Huawei Resmi Perkenalkan HarmonyOS Kepada Publik, Operating System Buatannya Sendiri


Follow Us

Rumor yang sudah lama beredar tentang OS yang dikembangkan oleh Huawei untuk pengganti Android akhirnya terjawab. Pada konfrensi pers pada hari Jumat 9 Agustus di Dongguan, China kemarin Huawei resmi memperkenalkan Harmony OS. Operating System milik Huawei tersebut nantinya akan dipreyeksikan lebih cepat dan aman dari pada Operating System Android.

Nulis artikel dibayar

OS Harmony merupakan OS microkernel yang mirip dengan OS Fuchsia yang sebelumnya merupakan eksperimen buatan Google. OS Harmony akan lebih fokus dahulu untuk perangkat IoT seperti display cerdas, perangkat tambahan yang dapat dikenakan, perangkat speaker, dan perangkat elektronik didalam mobil. Rumor yang beredar nantinya Harmony OS akan bekerjasama dengan perangkat TV pintar honor.

CEO dari Huawei yaitu Richard Yu menjelaskan bahwa dengan desain microkernel, Harmony OS lebih aman dan cepat dari awal karena tidak ada akses root yang tersedia. Microkernel dilindungi oleh isolasi dari layanan kernel eksternal, membuatnya sebagai pengamanan ganda. Selain itu Harmony OS juga menawarkan beberapa peningkatan kinerja nantinya. Kedepannya Harmony OS akan menampilkan “Deterministic Latency Engine” yang dapat lebih baik mengalokasikan sumber daya sistem menggunakan analisis dan perkiraan waktu nyata.

Harmony OS awalnya dikembangkan pada awal tahun 2017 kemarin. Setelah dua tahun lebih bekerja keras mengembangkan operating system tersebut akhirnya bisa merilis OS tersebut secara publik. Huawei menargetkan tahun depan akan merilis Harmony OS 2.0 dan versi 3.0 pada tahun 2021 mendatang. Selain itu Huawei juga mengklaim bahwa Harmony OSlebih baik kinerjanya 5 kalilipat dibandingkan dengan OS Fuchsia milik Google.

BACA JUGA  Berikut Daftar Game yang Hadir Bersama Kemunculan Stadia

Mengingat sekarang ini Huawei telah bersitegang dengan Amerika Serikat dan juga produk Android, Huawei dapat menggunakan Harmony OS dengan lega. Meskipun begitu tujuan utama Huawei untuk saat ini adalah untuk perangkat seperti TV pintar, jam tangan modern, kaca mata VR, hingga perangkat mobil pintar baru setelahnya merambah kedunia smartphone. Jadi kita tunggu saja kedepannya ada smartphone baru dengan Operating System Harmony milik Huawei.

BACA JUGA  Fitur "Fingerprint Unlock" Kini Sudah Bisa Digunakan di Whatsapp Versi Android

Source: Engadget

Contact Me at roni@gamemediaasia.com


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item