Nama Hideo Kojima Tak Disebut Dalam Credits Baru Metal Gear Solid Collection

Nama Hideo Kojima Tak Disebut Dalam Credits Baru Metal Gear Solid Collection

Hideo Kojima Tak Disebut – Hideo Kojima menjadi salah satu nama paling dikenal di industri game. Dia menjadi desainer dan otak di balik franchise Metal Gear Solid selama masih berkarir di Konami. Dia kini membangun studio sendiri yang telah merilis Death Stranding sebagai game perdana.

Meski semua game yang ia buat mendapat resepsi yang begitu positif, Konami tetap tidak puas dengan kinerja Kojima yang membuat kedua pihak pecah kongsi dan membuat sang desainer hengkang dari studio yang membesarkannya di tahun 2015, tak lama setelah perilisan game kelima.

Nama Hideo Kojima Tak Disebut Dalam Credits Baru Metal Gear Solid Collection

Nama Hideo Kojima Tak Disebut Dalam Credits Baru Metal Gear Solid Collection

Saking tak harmonisnya hubungan antara keduanya, Konami menolak untuk membawa kembali nama Kojima pada perilisan Metal Gear Solid: Master Collection Vol.1. Tampak pada koleksi berisikan 3 game pertama MGS tersebut, nama sang desainer legendaris itu tak dimuat sama sekali di dalam credits.

Hal ini dikonfirmasi oleh beberapa pemain yang telah mendapat akses game lebih awal dan melakukan streaming di Twitch, di mana nama Kojima masih muncul di tiap game seperti di intro atau penutup.

Tetapi pada credits untuk kompilasi itu sendiri, tak ada nama Kojima disebut maupun David Hayter berserta deretan pengisi suara lainnya. Melainkan credits baru hanya menyebutkan “kepada semua staf dan fans seri Metal Gear”.

Bukan Kali Pertama Remaster Lupakan Staf Lama

Metal Gear Solid 2

Ini bukan kali pertama remaster dari game klasik menjadi pembicaraan karena tidak memuat nama-nama orang yang terlibat pada pengembangan versi original. Pada tahun yang sama, Metroid Prime Remastered sempat diprotes oleh para mantan staf yang dulu pernah terlibat dari produksi game tersebut.

Versi remaster tidak menyebutkan nama-nama mereka dan hanya menyimpulkannya dalam satu paragraf yakni “berdasarkan karya Metroid Prime original untuk Nintendo Gamecube dan Wii.”

Remaster tersebut justru lebih mengutamakan sebuti nama-nama orang yang kembangkan versi itu meski mereka hanya mempercantik segi visual saja tanpa perubahan keras dari segi gameplay.

Ilustrasi di seri lawas

Apakah Metal Gear Solid Collection ini juga akan diprotes oleh mantan karyawan melihat mereka lakukan hal yang sama? Kita lihat saja nanti.

Metal Gear Solid Collection Vol 1 akan memuat 3 game pertama MGS ditambah dengan Metal Gear dan Metal Gear 2 yang merupakan iterasi awal dari franchise ini. Vol 2 disebut-sebut akan memuat game keempat, kelima dan juga Peace Walker.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Metal Gear beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version