Hideo Kojima Kena ‘Semprot’ Netizen Terkait Label “A Hideo Kojima Game”

hideo kojima concours cosplay brasil game show 171013 03 1024x597

Sebagai salah satu kreator video game kondang nan nyentrik abad ini, Hideo Kojima juga merupakan sesosok yang bisa dikatakan cukup aktif di media sosial, terutama Twitter, dimana ia membagikan informasi-informasi terkait game garapannya, serta membagikan pendapatnya terkait film-film yang telah dirinya tonton.

Namun, sosok seperti Hideo Kojima sendiri nampaknya juga tidak lepas dari pedasnya jempol para netizen ketika kedapatan melakukan suatu blunder. Dalam hal ini, adalah ketika Kojima membuat cuitan yang menjelaskan maksud dari label “A Hideo Kojima Game”, dimana cuitan tersebut terkesan menempatkan dirinya sebagai one man show.

Tak lama setelah cuitan tersebut mengudara, banyak sosok-sosok dari industri video game maupun entertainment yang merasa kurang setuju, bahkan tak segan-segan ‘menyemprot’ cuitan tersebut yang dinilai terlalu congkak, dan tidak menghargai kerja keras para stafnya.

Walau demikian, tidak sedikit juga pihak-pihak yang membela Kojima, dimana mereka menyadari bahwa ada yang salah dengan terjemahan pada cuitan tersebut. Buat kamu yang belum tahu, Kojima memiliki dua akun Twitter, satu berbahasa Jepang dan satunya berbahasa Inggris, dan cuitan pada akun berbahasa Inggris dilakukan dengan bantuan penerjemah.

Pengguna Twitter dengan nama @metasynthie misalnya, dimana ia mencoba menerjemahkan cuitan Kojima dengan lebih akurat. Dimana label “A Hideo Kojima Game” tersebut dimaksudkan bahwa Kojima terlibat dalam pembuatan gamenya sedari awal, dan label tersebut tidak akan ada jika dirinya hanya berkontribusi dalam konsep, desain game atau sekadar jadi produser.

Kamu bisa liat perbandingannya di bawah ini.

Saat artikel ditulis, cukup banyak cuitan negatif netizen yang dihapus setelah muncul penjelasan terkait kurang tepatnya terjemahan cuitan Kojima tersebut. Dan tidak lama setelah itu, Kojima juga mencuitkan lagi bahwa dirinya tidak lupa dengan kerja keras para stafnya di Kojima Productions terkait perilisan Death Stranding.

Tidak ketinggalan, Kojima juga menekankan bahwa label tersebut juga merupakan jaminan kualitas game garapannya. Sehingga kita bisa mengekspektasikan kualitas game-game yang sama atau lebih bagus lagi dari game-game garapan Kojima sebelumnya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Hideo Kojima atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Exit mobile version