Plot dalam Opening

Dalam A Wonderful Life, kamu sebagai karakter utama diwariskan kebun oleh ayahmu yang sudah berpulang. Takakura, teman dari ayahmu, akan membantumu mencari tujuan hidup sebagai petani dengan membenahi kebun tersebut. Hal ini Ia lakukan atas dasar empatinya terhadap hidup sang karakter utama di kota yang tidak memiliki arah dan tujuan.

Dalam beberapa cutscene, pemain akan diperlihatkan dengan isi hati Takakura yang seolah sedang menceritakan perjalanan hidupmu di kebun. Takakura sering kali menyampaikan rasa bangganya atas pencapaianmu sebagai petani.

Tak hanya sampai di situ, premis tentang mencari arah dan tujuan hidup ini akan diwariskan kepada karakter utama dan anaknya kelak. Pemain bisa memberikan dorongan untuk sang anak agar bisa memilih tujuan hidup ketika dewasa. Karakter utama dan pasangannya dapat menua dan menyaksikan warga desa lainnya tumbuh tua juga. Mengharukan, bukan?

2. Semi Open World

Salah satu area di Forget-Me-Not Valley (credits to tumblr.com/Harumoon)

Game yang mulanya dirilis untuk GameCube pada tahun 2003 ini cukup unik dibandingkan game Harvest Moon lainnya. Pasalnya, pemain akan disuguhi area-area pedesaan kecil bernama Forget-Me-Not Valley tanpa sekat antara satu area ke area lainnya. Yap, kamu tidak perlu menatap layar loading yang memakan waktu kecuali ketika memasuki bangunan dan area tertutup lainnya.

Mungkin bisa disebut sebagai semi open world, karena pada dasarnya game open world sendiri bukan cuma tentang loading screen. Aspek lain seperti kebebasan untuk berinteraksi dengan objek yang disediakan dalam game juga menjadi penentu. Seperti My Time at Portia contohnya, di mana pemain dapat dengan bebas menebang pohon yang ditemukan untuk mengumpulkan material.

3. Satu-satunya Game Harvest Moon yang Bisa Menua

Salah satu karakter yang menua

Seperti yang penulis singgung sebelumnya, selain karakter utama dan pasangannya, NPC di dalam game juga bisa menua, lho! Karakter-karakter dalam Harvest Moon A Wonderful Life akan menunjukkan kerutan di wajahnya serta rambut yang memutih. Karakter yang dulunya masih kecil juga akan beranjak dewasa. Realistis, ya!

4. Dinamika Rumah Tangga (Post Marriage Event)

Karakter Celia yang dapat dipinang

Karena dalam plotnya mengharuskan pemain untuk menikah di akhir chapter 1, jadi sudah pasti di chapter-chapter berikutnya pemain akan serumah dengan pasangan dan anak. Hal ini kemudian memunculkan serangkaian event unik antara pemain dan keluarganya.

Dalam beberapa event, pemain akan dihadapkan dengan pilihan yang akan memengaruhi karir sang anak ketika sudah dewasa. Mulai dari jadi musisi, pelukis, ilmuwan, atau bahkan petani yang akan meneruskan nasib kebunmu kelak.

Eits, kamu sebagai karakter utama juga harus menjaga keharmonisan rumah tanggamu. Jika tidak, pasangan dan anakmu akan meninggalkanmu dan kamu harus memenangkan hati mereka lagi. Wah, mirip hubungan di dunia nyata nih, brott!

5. Heart Level Calon Istri yang Tersembunyi

Lokasi diary Celia

Untuk kalian yang baru memainkan game ini, pasti akan kebingungan untuk melihat tingkat hati calon istri. Tidak seperti game Harvest Moon atau Story of Seasons biasanya, di mana pemain dengan mudah bisa cek heart level mereka melalui dialogue box atau menu.

Dalam game ini, pemain harus masuk ke kamar mereka dan mengecek diary yang mereka sembunyikan untuk tahu seberapa tertariknya mereka terhadap karakter utama. Gimmick ini menurut penulis cukup memberikan warna dalam sistem heart level yang monoton dan predictable dari entry lainnya.

6. Variasi Tanaman Hybrid

Cuplikan remake dari Harvest Moon A Wonderful Life

Harvest Moon A Wonderful Life jadi game satu-satunya yang menyediakan fitur fusion untuk benih tanaman sehingga menghasilkan tanaman hybrids. Setelah melewati chapter pertama, pemain dapat memanfaatkan makhluk unik bernama Tartan untuk mengombinasikan benih-benih generasi pertama dan kedua.

Hasil fusion dari dua jenis benih generasi pertama disebut sebagai second generation seeds (benih generasi kedua). Sedangkan, hasil fusion dari dua jenis second generation seeds akan menghasilkan third generation seeds (benih generasi ketiga).

7. Perawatan Hewan Ternak yang Realistis

Cuplikan remake dari Harvest Moon A Wonderful Life

Dalam sub-judul ini, pemain bisa mendapati hewan ternak dalam keadaan yang kotor sehingga pemain bisa memandikan dan menyikatnya seperti halnya di dunia nyata. Untuk mengembangbiakkan hewan ternak, pemain juga harus memiliki hewan ternak jantan dan betina untuk dikawinkan.

Tapi jangan khawatir, kalau kamu cuma punya hewan ternak betina, kamu bisa menyewa hewan ternak jantan yang akan dibawa oleh Takakura untuk proses pengembangbiakkan. Jadi, gak hanya pakai miracle potion seperti biasanya nih, brott!

Itulah alasan kenapa Harvest Moon A Wonderful Life jadi game yang menurut penulis patut disebut superior dan terbaik pada zamannya. September lalu, Marvelous dan XSEED Games mengumumkan bahwa versi remake dari Harvest Moon A Wonderful Life akan hadir di 2023 dengan nama Story of Seasons A Wonderful Life. Jadi gak sabar!


Baca juga informasi menarik Gamebrott terkait Harvest Moon, Story of Seasons, dan artikel lainnya dari Dimas Ponco. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version