Hasil Benchmark Flagship Intel Alder Lake Buktikan Hampir Ungguli Flagship AMD

Intel Alder Lake

Sebelumnya, dikabarkan dari Wccftech bahwa flagship Intel Generasi Ke-12 Alder Lake berhasil ungguli flagship AMD dalam kemampuan single-thread. Tidak ingin dianggap hanya kuat dalam single-thread, kali ini flagship Intel Alder Lake buktikan hampir ungguli flagship AMD dalam multi-threading.

Hampir Ungguli Flagship AMD

Intel memang dikenal dengan kemampuannya yang terbilang kuat dalam single-thread berkat kecepatan dan teknologi yang ditawarkannya, membuatnya cocok untuk gaming. Di lain sisi, AMD tawarkan kemampuan multi-thread untuk memudahkan penggunanya dalam content creation, seperti video editing.

Namun, sepertinya Intel tidak ingin berpuas diri dengan kemampuannya dalam single-thread tersebut. Hal ini dibuktikan dengan hasil benchmark flagship Intel Alder Lake, i9-12900K yang buktikan hampir ungguli flagship dari AMD R9 5950X. Bukan dalam skenario single-thread, melainkan dalam skenario multi-thread, di mana AMD biasanya selalu unggul dari si biru ini.

Hasil tersebut bahkan diperkuat oleh seorang pengguna Twitter, @9550Pro yang juga memberikan hasil benchmark Intel Generasi Ke-12 tersebut.

Selain itu, seorang pengguna dari Bilibili juga turut sertakan hasil benchmark dari Intel Alder lake untuk semakin meramaikan hype dari Intel ini.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Musuh Utama Intel Adalah Suhu

Berbicara performa yang ditingkatkan, tentu ada sesuatu yang harus dikorbankan, ditambah, atau mungkin dikurangi. Teruntuk Intel, performa tinggi dalam skenario multi-thread tersebut harus ditebus dengan suhu yang terbilang cukup ganas untuk dijinakkan. Faktor ini merupakan hal yang harus diperhatikan secara serius oleh Intel agar dapat bersaing dengan AMD ke depannya.

Dari hasil benchmark di atas, dapat kita lihat bersama bahwa konsumsi daya (CPU Package) dari i9-12900K hampir menyentuh angka 260W. Dengan suhu prosesor yang hampir menyentuh 110c, sepertinya memang Intel harus memutar otak untuk dapat menghasilkan performa maksimal, namun dengan suhu yang lebih manageable.

Gimana brott? Walau selisihnya tidak terlalu banyak, namun sepertinya harga yang harus ditebus oleh Intel cukup berat, terutama konsumsi daya dan suhu. Tentu, hal ini tidak menutup ke depannya bahwa si biru akan melakukan pendekatan terbaru untuk menyaingi si merah.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version