Huawei Ketahuan “Lagi” Akui Hasil Foto Dari Kamera DSLR Sebagai Hasil Jepretan Dari Ponselnya

huawei P40 Pro e1587552064163

Huawei baru-baru ini dikabarkan tertangkap menggunakan “lagi” sebuah foto hasil dari kamera DSLR yang diklaim jika foto tersebut hasil dari jepretan kamera smartphone miliknya, yaitu Huawei P40 pro. Padahal, ditahun 2018 silam, mereka juga tertangkap melakukan hal yang sama.

Pada kasus ini, Huawei terbukti menggunakan beberapa foto dari kamera DSLR dalam sebuah promosi yang dilakukan Huawei untuk kontes fotografi yang mereka buat. Dalam foto-foto tersebut, Huawei menggunakan caption jika hasil foto-foto tersebut diambil dari smartphone Huawei.

Pertama kali, kasus ini menjadi ramai setelah seorang pengguna Weibo bernama Jamie-hua alias Huapeng Zhao, menyadari hal ini. Zhao pun tampak familiar dan mengenali sebuah foto dalam video Huawei tersebut, dilansir Gamebrott dari South China Morning Post, Rabu (22/4/2020).

Merasa penasaran, dia kemudian melakukan pencarian kecil, dan kemudian menemukan foto tersebut ada di platform 500px, dan merupakan hasil jepretan dari seorang pengguna bernama Su Tie. Berbeda dari klaim Huawei, dalam mengambil foto tersebut, Tie menggunakan kamera DSLR, yaitu  Nikon D850.

Setelah ramai beredar di pasaran, Huawei pun kemudian mengeluarkan pernyataan dan permintaan maafnya lewat Weibo. Menurut Huawei, hal itu terjadi karena kesalahan dari editor yang salah memberi tanda pada foto itu. Menurut Huawei, sejatinyafoto itu ditujukan untuk mengajak orang-orang membagikan hasil jepretannya di galeri online Huawei.

Kemudian video tersebut diperbarui oleh Huawei, kemudian keterangan yang mengklaim foto tersebut dijepret menggunakan menggunakan ponsel Huawei tak lagi dicantumkan.

Walaupun begitu, Huawei tetap menyebut kalau foto tersebut diambil dari komunitas Next-Image milik Huawei, yang menurut Huawei, bisa dipakai untuk mempublikasikan foto hasil jepretan dari perangkat apa pun.

 

Sumber: SCMP


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version