10 Fakta Honkai Star Rail yang Harus Kamu Ketahui

Honkai Star Rail

Fakta Honkai Star Rail – Game terbaru buatan miHoYo berjudul Honkai Star Rail atau biasa disingkat HSR menyimpan segudang informasi menarik baik dari segi lore cerita dunianya maupun hal-hal random yang bisa Player temukan. Hal ini membuat game tersebut menghadirkan sesuatu yang unik tidak hanya dari segi gameplay saja, melainkan persentasi dan identitas dari game itu sendiri.

Mungkin beberapa dari kalian mengetahui game ini sebagai video game turn based RPG yang dibuat oleh pembuat game Genshin Impact dan juga Honkai Impact 3rd. Namun ternyata game ini memiliki banyak fakta yang menarik kalian ikuti. Terlebih ada kaitannya dengan lore di dalam game dengan game lain buatan miHoYo yang secara langsung maupun tidak langsung saling berkaitan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 10 fakta menarik Honkai Star Rail yang harus kalian ketahui. Artikel ini dibuat berdasarkan pengetahuan yang saya ketahui didukung dengan kumpulan informasi menarik dari berbagai macam sumber dari pemain di komunitas game untuk membantu melengkapi informasi yang akan saya berikan kepada kalian.

Fakta Honkai Star Rail Menarik yang Harus Kalian Ketahui

Honkai: Star Rail

Berikut ini fakta menarik Honkai Star Rail yang harus kalian ketahui:

1. Apa Itu Honkai Star Rail?

Honkai: Star Rail

Honkai Star Rail adalah game mobile free-to-play ber-genre turn based RPG yang dibuat dan dirilis oleh miHoYo atau HoYoverse yang rilis di Android, iOS, dan PC (Windows). Untuk perilisan di konsol PS4 dan PS5 akan segera menyusul.

Game ini menjadi game ke-4 dari seri Honkai dengan cerita dan karakter baru dengan turut menghadirkan beberapa karakter ikonik dari Honkai Impact 3rd dari dunia lain.

2. Koneksi antara Honkai Star Rail dengan Honkai Impact 3rd

Imaginary Tree

Sejak game Honkai: Star Rail rilis, pemain menemukan banyak sekali informasi-informasi menarik yang ada hubungannya dengan Honkai Impact 3rd. Selain dari hadirnya karakter yang sama namun berbeda, beberapa informasi bisa menjadi jembatan koneksi antara Honkai: Star Rail dengan Honkai Impact 3rd.

Koneksi antara Honkai Star Rail dengan Honkai Impact 3rd berhubungan dengan Imaginary Tree. Imaginary Tree adalah segala sumber kehidupan dari berbagai dunia di dalamnya yang berbentuk seperti pohon bercabang, mulai dari dunia (Universe) dan juga Bubble World yang terlahir di sana.

Pohon ini terus tumbuh dan menyebarkan cabang pohon seiring dunia berjalan dengan sendirinya dimana setiap cabang tersebut tumbuh jika sebuah titik poin dapat mempengaruhi dunia tersebut. Setiap cabang pohon pasti ada daun yang tumbuh. Daun yang ada di Imaginary Tree merupakan dunia yang kondisi dunianya (World) yang dapat dipantau oleh dunia itu sendiri.

Bubble World sendiri menunjuk kepada multiverse atau dunia paralel yang mana masing-masing dunia punya eksistensinya yang mana dunia tersebut muncul dengan sendirinya ataupun dibuat oleh seseorang.

Jadi secara singkat, dunia Honkai Star Rail dan Honkai Impact 3rd merupakan bagian cabang dunia yang saling berbeda di Imaginary Tree. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya karakter Honkai Impact 3rd yang muncul di Honkai Star Rail namun ternyata mereka adalah orang yang berbeda.

Untuk penjelasan gampangnya, bayangkan dunia yang berada di banyak cabang multiverse saling eksistensi satu sama lain. Setiap dunia (World), rasi bintang, dan peradaban sama-sama eksis di dunia yang sama. Namun yang membedakan adalah masing-masing dunia (Universe) terisolasi oleh kekuatan skala kosmik.

