Sempat Mendapatkan Tawaran, Hideo Kojima Tolak Jual Kojima Productions

Hideo Kojima Tolak Jual Kojima Productions

Hideo Kojima Tolak Jual Kojima Productions -Bagi anda pecinta game PC dan konsol mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Hideo Kojima. Sosok yang menjadi otak dari terciptanya beberapa judul game besar itu kini menjadi salah satu tokoh penting di industri game dunia. Bahkan Hingga saat ini hasrat untuk terus menghasilkan karya-karya besar sesuai dengan visinya masih terus berlanjut melalui perusahan indie miliknya yang Bernama Kojima Productions, setelah di tahun 2015 lalu dirinya berpisah dengan Konami.

Dalam beberapa tahun terakhir telah banyak proyek dan kolaborasi yang terjalin antara Kojima Productions dan perusahaan besar seperti Sony, Xbox dan bahkan google. Tidak mengherankan jika dari trent ini muncul kabar bahwa Kojima sedang didekati ataupun melakukan pendekatan untuk bergabung dengan perusahaan-perusahaan tersebut.

Kabar ini akhirnya terbukti hanya isu belaka setelah dalam sebuah podcast Koujime membantah hal tersebut. Dalam pembicaraan itu dia menyatakan telah menolak banyak tawaran bahkan dengan nilai yang “di luar nalar” atas perusahaannya dan akan tetap indie dengan alasan “tidak butuh uang”.

Hideo Kojima Tolak Jual Kojima Productions yang Ditawarkan oleh Perusahaan Lain

Bukan Zhang Purnama

3 November lalu Kojima dalam acara podcast miliknya yang berjudul  Brain Structure episode ke-10 melakukan perbincangan dengan bintang tamunya yaitu Geoff Keighley yang merupakan salah satu host pada acara The Game Awards.

Di tengah podcast tersebut Keighley menyinggung terkait pengumuman di pertengahan musin panas lalu tentang kerjasama antara Kojima dengan Xbox. Keighley lalu mengaitkan pengumuman tersebut dengan relasi dekat antara Kojima dan Sony yang sudah terjalin sebelumnya, mengingat hingga saat ini salah satu hasil kolaborasi mereka yaitu Death Stranding masih menjadi game eksklusif untuk konsol Playstation. Selain itu Keighley juga menanyakan apakah Kojima telah membuat komitmen terhadap salah satu perusahaan tersebut selama beberapa tahun ini.

Kojima merespon pertanyaan tersebut secara tegas dengan menyatakan bahwa dia tidak terikat dengan pihak manapun. Hal itu yang menyebabkannya dapat bekerjasama dengan siapa saja dalam merilis game di platform manapun.

Aku rasa banyak orang salah paham tentang Kojima Productions. Aku menciptakan studio ini pada 2015 setelah berpisah dengan Konami. Itu semua 100% atas kendaliku. Tidak ada ikut campur dari pihak lain. Jadi, kami jelas independen.

Hideo Kojima

Walaupun tidak menjelaskan secara detail terkait nama perusahaan dan nominal yang dijanjikan, Kojima menyatakan bahwa setiap harinya dia mendapatkan banyak tawaran dengan nilai yang fantastis untuk menjual studionya.

Setiap hari aku mendapat banyak tawaran dari berbagai belahan dunia untuk menjual studioku. Beberapa bahkan menawarkan dengan nilai yang luar biasa tinggi. Tapi bukan berarti aku ingin uang. Yang aku inginkan adalah membuat game sesuai keinginanku. Itulah kenapa aku menciptakan studio ini.

Hideo Kojima

Dari pernyataannya tersebut terlihat bahwa masalah yang dulu dialami oleh dirinya dan Konami menjadi penyulut untuk tetap natural di industri ini. Dengan tetap menjadi indie, Koujima Productions dapat dengan leluasa menghasilkan game tanpa campur tangan ataupun tekanan dari pihak lain.

Hideo Kojima Tidak Senang ketika ‘Dituduh’ sebagai Pelaku Pembunuhan Shinzo Abe

Dituduh oleh pihak media tidak bertanggung jawab

Pada bulan Juli 2022 yang lalu, dunia dikagetkan dengan kematian Mantan Perdana Menteri Jepang, yaitu Shinzo Abe. Diketahui kematiannya tersebut dilakukan oleh pelaku pembunuhan saat Shinzo Abe sedang kampanye di Nara, Jepang. Kabar ini memberikan rasa duka bagi banyak pihak dari berbagai negara. Namun ketika kabar duka tersebut terjadi, Hideo Kojima sempat ‘dituduh’ sebagai pelaku pembunuhan Shinzo Abe oleh salah satu media berita.

Tuduhan ini membuat tim developer Kojima Productions tidak terima atas tuduhan tersebut. Dan baru-baru ini, Kojima menanggapi secara tidak senang atas tuduhan yang sempat menimpanya.

Informasi selengkapnya bisa kalian baca di sini.

Source: Polygon


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Hideo Kojima serta berita terkini lainnya dari Friliando. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version