Hideo Kojima Berikan Respon Positif akan Masa Depan Cloud Gaming


Follow Us

Cloud Gaming atau bermain secara streaming mungkin sudah bermunculan semenjak beberapa tahun belakangan ini. Diikuti dengan munculnya platform cloud gaming Google Stadia yang dijanjikan akan sangat mumpuni, tentunya semakin dipertanyakan apakah gaming secara konvensional dengan konsol ataupun PC masih bisa bertahan di masa mendatang.

Nulis artikel dibayar

Namun siapa sangka, kreator nyentrik Hideo Kojima teryata memberikan respon yang positif akan kehadiran cloud gaming maupun Google Stadia. Hal ini dilansir dari interview yang dilakukan Nikkei Business dengan Kojima terkait peluncuran layanan komersil 5G pertama dunia (via DualShockers), dimana beliau percaya bahwa dengan cloud gaming, akan bermunculan banyak game yang belum pernah dunia saksikan sebelumnya.

Layanan komersil 5G telah diluncurkan, Google telah umumkan layanan cloud gaming…,

Cloud gaming sudah hadir semenjak 4 atau 5 tahun yang lalu, namun tidak ada fenomena yang mempopulerkannya (red).

Sekarang 5G sudah diluncurkan, kita akan melihat pergeseran besar akan cloud gaming selama 5 tahun kedepan.

Lebih lanjut, saat Kojima ditanyakan bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi industri video game dan apakah gaming secara konvensional dengan PC maupun konsol akan menghilang, beliau menjawab;

Game yang belum pernah kita lihat sebelumnya akan bermunculan. Hal ini bisa dipastikan mengingat bahwa industri hiburan terus berkembang.

Saat televisi muncul, (industri) hiburan beradaptasi untuk membuat para penontonnya tidak berpindah saluran. Karenanya, muncul konsep seperti cliffhanger sebelum iklan (red).

Kojima sendiri nampaknya juga memiliki hal besar dalam memanfaatkan cloud gaming untuk menghadirkan game-game ataupun media hiburan lainnya. Belum jelas apakah hal besar tersebut berhubungan dengan game Death Stranding yang sampai saat ini sendiri tidak jelas apa yang akan dihadirkan, atau mungkin saja game baru lainnya dengan memanfaatkan Google Stadia.

Ada satu hal besar lainnya yang kupikirkan terkait (media) streaming. Aku tidak bisa katakan lebih karena aku tak ingin membocorkannya.

Sebelum interview berakhir, Kojima menyatakan bahwa dirinya berharap untuk memiliki umur panjang demi menyaksikan perubahan-perubahan tersebut dengan matanya sendiri. Dirinya juga menyatakan bahwa ia ingin membuat game-game baru tersebut walau memang sulit dan tidak memberikan keuntungan. Karena beliau percaya bahwa dirinya membuat game bukan untuk uang, dan beliau akan terus membuat game sampai akhir hidupnya.

BACA JUGA  Platform Assemble! Marvel's Avengers Dipastikan Akan Hadir untuk Beberapa Platform

Kojima Productions sendiri saat ini masih mengembangkan Death Stranding, namun belum ada kejelasan kapan game tersebut akan dirilis. Dan tidak menutup kemungkinan juga bahwa game ini akan rilis pada konsol PS4 maupun PS5.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Hideo Kojima atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item