Penjelasan diatas berdasarkan pemahaman dari saya yang mengikuti kedua game ini dan juga membaca lore ceritanya yang saya rangkum secara singkat. Itu karena penjelasannya panjang banget dan bakal sulit dipahami bagi mereka yang tidak terlalu mengikuti game Honkai Impact 3rd.

3. Asal Usul Welt

Welt

Jika beberapa karakter Honkai Star Rail yang mirip dengan Honkai Impact 3rd merupakan orang yang sama tetapi berbeda dunia, lain halnya untuk Welt. Percaya atau tidak, asal usul Welt di Honkai Star Rail berasal dari dunia (World) Honkai Impact 3rd.

Hal ini dijelaskan pada salah satu manga Honkai Impact 3rd dimana Welt dan seseorang bernama Void Archive memasuki menemukan sebuah portal menuju dunia (World) Honkai Star Rail dan memasuki portal tersebut tanpa diketahui alasan pasti. Ketika mereka di sana, Welt dan Void Archive terjebak di luar angkasa. Secara kebetulan Himeko menemukan mereka berdua dan menyelamatkan Welt serta Void Archive.

Himeko mengajak Welt untuk bergabung dalam Astral Express, sementara Void Archive diketahui memutuskan untuk memilih jalannya sendiri yang tidak diketahui alasannya untuk saat ini.

4. Banyak Nama Digunakan Berdasarkan Mitologi

Nama asli dari kedua Protagonist berdasarkan mitologi

Sama seperti game sebelumnya miHoYo, pihak developer sangat hobi memasukkan nama-nama karakter mereka berdasarkan mitologi yang ada di dunia nyata. Salah satu contoh paling gampangnya adalah nama asli atau default name dari kedua Protagonist laki-laki dan perempuan, yaitu Caelus (Male) dan Stelle (Female).

Selain dari nama Protagonist, ada banyak sekali nama yang digunakan oleh miHoYo di dalam game HSR berdasarkan mitologi. Mulai dari planet Jarilo-VI diambil dari nama mitologi Yarilo dari negara Slavia. Lalu ada Belobog, nama dewa dari negara Slavia juga. Kemudian nama Svarog yang tidak jauh dari mitologi negara yang sama dengan inspirasi nama Jarilo-VI dan Belobog.

Masih ada banyak sekali nama-nama yang ada di game Honkai Star Rail yang bisa kalian temukan di dalam game.

5. Sampo Tidak Memiliki Bekas Jejak Kaki di Area Salju

Pada saat kalian bertemu pertama kali dengan Sampo saat sampai di planet Jarilo-VI, dia terlihat tertimbun oleh tumpukan salju. Tapi tahukah kalian ada sesuatu yang ganjal setelah itu?

Setelah kalian menyelamatkan Sampo dari tumpukan salju tebal dan mengikutinya, coba perhatikan bekas jejak kakinya. Sampo sama sekali tidak terlihat ada bekas jejak kaki yang padahal karakter tim Trailblazer bisa memiliki jejak kaki mereka sendiri di area bersalju.

OH MA GAAAAA

Hal ini menambah misteri mengenai identitas dari Sampo. Terlebih ketika Trailblazer baru saja pergi dair planet tersebut bersiap menuju lokasi lain, ada sebuah adegan dimana Sampo terlihat berbicara sendiri atau dalam hal ini kepada kalian para pemain.

Penemuan misteri ini ramai diperbincangkan juga oleh para pemain di forum Reddit dimana mereka saling memberikan tanggapan dan juga teori mengenai Sampo.

6. Rumor March 7th Disebut-sebut sebagai Anak Elysia

March 7th

Sejak pertama kali diperkenalkan oleh miHoYo, karakter March 7th mendapatkan berbagai respon dari para pemain Honkai Impact 3rd. Itu karena desain karakternya identik dengan ciri khas dari karakter Elysia dari game Honkai Impact 3rd.

Tidak sampai disitu saja, bahkan masa lalu March 7th masih sebuah misteri karena dirinya tidak ingat sama sekali masa lalu dia. March 7th ditemukan oleh Himeko di luar angkasa dalam keadaan membeku oleh sebuah kristal misterius. Bahkan kemampuan yang dia miliki bernama Six-Phased Ice sebenarnya bukan es, melainkan semacam kristal yang telah tekondensasi.

