Hati-Hati!Beredar Hoaks Gratis Kuota 100GB Di Aplikasi WhatsApp

hoaks e1586158870767

ilustrasi

Ditengah pandemik virus Corona ternyata masih saja ada orang yang ingin memanfaatkan keuntungan untuknya pribadi. Seperti baru-baru ini beredar pesan gratis Kuota sebesar 100GB untuk semua operator beredar di masyarakat melalui aplikasi perpesanan Whatsapp.

Didalam pesan hoaks yang beredar itu, dikatakan jika kamu akan bisa mendapatkan kuota 100GB secara gratis, yang memiliki masa aktif hingga 90 hari. Mereka juga menyebutkan “Untuk melawan virus Corona, kami menawarkan Anda 100 GB koneksi internet gratis untuk tetap di rumah dengan selamat dan menikmati internet.”

Kemudian, ada juga pesan yan berbunyi”Dapatkan Internet Gratis 100 GB Selama 90 Hari. Untuk semua operator. Klik di bawah untuk mengaktifkan sekarang,” begitu isi pesan tersebut diakhiri dengan sebuah link yang domainnya xyz.

Atas beredarnya pesan tersebut, kami kemudian mengkonfirmasi kepada operator telekomunikasi. Kemudian mereka menanggapinya dengan berkata jika “Itu tidaklah benar, kami tidak pernah memberikan promo tersebut” Ujar Telkomsel kepada Gamebrott.

Dilansir dari situs resmi milik Kominfo, Senin (6/4/2020), Faktanya, CEO Digital Forensic Indonesia Ruby Alamsyah menyatakan bahwa pesan tersebut adalah hoaks. Ruby menjelaskan bahwa pesan tersebut merupakan modus kejahatan siber untuk mencuri kontak-kontak hingga browsing history korban, apabila klik link dalam pesan tersebut.

Dengan demikian maka sudah bisa dipastikan jika pesan yang beredar tersebut adalah hoaks semata, sehingga kamu tak perlu mempercayainya, bahkan menekan link yang dituju, karena akan berbahaya bagi data milikmu.

Sebelumnya, di Inggris juga tengah ramai diperbincangkan oleh para masyarakat karena disana tengah beredar mengenai hoaks virus Corona yang disebar melalui tower BTS. Sehingga membuat beberapa masyarakat Inggris nekat membakar tower-tower BTS 5G yang sangat disayangkan oleh pemerintah.

 


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang Game dan tech dari Rizki.

Exit mobile version