Kenapa Honkai Impact 3rd Sering Dibanding-bandingkan dengan Genshin Impact?

Honkai Impact 3rd Genshin Impact

Honkai Impact 3rd Genshin Impact – Game buatan developer miHoYo berjudul Genshin Impact masih menjadi pusat perhatian para gamer dan juga industri video game. Itu karena game tersebut menghadirkan gameplay action RPG dengan fitur open world yang sangat luas bisa pemain eksplorasi setiap sudutnya. Bahkan game ini terus di update secara berkala oleh developer diikuti dengan berbagai konten baru, mulai dari cerita, karakter, senjata dan masih banyak lagi.

Bagi beberapa gamer, Genshin Impact seperti menjadi anak emas bagi miHoYo. Bahkan tidak sedikit dari para pemain sering membanding-bandingkan Genshin Impact dengan Honkai Impact 3rd yang sama-sama dibuat oleh developer miHoYo. Hal ini memicu perdebatan yang sulit berhenti antara kedua game tersebut meskipun beberapa dari mereka mengakui Honkai dan Genshin sama-sama bagus dengan ciri khasnya masing-masing.

Honkai Impact 3rd dan Genshin Impact Sering Dibanding-bandingkan oleh Gamer

She’s cute and BIG, but…..

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan topik menarik yang cukup sering terjadi di komunitas game Honkai Impact 3rd dan Genshin Impact. Topik yang akan saya bahas adalah, “Kenapa Honkai Impact 3rd sering dibanding-bandingkan dengan Genshin Impact?”.

Tulisan ini saya buat secara netral dengan sudut pandang sebagai pemain Honkai Impact 3rd dan juga Genshin Impact. Selain itu, saya ingin memberikan informasi kepada gamer, baik itu pemain Honkai maupun pemain Genshin bahwa tidak ada game yang buruk ataupun game yang lebih unggul antara kedua game ini. Setiap game memiliki keunikan mereka sendiri meskipun sama-sama dibuat oleh developer yang sama, yaitu miHoYo.

You’re finally awake, Traveler…

Baiklah mari kita mulai saja topik pembahasan utamanya!

Apa Itu Honkai Impact 3rd?

Honkai Impact 3rd adalah game action RPG buatan developer miHoYo yang pertama kali rilis untuk platform Android dan iOS pada 14 Oktober 2016 di Cina yang kemudian disusul perilisannya server lainnya seperti Jepang, Taiwan, Korea, SEA dan Global. Game ini juga rilis untuk platform PC (Windows).

Menceritakan tentang sebuah bencana besar disebabkan oleh kekuatan misterius bernama “Honkai” yang menciptakan berbagai monster berbahaya yang dapat mengancam umat manusia dan juga peradaban. Untuk melawan bencana ini, umat manusia menciptakan berbagai macam teknologi baru maupun teknologi dari peninggalan lama, seperti salah satunya adalah pasukan Valkyrie. Para Valkyrie diberi kemampuan khusus untuk dapat bertempur di medan perang menghadapi bencana dari Honkai ini.

Keunikan Fitur Gameplay Honkai Impact 3rd

Setelah kalian mengetahui informasi basic game ini, kalian juga perlu mengetahui seperti apa game Honkai. Secara garis besar, pemain akan mengendalikan karakter para gadis bernama Valkyrie dengan kemampuan dan keunikan mereka masing-masing, mulai dari senjata, skill dan cara bertarung.

Saking cepatnya gameplay, penulis kesulitan mengambil screenshot di HP

Pada dasarnya, gameplay pada game ini didominasi oleh action RPG dimana kalian akan menghadapi musuh di setiap stage dan lokasi tertentu. Namun seiring berjalannya cerita, kalian akan menemukan fitur gameplay lain yang menambah keseruan game-nya, mulai dari bullet hell, platforming, shoot ’em up, dungeon crawling dan bahkan ada mode open world dicampurkan gameplay hack and slash dengan banyak combo menarik seperti Devil May Cry.

A Post-Honkai Odyssey Chapter 2

Game ini juga sangat populer dalam memberikan cerita yang epik dan penuh tragedi membuat para pemain dan saya sendiri terbawa suasana pada Main Story, Side Story maupun Event Story. Selain itu lagu dan musiknya pun enak didengar sesuai dengan momen ceritanya.

Kenapa Honkai Impact 3rd Sering Dibanding-bandingkan dengan Genshin Impact?

Karakter baru Genshin Impact, coming soon….

Selanjutnya saya akan membahas mengenai topik utama pada artikel ini, yaitu “Kenapa Honkai Impact 3rd sering dibanding-bandingkan dengan Genshin Impact?”. Dari hasil pemantauan saya di komunitas kedua game tersebut, sebenarnya ada banyak alasan dari para gamer yang sering membanding-bandingkan antara Honkai Impact dan Genshin Impact.

Dengan hadirnya region Sumeru menambah luas area open world yang bisa dieksplorasi pemain

Dari sudut pandang pemain Genshin, salah satu alasan utama mereka membanding-bandingkan game ini dengan Honkai adalah fitur open world. Untuk pemain Genshin, fitur open world ini seperti sebuah kebanggaan tersendiri bagi mereka. Belum lagi dengan betapa luasnya game tersebut yang akan di-update terus oleh miHoYo.

Biasanya pemain yang suka “adu mekanik” ini belum pernah, tidak tahu banyak atau baru main di chapter awal game Honkai Impact. Meskipun kedua game ini sama-sama menghadirkan gameplay action RPG, namun faktor open world memiliki pengaruh besar pada Genshin.

Pendapatan Genshin Impact berdasarkan data dari Sensor Tower

Masih ada alasan lain yang sebenarnya tidak terlalu signifikan namun masih ada saja orang yang membanding-bandingkannya, seperti tingkat popularitasnya di dunia sampai total pendapatan game-nya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Meskipun dipandang buruk oleh beberapa kalangan gamer Genshin, kebanyakan pemain Honkai termasuk saya sendiri tidak terlalu mempedulikan masalah ini. Itu karena mereka lebih sering diam dan menikmati segala fitur yang ada di Honkai Impact.

Alasan lainnya adalah mereka sudah terlalu capek dan lelah karena sudah dibuat emosional dengan cerita yang ada di game. Apalagi pada cerita terbaru tentang Elysian Realm yang bikin pemainnya gagal move-on seperti momen pada cerita karakter Himeko dan event Teriteri Zhuge Kongming.

Life isn’t Chitty Chitty Bang Bang anymore

Fakta Menarik Seputar Open World Genshin Impact

Sakura-nee, okaeri….

Berbicara mengenai open world, ada informasi menarik yang perlu kalian ketahui pada fitur andalan game Genshin ini. Sebelum Genshin rilis, developer miHoYo menerapkan fitur open world pada game mereka di Honkai Impact. Lebih tepatnya di mode side story Sakura Samsara yang rilis pertama kali pada 9 Mei 2018 versi 2.0.

Di cerita Sakura Samsara, pemain akan menelusuri sebuah dunia yang berbeda dengan timeline cerita utama Honkai yang berfokus pada karakter Yae Sakura, Higokumaru dan hubungan kedekatan dengan Kallen. Di mode open world ini, kalian akan menghadapi berbagai monster di berbagai lokasi. Ada juga beberapa Task yang bisa dikerjakan dengan hadiah berupa item.

Meskipun pada awalnya mode open world masih terasa kaku dan terlalu kosong, namun developer miHoYo terus meningkat fitur gameplay tersebut pada mode lainnya seperti Schicksal HQ, A Post-Honkai Odyssey dan lainnya.

APHO Chapter 2

Banyak gamer menganggap mode open world yang ada di Honkai menjadi sebuah prototype untuk miHoYo yang dikembangkan lebih bagus lagi dan menjadi fitur utama di Genshin. Tidak diketahui apakah dugaan tersebut memang benar atau tidak, namun jika dilihat dari catatan sejarah perilisannya, bisa dipastikan hal tersebut memang benar.

Tanggapan Pribadi Penulis

Saya pribadi sebagai pemain Honkai dan Genshin tidak terlalu memikirkan perdebatan ataupun perselisihan antara kedua game ini yang cukup sering terjadi di komunitasnya. Kedua game tersebut sama-sama bagus dan memiliki keunikan serta keunggulan mereka masing-masing. Jangan lupakan juga kedua game memiliki banyak karakter waifu yang mantap dengan segala trope “selera” pemain. Namun jika disuruh memilih antara Honkai dan Genshin, saya pribadi lebih menyukai Honkai Impact 3rd.

Mommy Aponia

Salah satu hal yang saya suka pada game ini adalah cerita yang bisa bikin perasaan pemain campur aduk. Saya tidak mau menjelaskannya secara detil karena bersifat spoiler. Secara singkat, game Honkai memiliki cerita epik dipenuhi banyak tragedi, dramatis dan pengorbanan bahkan membuat kalian ingin menangis. Ditambah lagi dengan beberapa lagu soundtrack-nya yang bikin mood pada cerita semakin terasa.

;(

Selain itu, game ini cukup ramah untuk pemain F2P seperti saya. Beberapa karakter Valkyrie di Honkai Impact 3rd bisa kalian dapatkan secara gratis selain dari gacha dengan melakukan farming pada item tertentu untuk bisa membukanya. Buat kalian yang sibuk dengan aktifitas IRL (in real life), kalian bisa menyelesaikan daily quest dengan cepat karena ada fitur semacam skip mission. Ada banyak sekali keunikan pada game Honkai ini yang tidak bisa saja jelaskan satu per satu.

Genshin Impact 3.0 Coming Soon

Sementara itu untuk Genshin, saya tidak bilang game-nya jelek atau buruk. Saya juga menyukai game ini terlebih pada karakter wanitanya yang sudah tidak terhitung berapa kali saya kepincut pengen gacha. Namun karena kesibukan pekerjaan sebagai Master-Dancho-Sensei-Shikikan-Kancho-Producer Penulis dan hal lainnya, terkadang saya tidak sempat memainkan game Genshin. Apalagi jika harus grinding dan farming untuk upgrade karakter. Maka dari itu saya lebih suka bermain Honkai karena lebih ramah dan bisa dimainkan santai maupun kompetitif meskipun sibuk dengan aktifitas sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan.

Itulah pembahasan yang ingin saya bagikan kepada kalian mengenai topik “Kenapa Honkai Impact 3rd sering dibanding-bandingkan dengan Genshin Impact?”. Semoga informasi ini dapat membantu kalian mengetahui keunikan kedua game ini dari sudut pandang yang lebih luas dan netral.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Honkai Impact 3rd, Genshin Impact atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version