Hideo Kojima: Kritik Terhadap Death Stranding Datang dari Mereka yang Suka Game FPS

in , ,

Akhirnya karya Hideo Kojima yang sangat ditunggu-tunggu tanpa embel-embel Konami (eh udah move on kan pada XD) telah rilis di seluruh penjuru dunia. Meskipun banyak ditunggu-tunggu perilisannya, game yang “tukang nganter barang di dunia antah berantah” a.k.a Death Stranding ini mendapat berbagai respon baik positif dan negatif.

Review positif bahkan sempurna berhasil didapatkan game yang memberikan pengalaman yang begitu unik ini. Bukan Kojima namanya kalo tidak disertai pro dan kontra di karya miliknya, baru-baru ini Death Stranding ternyata mendapatkan review jelek di Amerika Serikat. Berbeda dengan beberapa negara di Eropa hingga Jepang, gamers Amerika justru memberikan respon negatif terhadap Death Stranding.

Melansir dari Gamerant, bahkan dalam sebuah interview dalam sebuah acara Death Stranding di New York beberapa waktu yang lalu media asal Italia Tgcoom24 menanyakan kepada Hideo Kojima mengenai review jelek Death Stranding di Amerika. Dan ternyata respo dari Hideo Kojima cukup menggelitik dan kontroversi, ia percaya bahwa kritik yang datang dari orang Amerika khususnya sebagai reviewer datang dari mereka yang lebih suka dengan game first-person shooter dan Death Stranding bukan termasuk dari itu. Kojima juga menambahkan bahwa mungkin mereka sulit untuk memahami Death Stranding ketimbang bermain game fps yang cenderung memiliki gameplay yang cepat.

Terlepas dari kontroversinya Kojima menambahkan pernyataannya dengan:

“Saya selalu mencoba membuat sesuatu yang baru meskipun ada perselisihan dan semua itu baik-baik saja, tapi Saya harus mengatakan bahwa orang Italia atau Perancis memiliki kepekaan artistik yang berbeda yang membuat mereka memberikan apresiasi terhadap produk yang begitu original seperti Death Stranding, bukan hanya di video games saja tapi juga film layar lebar.”

Kita semua pasti setuju Death Stranding merupakan game dengan berbagai inovasi baru dengan tingkat kompleksitas tinggi serta keunikan tersendiri. Suka tidak suka Death Stranding telah rilis, Hideo Kojima telah memberikan persembahan karyanya dengan ideliasmenya selama ini. Namun kita juga harus tahu setiap orang juga memiliki selera yang berbeda-beda terlebih Death Stranding juga menghadirkan genre dan inovasi yang benar-benar baru serta unik. Butuh waktu yang tidak sedikit untuk sekedar memainkan atau bahkan mengerti lebih dalam game yang bisa dibilang masterpiece Kojima ini.

Saat ini Death Stranding sudah bisa dimainkan di PlayStation 4 dan versi PC-nya menyusul di Epic Games Store dan Steam.

 

Sumber: Gamerant, VICE, Tgcom24

 

 


Mau baca artikel seputar Death Stranding hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan Happy

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi