Hideo Kojima Jelaskan Alasan Dibalik Kemisteriusan Death Stranding

Hidemi Kojima

Menyiratkan sebuah kritik terhadap kecenderungan masyarakat sekarang ?

Turunnya sebuah trailer baru dengan sedikit cuplikan gameplay dari Death Stranding tidak serta merta membuat kita langsung paham mengenai esensi berserta hikmat yang bisa kita petik dari game tersebut. Sang director, Hideo Kojima memang benar-benar masih terlalu rapat dalam menyimpan suatu poin penting pada game yang ia buat.

Namun, dalam sebuah wawancara khusus oleh pihak Variety kepada Kojima, beliau mengungkapkan suatu hal yang mungkin bisa menjadi bahan renungan bagi kita bersama. Pada intinya, ia menjelaskan bahwa game Death Stranding ada sebagai reaksi atas kebiasaan masyarakat di sebuah era dimana media sosial sangatlah memegang peranan penting bagi kehidupan kita.

 

Sebenarnya ini tidak seperti yang kalian pikirkan. Hideo Kojima sejatinya justru lebih menyoroti perilaku kita yang cenderung impulsif atau tidak sabaran dalam menyaksikan sesuatu yang begitu menyita perhatian melalui pola pikirmu.

Di masa ini, banyak orang yang selalu tidak sabaran untuk mencari sebuah jawaban yang dapat mengenyangkan ego mereka. Setelah mendapatkannya, mereka lalu menilai apakah hal itu bagus atau jelek menurutnya tanpa mempertimbangkan banyak faktor-faktor lain.

Jika kita mengibaratkan hal ini selayaknya persoalan matematika, mengetahui jawaban dari persoalan tersebut sebenarnya tidaklah terlalu penting. Yang jauh lebih penting adalah bagaimanakah prosesmu untuk bisa mendapatkan jawaban itu ?

Hideo Kojima tak ketinggalan juga memberikan rasa keprihatinannya terhadap banyaknya pelaku industri video game yang menyia-nyiakan peluang mereka dalam memasarkan game kesayangannya. contohnya seperti terlalu banyaknya hal-hal penting, yaitu spoiler yang seharusnya tidak mereka tunjukan kepada khalayak. Sehingga beliau akhirnya menegaskan:

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Saya tidak akan pernah mengambil hal-hal paling menarik untuk para player yang memainkan game saya.

Terakhir, Hideo Kojima juga menyinggung soal game yang ia buat dan mengapa gamenya terlihat sangat misterius ?

Tujuan utama dari game ini (Death Stranding) adalah untuk mengkoneksikan kembali dunia yang kita tinggali ini. Banyak orang di luaran sana yang tertarik untuk memainkan game “tembak-tembakan“, dan menariknya mereka sebenarnya juga bisa kok melakukan hal itu di game ini.

Namun, saya sangat tidak merekomendasikan mereka untuk membiasakan hal tersebut di Death Stranding. Dengan memainkan game saya, lambat laun mereka pasti sadar bahwa “tembak-tembakan” tidak akan menjadi sebuah opsi ideal di game ini.

– Hideo Kojima

Hmm dari sini apakah Hideo Kojima menciptakan game Death Stranding dengan tujuan untuk mengubah perilaku dan mentalitas dari para gamer yang cenderung suka “toxic” belakangan ini ? Bila iya, sungguh merupakan tujuan yang mulia dari beliau.

Sumber: Variety

Exit mobile version