Elysia dan March 7th sama-sama pernah memiliki pengalaman membeku di sebuah kristal

Kemampuan yang dimiliki oleh March 7th bisa menambah bukti kalau dia ada hubungannya dengan Elysia yang sama-sama memiliki kemampuan semacam kristal. Mereka berdua juga memiliki momen dimana tubuh mereka membeku di sebuah kristal. Disengaja atau tidak dari kesamaan mereka berdua ini membuat komunitas menjadi semakin penasaran.

Memperparah rasa penasaran dari komunitasnya, miHoYo justru menggoda para penggemarnya dengan sebuah petunjuk kalau March 7th adalah anak dari Elysia.

Hal ini ditunjukkan pada video menyambut perilisian karakter Elysia Herrscher of Ego di game Honkai Impact 3rd. Pada video tersebut, Elysia tampak melakukan livestream yang ditonton oleh banyak orang termasuk member Flame Chaser dan bahkan March 7th yang memberikan komentar kalau Elysia adalah ibunya.

Sejak saat itu bahkan sampai sekarang, masih banyak teori yang menyebutkan kalau March 7th secara langsung maupun tidak langsung adalah anak Elysia.

I don’t need sleep, I need answers!

Informasi ini terus beredar di komunitas Honkai Impact 3rd maupun Honkai: Star Rail. Bahkan ada juga yang bilang kalau gambar di atas adalah palsu. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata gambar di atas adalah editan halu dari komunitas. Meskipun begitu, cukup menarik juga kalau March 7th beneran anak dari Elysia dan saya.

7. Senjata Tongkat Baseball Protagonist Honkai Star Rail

Kenapa Protagonist menggunakan senjata Baseball, ya?

Jika pada umumnya game turn based RPG selalu menghadirkan karakter utama menggunakan senjata keren seperti Sword, Spear, Gun, Nunchaku, dan lainnya, beda cerita dengan Protagonist Honkai Star Rail.

Sang Protagonist justru menggunakan senjata tongkat Baseball sebagai alat utamanya. Itu karena kondisi saat dia bertemu dengan March 7th dan Dan Heng, senjata yang ada di lokasi hanyalah tongkat itu saja. Namun dengan kekuatan misterius dimiliki Protagonist, dia bisa meningkatkan kemampuan tongkat tersebut menjadi lebih kuat untuk menyerang musuh.

Sebenarnya ini bukan sesuatu yang umum bagi game buatan miHoYo. Itu karena hampir kebanyakan karakter utama game miHoYo identik dengan senjata tongkat Baseball-nya.

Sebut saja karakter Kiana Kaslana yang menjadi sosok ikonik sebagai Protagonist di beberapa game miHoYo dikenal identik menggunakan senjata tongkat Baseball. Bahkan hampir semua keturunan Kaslana di game Honkai Impact 3rd berbakat menggunakan tongkat tersebut sebagai senjata mereka.

Jadi tidak heran jika Protagonist di game HSR akan menggunakan senjata tongkat Baseball, selain sebagai tribute untuk game-game mereka, juga sebagai sesuatu yang unik untuk sebuah game turn based RPG.

8. Hobi Protagonist Memeriksa Tempat Sampah

Ada-ada saja tingkah laku Protagonist satu ini

Kabar mengenai pemain tidak bisa berhenti memeriksa tempat sampah membuat heboh komunitasnya. Itu karena kalian bisa memeriksa banyak tempat sampah yang memiliki dialog unik dan menghibur seakan-akan Protagonist punya rasa terpendam.

Ternyata hobinya tersebut sudah ditunjukkan secara resmi melalui video trailer pengenalan karakter game Honkai Star Rail jauh hari sebelum game ini rilis. Pada awal durasi, kalian bisa lihat kalau Stelle sedang asik memeriksa tempat sampah dan kemudian ditarik March 7th untuk mengikutinya.

Passion Protagonist memeriksa tempat sampah

Adegan tersebut sudah dipastikan resmi kalau Protagonist memiliki hobi aneh terhadap tempat sampah yang kini sudah banyak berbagai macam fanart lucu di internet.

