Heboh Coronavirus, Jumlah Download Plague Inc. Naik Drastis di Cina

plague inc

Plague Inc merupakan game strategi dimana pemain harus mencari cara untuk menciptakan dan memutasi patogen fiksi yang mereka ciptakan lalu menyebarkannya seluas mungkin. Game dirilis pada pada tahun 2012 silam untuk mobile dan versi PC menyusul di tahun 2015. Popularitas game mendadak naik kembali setelah viralnya Coronavirus yang terjadi di Wuhan, Cina.

Dilansir dari BBC, Plague Inc telah raik peningkatan pesat dalam jumlah download khususnya di Cina semenjak 22 Januari lalu, tepat dimana Coronavirus mulai menjadi pembicaraan besar disana. Sebagian memainkan game karena topiknya yang sama dengan berita terhangat yang tengah terjadi, sebagian memainkannya untuk pelajari bagaimana simulasi tersebar luasnya sebuah virus, dan tak sedikit juga memainkannya sebagai lelucon dan menenangkan diri mereka dari kepanikan situasi di dunia nyata.

Sang kreator game, James Vaughan, menjadi incaran media setelah game mendadak relevan kembali di internet. Vaughan hanya dapat menyarankan untuk tidak memandang game buatannya sebagai representasi tepat akan sains dan juga epidemik. Dirinya juga ikut khawatir akan Coronavirus yang terus tersebar tak hanya di Cina tetapi juga ke luar negara tersebut.

“Plague Inc. telah rilis 8 tahun lalu dan setiap kali ada kejadian luar biasa melibati sebuah penyakit, kami melihat adanya kenaikan jumlah pemain, sebagaimana orang ingin lebih kenal akan bagaimana sebuah penyakit dapat menyebar dan mengerti kompleksitas dari perjangkitan yang viral.

Kami secara spesifik mendesai game serealistik dan seinformatif mungkin, tanpa ingin menjadi membuat sensasi akan isu serius di dunia nyata. [Game] telah dikenal oleh CDC dan organisasi kesehatan ternama lainnya di seluruh dunia.

Akan tetapi, selalu ingat bahwa Plague Inc. hanyalah game, bukan model saintifik dan Coronavirus merupakan situasi yang sangat nyata dan telah berdampak pada banyak orang. Kami selalu merekomendasi pemain untuk mendapatkan informasi secara langsung dari badan kesehatan lokal maupun global.”


Baca pula informasi lain terkait Android beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Exit mobile version