Hasil Benchmark Tunjukan Intel Alder Lake i9-12900K Jauh Lebih Unggul dari Ryzen 9 5950X

Intel Generasi Ke 12 I9 12900k

Prosesor Intel Generasi Ke-12 sudah mulai beredar di pasaran, dan begitu pula dengan hasil benchmark yang berseliweran di dunia maya. Tidak tanggung-tanggung, prosesor teranyar dari Intel i9-12900K yang masuk kategori flagship ini ternyata berhasil tundukkan Ryzen 9 5950X.

Hasil ini sebenarnya cukup mengagetkan, mengingat prosesor AMD 5000 termasuk cukup kuat dan susah dilawan. Meski demikian, hal ini agaknya bukan penghalang bagi Intel untuk merebut tahta yang pernah direbut.

Intel Pamerkan Kekuatan?

Hasil ini ditunjukan berdasarkan benchmark yang dilakukan oleh seorang pengguna Bilibili, Laodi Yihao. Benchmark ini dilakukan berkali-kali dalam pengujian single-thread, yang selalu berakhir didominasi oleh Intel dengan selisih performa sebesar 27%.

Prosesor Intel Generasi Ke-12 i9-12900K memang merupakan prosesor unggulan dari keluarga Alder Lake dengan tawarkan 16 Core dan 24 Thread. Hasil yang berhasil dicapai cukup mengejutkan, mengingat sampai saat ini masih belum ada prosesor yang mampu saingi Ryzen 9 5950X.

Dengan TDP sebesar 125W (PL1) dan 228W (PL2), prosesor yang gunakan socket terbaru ini bahkan mampu taklukkan Ryzen Threadripper sekalipun. Namun, perlu diperhatikan bahwa kami tidak dapat melihat spesifikasi perangkat yang digunakan untuk mengalahkan monster dari AMD ini.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Peningkatan Performa Untuk Rebut Tahta

Ditambah dari Wccftech, prosesor Intel Alder Lake ini setidaknya menawarkan peningkatan performa sebesar 19-21% untuk rebut tahta. Meskipun demikian, masih tidak ada jaminan benar atau tidaknya hasil pengujian ini. Namun, satu hal yang pasti adalah Intel i9-12900K memang terbukti mampu mendominasi prosesor apapun dengan selisih hingga 30%.

Gambar dari seorang pengguna Twitter, @TUM_APISAK di atas menunjukkan bahwa prosesor terbaru dari Intel masih kurang sempurna dibanding pendahulunya. Namun, peningkatan masif dalam AVX2 meski tidak mendukung AVX-512 menjadi pertimbangan lebih dalam peningkatan performa ini.

Memang, hasil benchmark yang ada di atas tidak menyertakan performa dari multi-core prosesor teranyar kubu biru tersebut. Tapi berdasarkan grafik tersebut, Intel 9-12900K sudah lebih dari mampu untuk taklukkan AMD AM4.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version