Hideo Kojima Bagikan 5 Game Favoritnya Sepanjang Masa

in

Seorang developer tentu miliki game-game favorit mereka sendiri diluar dari yang mereka buat. Tak jarang game favorit tersebut dijadikan inspirasi untuk proyek yang tengah mereka kerjakan. Hideo Kojima, desainer legendari dibalik Metal Gear Solid sebenarnya lebih terinspirasi pada film ketimbang game orang lain ketika membuat game-nya sendiri, tetapi tak berarti dia tak miliki selera sendiri.

Lewat wawancara bersama Eurogamer, Kojima sebutkan beberapa game favoritnya sepanjang masa. Game-game tersebut ialah Super Mario BrosPortopia Renzoku Satsujin Jiken (The Portopia Serial Murder Case), Xevious, dan Outer World (atau sering juga dipanggil Another World atau Out of This World). Seluruh game ini favorit yang disebut diatas dapat dikatakan jadul. Tetapi ketika bicara soal game favorit dalam 5 tahun terakhir, Kojima menjawab Inside – game indie dari developer asal Denmark, Playdead.

Inside ialah game puzzle atmosferik sekaligus melankoli penuh dengan misteri tanpa konteks dijelaskan sama sekali. Dunia serta semua yang terjadi di game didesain secara ambigius, membuat pemain bertanya-tanya dan menginterpretasi sendiri apa yang menurut mereka terjadi di layar. Melihat dari game Kojima yang juga penuh mengundang tanda tanya, bisa terlihat jelas kenapa dirinya menyukai game satu ini.

Tak hanya Kojima yang ditanya akan game favoritnya, kumpulan developer ternama lainnya juga ditanyai pertanyaan yang sama lewat wawancara dari Eurogamer tersebut. Untuk selengkapnya, kamu dapat membacanya disini.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.