9. Alasan Tim Trailblazer Tidak Kedinginan ketika Mengunjungi Planet Jarilo-VI

Ada alasan kenapa tim Trailblazer tidak merasa kedinginan ketika mengunjungi planet Jarilo-VI

Jika kalian mengikuti jalan cerita dan Side Quest di planet Jarilo-VI, tidak banyak orang di sana bisa tahan dengan cuaca dingin yang telah lama berlangsung di planet tersebut. Tidak sedikit dari mereka bahkan para pasukan menggunakan beberapa cara agar tubuh mereka tetap bisa hangat dan tidak mati kedinginan, terlebih di luar kota.

Sementara untuk tim Trailblazer yang terdiri dari Protagonist, March 7th, dan Dan Heng sama sekali tidak merasa kedinginan. Kenapa, ya?

Alasannya simpel, itu karena mereka diberkahi kekuatan dari Aeon Akivili, The Trailblaze. Meskipun menurut cerita dia sudah mati, namun kekuatan Path yang dia miliki masih akan terus aktif meskipun penggunanya telah tidak ada. Hal ini juga dijelaskan secara singkat oleh March 7th ketika pemain baru sampai di planet Jarilo-VI.

10. Hobi Welt Terhadap Robot Mecha

Si Kakek masih hobi dengan hal-hal berbau robot mecha

Tahukah kalian kalau Welt adalah penggemar robot mecha? Percaya atau tidak Welt sangat menyukai hal-hal berbau mecha terlebih robot raksasa yang keren dan juga canggih.

Hobinya tersebut sudah lama dia ikuti bahkan ketia dia masih berada di dunia game Honkai Impact 3rd. Bahkan dia bersama organisasi yang dia pegang dalam upaya menyelamatkan dunia dan mencegah kehancuran peradaban dari serangan Honkai, membuat sebuah robot raksasa bernama Arahato.

Robot Arahato di Manga Resmi Honkai Impact 3rd
(Sumber: Official Manga Honkai Impact 3rd – Second Eruption 21: The Plan)

Tidak sampai disitu saja, Arahato sendiri juga dibuat franchisenya mulai dari anime, game, dan lainnya oleh Welt bersama organisasinya di dunia Honkai Impact 3rd dan menjadi sesuatu yang sangat populer di sana. Dana keuntungan yang didapatkan dari franchise tersebut sebagian digunakan untuk tambahan pendanaan membuat robot Arahato asli.

Buset, dana franchise Arahato untuk dana buat robot beneran dan melindungi dunia
(Sumber: Official Manga Honkai Impact 3rd – Second Eruption 21: The Plan)

Hobinya terhadap membuat robot mecha masih terbawa sampai sekarang. Bahkan ketika Protagonist menjelaskan mengenai adanya sebuah robot raksasa kepada Welt, dia justru ingin sekali mencoba untuk menaiki dan menggerakkan robot tersebut kalau bisa.

Bonus: Interaksi Unik ketika Himeko Memeriksa Pedang Godslayer: Surtr

Himeko T_T

Sebelumnya kalian pasti sudah pernah mendengar kalau game HSR memiliki sebuah benda yang menunjuk ke beberapa referensi game Honkai Impact 3rd dan Genshin Impact. Salah satunya adalah pedang hancur yang diketahui bernama Godslayer: Surtr. Pedang ini merupakan pedang yang digunakan Himeko di Honkai Impact 3rd dalam usaha menyelamatkan Kiana sampai titik darah penghabisan.

Ada sesuatu yang menarik lagi dari benda tersebut di game HSR. Jika kalian menggunakan Himeko sebagai karakter aktif pada saat eksplorasi, akan ada dialog khusus yang menunjuk kepada momen-momen terakhir Himeko di Honkai Impact 3rd. Dialog tersebut bisa bikin pemain gamenya mengingat trauma mereka ketika kehilangan Himeko, bahkan hingga saat ini.

Ada interaksi unik kalau kalian menggunakan Himeko
Menunjuk referensi Himeko di Honkai Impact 3rd
;(

Itulah informasi mengenai 10 fakta menarik Honkai Star Rail yang harus kamu ketahui. Kira-kira fakta-fakta menarik apa lagi yang akan hadir di dalam game seiring ceritanya berjalan?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Honkai Star Rail atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version