Ikuti Aturan, PlayStation Juga Persempit Durasi Waktu Anak Main PS di Region Cina

Playstation Cina

Bermain Playstation atau PS sudah menjadi hiburan paling disukai bagi banyak orang dari berbagai kalangan umur. Sudah beberapa generasi platform game milik Sony ini terus memberikan layanan terbaik bermain video game. Namun baru baru ini layanan Playstation khusus negara Cina mulai mempersempit durasi waktu bermain PS untuk anak di bawah umur.

Lho, kok bisa?! Yuk, kita cari tahu bersama!

Playstation Region Cina Persempit Waktu Bermain PS untuk Anak di Bawah Umur

Informasi ini berasal dari pengguna akun Twitter bernama Daniel Ahmad yang biasa memberikan informasi industri video game berfokus di Asia dan Cina. Pada postingan akun Twitternya, dia memberikan informasi bahwa pihak Playstation klarifikasi akan mengikuti prosedur kebijakan pemerintahan Cina terkait durasi bermain video game online.

Kalian bisa lihat postingannya di bawah ini.

Playstation menambahkan klarifikasi tentang regulasi anti-adiksi untuk anak di bawah umur melalui Terms of Service khusus akun PSN di region Cina.

Pembatasan ini akan berlaku untuk pengguna PSN di bawah umur 18 tahun.

Ini hanya berlaku untuk konsol regiona Cina. Produk konsol dari impor atau akun non-Cina masih aman dari regulasi.

Kebijakan pihak Playstation ini merupakan hal yang harus mereka ikuti sesuai kebijakan baru pemerintahan Cina. Baru-baru ini, pemerintahan Cina memberlakukan aturan bermain video game online untuk anak di bawah umur.

Kebijakan Aturan Pemerintahan Cina

Ikuti Aturan, PlayStation Juga Persempit Durasi Waktu Anak Main PS di Region Cina 3

Pada akhir Agustus 2021 yang lalu, pemerintahan Cina mulai menetapkan aturan baru dalam mengurangi dan menghentikan ketergantungan anak di bawah umur bermain video game. Pada awalnya, mereka diperbolehkan bermain game online pada hari-hari biasa selama 1,5 jam. Dan untuk hari weekend (Jum’at, Sabtu, Minggu) serta hari libur selama 3 jam.

Kini dengan berlakunya aturan baru tersebut, anak-anak di bawah umur 18 tahun hanya diperbolehkan bermain game online pada hari weekend dan hari libur saja maksimal satu jam. Itupun mereka baru diperbolehkan bermain mulai dari jam 8 malam sampai jam 9 malam waktu setempat.

Bukti Aturan Batas Waktu Bermain

Mengetahui informasi ini, saya mencoba untuk menelusuri apakah Terms of Service PSN memberlakukan aturan ini untuk negara Cina. Melalui situs resmi Playstation region Cina terkait Terms of Service, memang tertulis aturan pembatasan waktu bermain untuk anak di bawah umur.

Kalian bisa lihat screenshot-nya yang saya dapatkan pada situs resmi Playstation region Cina di bawah ini.

Ikuti Aturan, PlayStation Juga Persempit Durasi Waktu Anak Main PS di Region Cina 4

Untuk mengikuti aturan hukum dan kebijakan resmi negara Cina, termasuk untuk syarat penggunaan terkait anti-adiksi pada anak di bawah umur, PSN region Cina mulai menetapkan kebijakan tersebut untuk akun yang masih di bawah umur sesuai dengan identitas nama asli.

Batas waktu bermain: Pada weekend (Jum’at, Sabtu, Minggu dan hari libur) total bermain tidak boleh melebihi 3 jam. Dan total bermain untuk per harinya tidak boleh lebih dari 1,5 jam.

Larangan Waktu Bermain: 22:00 – 08:00 waktu setempat.

Apabila waktu bermain melebihi batas waktu, akun akan secara otomatis keluar.

Itulah informasi mengenai Playstation region Cina mulai memberlakukan aturan pembatasan bermain video game untuk anak di bawah umur di negara Cina. Sepertinya negara tersebut benar-benar sangat keras untuk mengurangi ketergantungan anak bermain video game online.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Cina, Playstation, PSN atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version