Hasil Sidang Epic Games vs Apple: Tidak Ada yang Menang

Epic Vs Apple
Namun Epic Games harus membayar ganti rugi.

Berawal dari kapitalisasi Apple dan tak bolehnya Fortnite miliki pembayaran terpisah dari tokonya, Epic Games kemudian menyerang perusahaan pembuat iOS tersebut hingga ke meja hijau.

Persidangan memang berjalan selama beberapa waktu, namun akhirnya drama keduanya menemui titik terang.

Melansir The Verge, putusan hakim hari ini akhirnya jelaskan bahwa kedua perusahaan baik Apple maupun Epic Games bersalah dan tak ada yang menang dalam kasus tersebut.

Hakim Yvonne Gonzalez-Rogers membela Apple secara keseluruhan dalam bidang bisnis bahwa Apple bukanlah perusahaan “antitrust monopolist” dalam pasarnya. Dari sini ia putuskan bahwa Epic wajib membayar kerugian akibat pembayaran pihak ketiga Fortnite versi iOS.

Sementara Apple kalah karena setelah persidangan mereka harus perbolehkan developer untuk memberikan link pembayaran pihak ketiga di software maupun gamenya. Ini juga termasuk tombol metadata, link eksternal, dan hal lain yang berhubungan dengan pembayaran.

Usai persidangan, Tim Sweeney selaku bos Epic Games jelaskan bahwa tidak ada kemenangan untuk developer dan konsumen. “Epic berjuang untuk kompetisi yang adil dalam urusan metode pembayaran di dalam aplikasi dan app store yang berisi miliar-an konsumen. Fortnite akan kembali ke iOS App Store ketika Epic bisa memberikan metode pembayaran dalam gamenya demi kompetisi yang adil dengan metode pembayaran Apple”, imbuhnya.

Sederhananya, Epic kalah karena harus membayar ganti rugi mengingat sebelumnya Fortnite secara ilegal memberikan metode pembayaran pihak ketiga yang tak melalui Apple sama sekali.

Namun Apple juga mengikuti kekalahannya karena mereka harus memperbolehkan developer membuat pembayaran pihak ketiga agar kompetisi bisnis antar developer dan Apple adil.

Sayangnya, player menjadi yang paling dirugikan karena tak bisa memainkan Fortnite via iOS hingga Apple memberikan opsi tersebut.


Baca lebih lanjut tentang Epic Games, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version